Pelatihan Antropometri dan Penentuan Status Gizi pada Guru TK di Kecamatan Pedurungan Tahun 2019

tk1

Anak sebagai investasi masa depan bangsa perlu mendapatkan perlindungan sumber daya yang berkualitas agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Pengukuran antropometri yang dilakukan oleh guru TK merupakan salah satu upaya dalam rangka pemantauan tumbuh kembang anak di sekolah.

Rabu, 06 Februari 2019 bertempat di Auditorium Kampus III Poltekkes Semarang, Mahasiswa Program Studi DIV Gizi Alih melaksanakan pendidikan dan pelatihan gizi mengenai “Pengukuran Antropometri dan Penentuan Status Gizi pada Guru TK di Kecamatan Pedurungan”. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam melakukan pengukuran antropometri dan penentuan status gizi anak di sekolah, sehingga tumbuh kembang anak dapat terpantau dengan baik.

tk

Acara dimulai pukul 08.00 WIB yang diawali dengan pembukaan, pembacaan doa dan sambutan-sambutan oleh Ketua Pelaksana Kegiatan, Ketua Jurusan Gizi serta Kepala UPTD Dinas Pendidikan Pedurungan. Kemudian, cara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bp. Astidio Noviardhi, SP, MKes(Epid) selaku Dosen dan Ibu Sumarti, AMG selaku ahli gizi dari Puskesmas Tlogosari Wetan. Selain mendapatkan pembekalan materi dari narasumber, peserta juga melakukan studi kasus dan praktik langsung terhadap 5 anak TK yang secara khusus dihadirkan untuk ikut berpartisipasi sebagai model dalam praktik pengukuran antropometri yang meliputi pengukuran berat badan dan tinggi badan.

Sebanyak 30 guru TK yang menghadiri kegiatan tersebut terlihat sangat antusias. Sebagian besar peserta menyampaikan kesan yang baik bahkan memberi saran agar selanjutnya dapat dilakukan kegiatan serupa dengan sasaran yang lebih luas, agar semakin banyak guru yang memahami pentingnya pemantauan status gizi bagi anak di sekolah.

Mungkin Anda juga menyukai