Ucap Janji 2019

Prodi Sarjana Terapan Gizi sebagai institusi kesehatan yang mencetak ahli dalam bidang gizi perlu berperan aktif melalui peningkatan kualitas penguasaan IPTEK di bidang gizi khususnya melalui pendidikan yang terpadu, yang mengkombinasilkan antara teori, kebutuhan praktek lapangan serta teknologi yang tersedia. Sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat dan sistem informasi global. Pembelajaran yang diperoleh di lingkungan kampus dirasakan masih kurang memberikan bekal, khususnya pada pengkayaan kasus gizi di lapangan dan penemuan metode penanggulangan dan peningkatan serta penelitian gizi yang terus berkembang.

Kegiatan Ucap Janji dilakukan bagi mahasiswa yang akan melaksanakan Pengumpulan Data Dasar dan Praktek Kerja Lapangan. Pengumpulan Data Dasar (PDD), sebagai dasar pengolahan data dan pengambilan kesimpulan serta dasar pembuatan kegiatan intervensi gizi pada PKL Bidang Gizi Masyarakat (BGM) Semester VII. Kegiatan ini bertujuan agar peserta didik lebih memiliki rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas kegiatan di lapangan serta memantapkan mahasiswa dalam membangun pribadi yang berkarakter.

DSC003981

Kegiatan Ucap Janji ini dilaksanakan pada Kamis, 14 Maret 2019, diikuti oleh 73 Mahasiswa Semester VI. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang diikuti oleh segenap peserta yang hadir, kemudian dilanjutkan dengan laporan pendidikan dari Ketua Jurusan Gizi yang diwakili oleh Sekretaris Jurusan Gizi Bapak Setyo Prihatin, DCN, M.Si. Prosesi Ucap Janji Mahasiswa dimulai dengan menyanyikan Mars dan Hymne Poltekkes Semarang, kemudian dengan dipimpin oleh mahasiswa yang bertugas, seluruh mahasiswa mengucapkan janji. Setelah itu penandatanganan naskah ucap janji. Direktur Poltekkes Semarang yang diwakili oleh Ketua Satuan Pengawas Internal (SPI) Ibu Wiwik Wijaningsih, STP, M.Si melakukan penyematan dan pemakaian jas almamater dan memberikan nutritional kit. Acara juga dihadiri oleh tamu undangan dari Perwakilan Jurusan di lingkungan Poltekkes Semarang, di antaranya Jurusan Kebidanan, TRR, Keperawatan Gigi, Analis Kesehatan dan Rekam Medis. Prosesi Ucap Janji ditutup dengan pembacaan doa.

DSC004291

Acara dilanjutkan dengan Kuliah Umum oleh DR Siti Helmyati, DCN, M.Kes dosen dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang membawakan materi “Local Fortified Food as Nutritional Intervention for Preventing Malnutrition”. Pengambilan tema ini sejalan dengan Visi Prodi Sarjana Terapan Gizi yaitu Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi yang Menghasilkan Sarjana Terapan Gizi yang Berbasis Kearifan Lokal dan Diakui Internasional tahun 2025.

Mungkin Anda juga menyukai