Peringatan Hari Kartini 2019 “Showing the Power, Beauty, and Knowledge for Independent Generation”

Hari Kartini adalah hari yang diperingati bertepatan dengan hari kelahiran Pahlawan Kemerdekaan Nasional Raden Ayu Kartini (RA Kartini) pada tanggal 21 April setiap tahun sejak tahun 1964 oleh seluruh bangsa Indonesia. Tujuan peringatan Hari kartini adalah untuk memperingati dan menghormati perjuangan R.A. Kartini untuk mewujudkan kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan di era modern yang secara khusus terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di semua bidang. Perayaan ini selayaknya mengandung makna mendalam mengenai emansipasi perempuan dan mengingatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk terus konsisten memperjuangkan keadilan gender.

Selain itu, R.A Kartini juga adalah sosok yang sederhana dan rajin. Meskipun dia berhenti bersekolah, dia tetap belajar sendiri di rumahnya. Bahkan dia selalu mengirim tulisan yang berisi pemikiran-pemikiran dirinya kepada majalah-majalah yang ada di Belanda. Dia juga selalu berkirim surat untuk bertukar pikiran kepada teman-temannya yang ada di Belanda. Hasil surat-surat tersebut telah dibukukan dan sangat terkenal dengan judul Habis Terang Terbitlah Terang.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang menyelenggarakan beberapa kegiatan, di antaranya pemilihan Kartini Kartono, debat bahasa inggris dan nutri smart.

20190426_0928241

DSC007411

Dengan meneladani sosok R.A Kartini, sebagai ahli gizi, kita berjuang untuk melanjutkan perjuangan dan cita-cita Ibu Kartini untuk menyelamatkan kaum perempuan. Kesehatan perempuan sangat penting untuk dijaga, karena perempuanlah yang menjadi tonggak kesehatan di suatu keluarga, dan keluarga yang sehat akan menjadikan negara yang kuat.

Mungkin Anda juga menyukai