Hari Pangan Nasional

Rangkaian Kegiatan HUT Jurusan Gizi dan Hari Pangan Nasional dimulai hari Senin, 04 November 2019 dengan dilaksanakannya donor darah, kegiatan ini merupakan kerja sama antara HIMA Jurusan Gizi Divisi Pengabdian Masyarakat dengan PMl (Palang Merah Indonesia) Cabang Kota Semarang. Acara dilanjutkan pada Kamis-Jumat, 7-8 November 2019 dengan diselenggarakannya berbagai rangkaian kegiatan seperti pada tanggal 7 November 2019 diadakan lomba mural, gladi fashion show, gladi lomba solo vocal dan persiapan lomba stand. Sedangkan untuk rangkaian kegiatan pada tanggal 8 November 2019 adalah senam bersama, lomba modifikasi produk pangan, lomba stand makanan per kelas, cek kesehatan gratis, lomba fashion show, lomba solo vocal, serta pembagian doorprize.

Adapun tema yang diangkat pada Hut Jurusan Gizi dan Hari Pangan Nasional tahun ini adalah “Optimalkan Pemanfaatan Sumber Daya Lokal Menuju Kemandirian Pangan Menyongsong Revolusi Industri 4.0”. Acara yang dimulai pada pukul 07.00 ini diawali dengan Senam Sehat yang diikuti oleh seluruh Civitas Akademika Jurusan Gizi Poltekkes Semarang. Peserta senam sangat antusias mengikuti kegiatan bersama ini.

IMG_1130

Selanjutnya dilaksanakan berbagai macam perlombaan seperti bidang akademik dan seni. Untuk dibidang akademik ada lomba essay dan modifikasi pangan. Lomba essay diadakan pada tanggal 4-5 November 2019 dalam bentuk softfile. Selain itu, ada perlombaan modifikasi produk pangan diikuti oleh perwakilan kelas dari Prodi DIII dan Sarjana Terapan Gizi. Lomba modifikasi produk pangan  ini bertujuan untuk menginovasi produk dengan dengan bahan lokal guna untuk meningkatkan pengolahan bahan yang berasal dari bahan pangan lokal yang memiliki daya tarik, gizi seimbang dan aman. Bahan pangan yang digunakan kali ini adalah ubi ungu. Ada berbagai macam produk yang dihasilkan seperti cendol ubi ungu, cilok ubi ungu, donat ubi ungu, dsb.

Perlombaan selanjutnya adalah bazar stand penjualan produk. Penilaian meliputi keindahan, keserasian dan kebersihan. Selain itu ada perlombaan Fashion Show yang sangat mendapatkan perhatian dari para mahasiswa. Bahan yang digunakan pada tahun ini adalah kardus. Diharapkan dengan adanya fashion show ini kita dapat mendaur ulang barang bekas menjadi barang yang dapat dipakai kembali. Tak ketinggalan pula ada lomba solo vocal yang menarik perhatian kita dengan alunan merdu music dan suara dari masing-masing peserta. Lagu wajib yang harus dibawakan adalah lagu Bukan Cinta Biasa dari Siti Nurhaliza.

IMG_1393

IMG_1314

Selain berbagai perlombaan juga dilaksanakan kegiatan cek kesehatan yang terdiri dari pengukuran berat badan, tinggi badan, massa lemak dan cek glukosa darah yang diikuti oleh masyarakat sekitar kampus 3 Poltekkes Semarang dan masyarakat dari RW 10 Kelurahan Pedurungan Semarang. Acara ditutup dengan color fun dan pembagian doorprize. Seluruh mahasiswa mengikuti dengan penuh antuasias dan kegembiraan. Warna-warna yang berbeda membaur menjadi satu, menambah keakraban antar mahasiswa.

Mungkin Anda juga menyukai