Seminar Gizi Nasional 2019

Telah terlaksana salah satu program kerja tahunan dari Divisi Penelitian dan Pengembangan Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang yaitu Seminar Gizi Nasional 2019 pada tanggal 16 November 2019 bertempat di New Hotel Metro lt.3 (Jl. K.H Agus Salim, Kauman Semarang). Tema yang diangkat pada Seminar Nasional kali ini adalah “Peran Ahli Gizi Dalam Penanganan Penyakit Tidak Menular Melalui Pendekatan Nutrigenetik dan Nutrigenomik di Era 4.0”.

Acara ini dimulai pada pukul 07.30 dengan penampilan Tari Lengger Lenggasor dari Purbalingga, yang dibawakan oleh mahasiswa tingkat 1 dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama dengan khidmat. Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia, sambutan dari Ibu Susi Tursilowati, SKM, MSc.PH selaku Ketua Jurusan Gizi dan Bapak Edy Susanto, S.H., S.Si., M.Kes selaku Wakil Direktur 1 Poltekkes Kemenkes Semarang yang sekaligus membuka Seminar Gizi Nasional secara simbolis dengan pemukulan gong.

6

16

Sebelum memasuki panel pertama, diadakan pemberian plakat untuk pembicara panel 1. Setiap panel diisi oleh 2 pembicara. Untuk panel I diisi oleh Pembicara 1 yaitu Ibu  Drh. Safarina G. Malik, MS, PhD selaku Senior Researcher dengan materi “IMELDA: Studi Keragaman Genetik – Nutrisi – Mikrobiota dan Kaitannya dengan Penyakit Tidak Menular” serta Pembicara II yaitu Bapak Rio Jati Kusuma, S.Gz, MS selaku Dosen Gizi dan Kesehatan FKKMK UGM dengan materi “Peranan Nutritional Genomik dalam Upaya Pencegahan Penyakit Tidak Menular Berbasis Personalized Nutrition” yang dipandu oleh moderator, Ibu Setyaningrum Rahmawaty, DCN, M.Kes, Ph.D selaku Dosen Ilmu Gizi UMS Surakarta.

9

Memasuki panel II, yang menjadi pembicara III yaitu Ibu Prof. Dr. Dra. Sunarti, M.Kes selaku Guru Besar FKKMK UGM dengan materi “Manfaat Serat Pangan dalam Manajemen Sindrom Metabolik dari Sudut Pandang Nutrigenomik” serta Pembicara IV yaitu Bapak Florentinus Nurtitus, S.Si.T., RD. selaku Pengurus PERSAGI DPD Jawa Tengah dengan materi “Tantangan Ahli Gizi dalam Pencegahan dan Penanganan Penyakit Tidak Menular Berbasis Nutrigenomik di Era 4.0” yang dipandu oleh moderator Bapak Mohammad Jaelani, DCN, M.Kes selaku Ketua Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Profesi Dietisien Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang.

11

Sesuai pada tema Seminar Gizi Nasional 2019 di era 4.0, sistem tanya jawab kali ini menggunakan applikasi Pigeon Hole, yaitu applikasi tanya jawab interaktif dimana peserta dapat bertanya langsung pada saat pembicara sedang menjelaskan materi dan memberi “likes” pada pertanyaan yang bagus atau ingin diketahui pula jawabannya.

Setelah panel II selesai, para hadirin dihibur oleh penampilan akustik yang berisikan mahasiswa dan mahasiswi Jurusan Gizi dan presentasi sposor dari Yakult. Setelah itu, ada pembagian Doorprize. Acara ditutup dengan makan siang bersama yang telah disediakan oleh pihak New Metro Hotel Semarang. Diharapkan setelah terlaksananya Seminar Gizi Nasional dengan tema diatas, peserta dapat memahami dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

14

Mungkin Anda juga menyukai