Alumni Sharing Session #1

Browniz

Alumni Sharing Session #1

“Pilih Pendidikan Lanjutmu

Jumat, 12 Juni 2020 | 15.30-16.30 WIB

1

“Browniz” merupakan acara yang diadakan oleh Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang bekerja sama dengan Ikatan Alumni Gizi Pokesmar (IKAGIS) dan Himpunan Mahasiswa Gizi. Acara ini dikemas dalam bentuk Alumni Sharing Sessiondalam beberapa seri penayangan.Setiap sesi akan menampilkan beberapa tema terkait pengalaman alumni gizi dalam studi lanjut dan menempuh jenjang karir. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan juni sampai dengan juli 2020, dengan menggunakan aplikasi video daring Zoom Meetings dan steaming youtube dengan link: https://www.youtube.com/watch?v=5s1prLUOs7s&t=24s . Peserta sebelumnya melakukan registrasi https://bit.ly/Browniz01 dan pada sesi acara panitia akan memberikan tautan daftar hadir dan evaluasi kegiatan untuk mendapatkan E-Sertifikat.

Sesi pertama, dengan tema “Pilih Pendidikan Lanjutmu” menampilkan dua pemateri yang merupakan alumni Program Studi Sarjana Terapan Gizi angkatan 2013 dan Program Studi Profesi Dietisien angkatan 2018.

Pemateri pertama menampilkan Arina Nurul Ihsani, STr.Gz yang merupakan Alumni Sarjana Terapan Gizi tahun 2013.Saat ini Saudari Arina Nurul Ihsani bersatus sebagai Mahasiswa Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, dan kali ini Arina membagikan persiapan studi lanjut, pengalaman dan langkah sukses dalam menempuh studi yang sebelum dan selama menjalani studi.

2

Pemateri kedua yaitu saudari Nurul Hasna Zulfannisa, STr.Gz. Nurul Hasna Zulfanisa,beliau merupakan Alumni Profesi Dietisien 2018, dan berprofesi sebagai Dietisien di Puskesmas Lebdosari, Semarang. Topik yang diangkat adalah pengalaman dalam pilihan lanjut studi dietisien dan lanjut ke jenjang karir sebagai dietisien di puskesmas.

3

4                                5

Almuni Sharing Session beralngsung dengan lancar selama 1, 5 jam. Kedua pemateri dipandu dengan apik oleh moderator Ibu Dian Luthfita Prasetya Muninggar,S.Gz, M.Sc, yang merupakan Dosen Jurusan Gizi, Alumni Diploma III Gizi, S1 Gizi Unibraw, dan S2 UGM. Setiap pertanyaan peserta difasilitasi melalui aplikasi pigeon hole dengan link: www.pigeonhole.at/BROWNIZ1 atau scan QR Code.

6

7

Peserta yang ikut sebanyak 130 (85,4%) partisipan, sementara pada data pendaftaran sebanyak 233 pendaftar. Partisipan selain berasal dari mahasiswa dan alumni Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang, juga berasal dari institusi/perguruan tinggi lain seperti Poltekkes Yogyakarta, Poltekkes Tasikmalaya, Puskesmas Tlogowungu, UHAMKA, Poltek Jember, Poltekkes Denpasar, Dinkes Surabaya, Universitas Brawijaya, UIN Walisongo, RSU PKU Muhammadiyah Kutowinangun, UMS dan Unsoed.Antusias peserta cukup tinggi, hal ini dapat dilihat dari jmlah peserta yang melebihi target jurusan yang awalnya mentargetkan hanya mahasiswa dan alumni gizi Poltekkes Kemenkes Semarang

Selain mahasiswa dan alumni, selama acara diskusi Alumni Sharing Session ini juga diikuti Ketua Jurusan Gizi, Pengurus IKAGIS, Kaprodi Sarjana Terapan Gizi, Dietetik dan Dietisien, Sekretaris Jurusan Gizi, Pelaksana Kemahasiswaan, Pengurus HIMA Jurusan Gizi serta beberapa Dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Jurusan Gizi.

Di akhir sesi, panitia memberikan form penilaian evaluasi kegiatan secara online melalui Google form.Adapun aspek penilaian berupa registrasi dan informasi tata tertib, penyampaian materi dari narsum, kemudahan akses dan jalannya acara mendapatkan rata-rata penilaian baik. Kemudian penilaian dengan nilai sangat baik berupa aspek moderator dalam memandu acara dan diskusi, kebermanfaat acara, kemudahan mengisi daftar hadir dan E-Sertifikat.

Selama Pandemi dengan penerapan New Normal, Jurusan Gizi dan IKAGIS serta HIMA Gizi berupaya memanfaat waktu liburan semester dengan mengadakan acara yang inspiratif dan inovasi pemanfaat kemajuan teknologi informasi. Dengan tujuan berbagi ilmu dan pengalaman dari alumni jurusan gizi, berharap kegiatan Browniz dapat menyatukan para mahasiswa, alumni, dan dosen.

Sesi Browniz berikutnya akan kembali digelar tepatnya pada hari Senin, 29 Juni 2020 dengan pemateri yang tidak kalah menarik dan dengan topik pengabdianAlumnidi pelosok Nusantara. Sampai jumpa di Sesi Browniz selanjutnya dan tetap semangat.

Mungkin Anda juga menyukai