ASESMEN LAPANGAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 BAGI PROGRAM STUDI PROFESI DIETISIEN

Salah satu tahap dari proses akreditasi ialah melakukan asesmen lapangan untuk mendapatkan bukti melalui verifikasi, validasi, klarifikasi data dan informasi yang disajikan dalam dokumen kinerja dan laporan evaluasi diri, serta melakukan penilaian lapangan di program studi yang bersangkutan.

Sehubungan dengan adanya pandemi COVID-19, maka visitasi dalam rangka asesmen lapangan ke Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dan Program Studi (UPPS) dilakukan melalui metode dalam jaringan (daring/online). Pelaksanaan Asesmen Lapangan Daring (ALD) tetap mengacu pada Pedoman Asesmen Lapangan sesuai instrumen yang digunakan. Proses wawancara, konfirmasi data dan informasi dilakukan melalui konferensi video dan audio.

Pelaksanaan asesmen lapangan daring bagi Program Studi Profesi Dietisien Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang dilaksanakan pada tanggal 21 sd 24 Oktober 2020 menggunakan platform zoom. Pelaksanaan asesmen lapangan diawali dengan Pembukaan. Acara pembukaan dihadiri oleh seluruh jajaran manajemen Poltekkes Kemenkes Semarang. Acara dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang. Tim Asesor yang melakukan penilaian dan asesmen lapangan adalah Prof Dian Handayani, SKM, M.Kes, PhD (Universitas Brawijaya Malang), DR Rr Nur Fauziyah, SKM, MKM (Poltekkes Kemenkes Bandung) dan I Dewa Nyoman Supariasa, MPS (Poltekkes Kemenkes Malang). Kegiatan dilanjutkan dengan Konfirmasi terkait sistem tata pamong, pengelolaan, capaian institusi dan pelaksanaan hasil serta efektifitas SPMI di UPPS dan PS. Selain itu, pada hari pertama dilaksanakan pula konfirmasi data dan informasi dalam borang III A dan III B.

1

Hari kedua pelaksanaan asesmen lapangan dilakukan penilaian proses pembelajaran pada sarana prasarana perkuliahan dan laboratorium serta fasilitas pendukung lainnya. Penilaian dilanjutkan dengan sesi wawancara kepada dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, stakeholder dan organisasi profesi. Penilaian wawancara dengan dosen meliputi konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan dan kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap program studi. Penilaian wawancara dengan stakeholder dan organisasi terkait keterlibatan, harapan, kepuasan dan masukan. Penilaian terkait keterlibatan, prestasi, pelayanan dan kepuasan terkait program studi ditanyakan kepada mahasiswa.

2 3

WhatsApp Image 2020-10-27 at 19.29.52 WhatsApp Image 2020-10-27 at 19.30.21

4 5

Pelaksanaan asesmen lapangan hari ketiga menilai proses pembelajaran pada wahana praktik termasuk sarana dan prasarana pendukungnya. Lokasi wahana praktik yang digunakan adalah RSUP dr Kariadi Semarang, RSUD Loekmono Hadi Kudus dan Puskesmas Miroto Semarang. Kegiatan tersebut diawali dengan wawancara dengan clinical instructure dan dilanjutkan dengan live streaming lokasi wahana praktik.

6 7

8 9

Hari terakhir pelaksanaan asesmen lapangan teragendakan konfirmasi temuan oleh asesor dengan pihak UPPS dan PS. Hasil kegiatan asesmen lapangan daring ini dituangkan dalam formulir F4, F5 dan F9. Kegiatan Asesmen Lapangan Daring Akreditasi Program Studi Dietisien berlangsung secara lancar. Serangkaian kegiatan tersebut ditutup oleh Wakil Direktur 1 Bapak dan dilanjutkan dengan penanaman pohon Nusa Indah dan Dewandaru secara simbolis oleh para manajemen Jurusan Gizi dan Poltekkes Kemenkes Semarang sebagai bentuk penghargaan atas kelancaran pelaksanaan asesmen lapangan selama 4 hari kepada para asesor.

10

11

12

13

14

Terima kasih kami sampaikan untuk pemikiran, tenaga, waktu dan pengorbanan dalam kegiatan akreditasi Program Studi Profesi Dietisien ini. Terima kasih kepada Bapak Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang dan seluruh jajaran manajemen pejabat atas segala dukungan dan motivasinya dalam kegiatan ini. Semoga hasil yang dicapai sesuai dengan yang diharapkan bersama sehingga dapat dijadikan sebagai motivasi peningkatan mutu yang lebih kompetitif. Aamiin

Mungkin Anda juga menyukai