Angkat Sumpah Profesi Teknisi Dietisien, Nutrisionis dan Dietisien Tahun 2020

2 1

3

 

Dalam rangka peningkatkan mutu pelayanan kesehatan diperlukan tenaga kesehatan yang berkualitas. Salah satu tenaga kesehatan yang ada di Indonesia adalah tenaga gizi. Tenaga gizi ini diharapkan dapat memenuhi jenis dan kualifikasinya sesuai dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan di tempat kerja serta peraturan perundang-undangan yang ada.

4

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan pada pasal 44 ayat 2 dan ayat (3) poin (d) dan (e) menyebutkan bahwa untuk mendapatkan surat tanda registrasi (STR) yang diberikan oleh konsil masing-masing tenaga kesehatan setelah memenuhi syarat. Salah satu syarat tersebut adalah memiliki surat pernyataan telah mengucapkan sumpah/janji profesi (d) dan membuat pernyataan mematuhi dan melaksanakan ketentuan etika profesi (e). Pengucapan sumpah/janji profesi ini merupakan salah satu syarat memperoleh Surat Tanda Registrasi (STR) dan Pengakuan sebagai anggota profesi gizi. Oleh karena itu, penting dilaksanakan kegiatan Ucap Sumpah/Janji Profesi Gizi.

5

Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang bekerjasama dengan DPD Persagi Jawa Tengah menyelenggarakan Angkat Sumpah Profesi Teknisi Dietisien, Nutrisionis dan Dietisien di Auditorium Jurusan Gizi (luring) dan melalui virtual komunikasi menggunakan platform zoom. Kegiatan dilaksanakan pada Jumat, 27 November 2020.

Peserta yang mengucapkan sumpah/janji adalah tenaga gizi dengan kualifikasi:

  1. Dietisien, yaitu lulusan pendidikan profesi Dietisien yang telah mengikuti uji kompetensi sebanyak 11 orang berasal dari Poltekkes Kemenkes Semarang
  2. Nutrisionis, yaitu Sarjana Gizi atau Sarjana Terapan Gizi yang telah mengikuti uji kompetensi berjumlah 125 peserta (84 peserta dari Poltekkes Kemenkes Semarang, Universitas Muhammadiyah Surakarta 28 peserta, Universitas Diponegoro 5 peserta, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga 6 peserta, Universitas Islam Negeri Walisongo dan Institut Pertanian Bogor masing-masing 1 peserta)

Teknikal Dietisien yaitu Ahli Madya Gizi yang telah mengikuti uji kompetensi sejumlah 46 peserta dari Poltekkes Kemenkes Semarang

6

Angkat Sumpah Profesi Gizi ini dipandu oleh Meirina Dwi Larasati, SST, M.Gizi. Acara dimulai pukul 08.30 diawali dengan pembukaan, menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta. DR Ali Rosidi, SKM, M.Si yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Persagi Jawa Tengah mewakili Ketua DPD Persagi Jawa Tengah dalam menyampaikan laporan kegiatannya. Acara dilanjutkan dengan memperdengarkan Mars Gizi. Pengucapan sumpah profesi dipimpin oleh Ketua DPP Persagi yang diwakilkan kepada Wakil Sekretaris Jenderal DPP Persagi, Ibu Pritasari, SKM, M.Sc secara daring dan disaksikan oleh Rohaniwan Agama Islam, Kristen dan Katolik. Dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara Pengucapan Sumpah oleh peserta yang hadir secara langsung dan rohaniwan.

7

8

DR Ali Rosidi, SKM, M.Si melakukan prosesi penyematan pin dan Buku Kode Etik secara simbolis kepada peserta. Acara dilanjutkan dengan Sambutan Wakil Sekretaris Jenderal DPP Persagi, Ibu Pritasari, SKM, M.Sc. dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa selamat bergabung kepada peserta menjadi bagian dari tenaga profesi gizi. Acara diakhiri secara resmi dengan doa penutup oleh rohaniwan agama Islam yaitu Drs Labib, MM.

9

Di penghujung kegiatan, peserta mendapatkan pembekalan materi Keprofesian Gizi oleh DPD Persagi Jawa Tengah, Ibu Purbayanti, DCN, RD yang merupakan anggota Bidang II (Sertifikasi, Registrasi dan Lisensi) DPD Persagi Jawa Tengah. Acara dipandu oleh Ibu Laurensia Molek Wijayanti, S.Gz, RD. Peserta mendapatkan pemantapan materi berupa pendaftaran dalam anggota Persagi, pembuatan kartu Persagi dan Sosialisasi Pengajuan STR Online. Selamat dan sukses pada para peserta.

10

11

13

12

Mungkin Anda juga menyukai