Pemilihan Raya (PEMIRA) 2020

“Tunjukkan solidaritas, Satukan aspirasi, Ciptakan pemimpin satu visi satu misi untuk Gizi”

1

Indonesia sebagai negara demokratis sangat menjunjung tinggi kebebasan berpendapat dan memberikan ruang proses pembelajaran warganya dalam menyampaikan aspirasi demi kemajuan dan kemakmuran negara. Mahasiswa selaku agent of change dituntut untuk belajar dan mengaplikasikan pengetahuan yang didapatnya untuk membawa manfaat besar bagi manusia, bangsa, dan Negara Indonesia.

Pemilihan Raya Mahasiswa (Pemira) merupakan sebuah mekanisme demokrasi kampus yang diselenggarakan di berbagai perguruan tinggi, termasuk di Poltekkes Kemenkes Semarang Jurusan Gizi. Pemira Gizi 2020 mengangkat tema yaitu Tunjukkan solidaritas, Satukan aspirasi, Ciptakan pemimpin satu visi satu misi untuk Gizi” dengan harapan segenap mahasiswa Jurusan Gizi bisa menunjukan sikap kompak dan solid dengan cara menggunakan hak pilihnya untuk menyatakan pendapat, argumen serta saran yang membangun untuk kemajuan jurusan dan menciptakan pemimpin yang adil dalam menjalankan segala program kerjanya demi terciptanya mahasiswa yang kompeten.

Tahapan Pemilihan Raya Jurusan Gizi meliputi pengumpulan persyaratan dan berkas kandidat Gubernur HIMA dan Ketua DEMA, kampanye oleh kandidat, debat dan orasi, pemungutan suara, dan perhitungan suara. Kemudian dilanjutkan dengan pemilihan Ketua DEMA melalui Musyawarah Pemilihan Ketua DEMA.

Dari verifikasi persyaratan dan berkas ditetapkan kandidat calon Gubernur HIMA 2021 dari Prodi D3 Gizi antara lain Raihan Syauqi Hamdi, Elis Srikandi, dan Zulfa Cholifatul Izzati. Untuk kandidat calon Gubernur HIMA 2021 dari Prodi STR Gizi dan Dietetik antara lain Ajeng Wahyu Noviana, Difa Aulia Rizky, dan Kartini Pelita Dewi.

2

Debat dan orasi dilaksanakan pada tanggal 20 November 2020 melalui Zoom dan Live Streaming Youtube.  Kegiatan ini diawali sambutan oleh Ketua Jurusan Gizi, Ibu Susi Tursilowati SKM, MSc.Ph. Beliau menyampaikan bahwasanya kegiatan DEMA dan HIMA harus tetap berjalan walaupun sedang dilanda pandemi. “Tetap semangat dalam melaksanakan semua kegiatan mahasiswa walaupun terkendala oleh pandemi. Harapan saya ke depannya mudah-mudahan pandemi ini cepat berlalu agar kegiatan DEMA dan HIMA dapat terlaksana dengan selaras” Ujar Beliau.

Pemungutan suara Gubernur Mahasiswa Jurusan Gizi 2021 dilakukan oleh seluruh mahasiswa, dosen dan staff karyawan Jurusan Gizi. Diperoleh total 531 Civitas akademika Jurusan Gizi yang berpartisipasi dalam pemugutan suara Pemira 2020. Kegiatan berlanjut dengan perhitungan suara melalui Zoom. Perhitungan suara ini dihadiri oleh Gubernur Himpunan Mahasiswa dan Ketua Dewan Mahasiswa 2020, seluruh kandidat Pemira 2020, anggota Dewan Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa 2020, Perwakilan Mahasiswa, dan Calon Organisator 2021 yang sedang dalam tahap magang. Berdasarkan hasil perhitungan suara yang telah dihitung dan disaksikan bersama, diperoleh Gubernur Himpunana Mahasiswa 2021 terpilih dari Progam Studi D III Gizi yaitu Raihan Syauqi Hamdi dengan total 93 suara dari 243 suara yang masuk serta dari Program Studi STR Gizi dan Dietetik yaitu Difa Aulia Rizky Riwani dengan total 117 suara dari 288 suara yang masuk.

3

Kemudian rangkaian Pemilihan Raya yang terakhir adalah pemilihan Ketua DEMA. Pemilihan Ketua DEMA dilaksanakan secara musyawarah oleh seluruh anggota Dewan Mahasiswa 2020 dan 2021 sesuai dengan Pedoman Anggaran Dsar dan Anggaran Rumah Tangga Dewan Mahasiswa Pasal 9 Ayat 1. Pemilihan Kadem ini turut mengundang perwakilan mahasiswa dan Gubernur Himpunan Mahasiswa 2021. Dari musyawarah ini terpilih Ketua Dewan Mahasiswa 2021 atas nama Febby Diah Cahyaningtyas dari Program Studi D III Gizi dan Adora Luvena dari Program Studi STR Gizi dan Dietetik.

4

Demikian serangkaian kegiatan Pemilihan Raya (Pemira) 2020. Dengan dilaksanakannya Pemira ini diharapkan mampu menjadi salah satu bentuk pengalaman berdemokrasi di lingkungan mahasiswa. Selamat dan sukses kepada Gubernur Himpunan Mahasiswa dan Ketua Dewan Mahasiswa 2021 yang telah terpilih. Semoga amanah dalam mengemban tugas.

Mungkin Anda juga menyukai