Mas Mbak Gizi 2021

Mas Mbak Gizi adalah acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa dalam rangka mengembangkan bakat mahasiswa sekaligus sebagai ajang seleksi mahasiswa untuk mewakili Jurusan Gizi pada acara Mas Mbak Polkesmar 2021. Acara ini diselenggarakan setiap tahun. Pada tahun-tahun sebelumnya, acara ini diselenggarakan secara luring. Namun, pada tahun ini acara Mas Mbak Gizi diselenggarakan secara daring dikarenakan pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia khususnya Kota Semarang yang jumlah kasusnya masih tinggi.

Pada acara Mas Mbak Gizi 2021, ada 4 rangkaian acara yang diadakan. Acara yang pertama yaitu technical meeting bersama para komting atau perwakilannya. Technical meeting ini diselenggarakan pada hari Senin tanggal 9 Februari 2021. Isi dari acara technical meeting yaitu menyampaikan segala informasi terkait seleksi Mas Mbak Gizi 2021 kepada para komting atau perwakilannya. Acara yang kedua yaitu Tes Tertulis untuk para peserta seleksi Mas Mbak Gizi 2021. Tes Tertulis diadakan pada hari Jumat tanggal 12 Februari 2021. Tes Tertulis ini diadakan secara online melalui aplikasi Zoom dan Google Form. Acara yang ketiga yaitu Tes Wawancara yang diadakan pada hari Minggu tanggal 14 Februari 2021. Tes Wawancara ini masih dalam satu rangkaian dengan Tes Tertulis. Lalu pada hari Senin tanggal 15 Februari 2021 diumumkan bagi peserta yang lolos ke tahap 5 besar. Peserta yang lolos dan masuk ke tahap 5 besar adalah peserta yang memiliki poin tertinggi dari Tes Tertulis dan Tes Wawancara. Acara yang terakhir yaitu Acara Puncak Mas Mbak Gizi 2021. Acara ini diselenggarakan sebagai acara penentuan Mas Mbak Gizi 2021.

Acara Puncak Mas Mbak Gizi 2021 diadakan pada hari Sabtu tanggal 20 Februari 2021 dan dimulai pada pukul 08.06 WIB. Acara ini dibuka oleh Muhammad Amanat dan Rizka Arum selaku pembawa acara. Acara Mas Mbak Gizi 2021 diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Poltekkes, Hymne Poltekkes, Mars Gizi, dan sambutan – sambutan. Sambutan yang pertama yaitu sambutan dari Nabiila Khairunnisa selaku ketua panitia Mas Mbak Gizi 2021, lalu dilanjutkan oleh sambutan dari Ibu Susi Tursilowati, SKM, MSc.PH selaku Ketua Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Pada acara puncak, ada 3 macam penilaian. Yang pertama yaitu public speaking, yang kedua adalah Pendalaman Wawasan dan Pengetahuan, dan yang terakhir adalah Penampilan bakat oleh para peserta. Penilaian dimulai dari Public Speaking. Pada sesi Public Speaking ini peserta yang telah masuk tahap 5 besar harus berbicara dengan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris di depan umum sesuai dengan tema yang didapatkan. Kemampuan berbicara mereka akan dinilai oleh para juri. Setelah Public Speaking, penilaian yang kedua yaitu Pendalaman Wawasan dan Pengetahuan. Peserta akan diberikan pertanyaan oleh juri menggunakan Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia kemudian peserta diberi waktu 5 menit untuk menjawab pertanyaan tersebut. Untuk penilaian terakhir yaitu video penampilan bakat. Pada hari-hari sebelumnya, peserta diminta untuk mengirimkan video kreatif yang menunjukkan penampilan bakat untuk diputarkan dan dinilai saat Acara Puncak Mas Mbak Gizi. Setelah 3 macam penilaian telah dilakukan, susunan acara yang terakhir yaitu pengumuman pemenang di setiap kategori dan dilanjutkan dengan pengumuman Mas Mbak Gizi 2021. Berikut adalah daftar pemenang dari setiap kategorinya :

Kategori Best Speaker :

Best Speaker I : Muhammad Rizqi Nugraha (STr Gizi tingkat 1)

Puji Tri Widyarti (STr Gizi tingkat 1)

Best Speaker II : Prayudya Budi Santoso (STr Gizi tingkat 2)

Aulia Zahra Dewanti (D3 Gizi tingkat 1)

Kategori Best Talent & Video :

Best Talent & Video I :    Hanif Nizar Syafi’i (D3 Gizi tingkat 2)

Shafina Putri Mulia (STr Gizi tingkat 1)

Best Talent & Video II :   Harits Taufiqurrahman (D3 Gizi tingkat 1)

Rifa Rihadatul Aisi (D3 Gizi tingkat 1)

Kategori Terfavorite :

Prayudya Budi Santoso (STr Gizi tingkat 2)

Shafina Putri Mulia (STr Gizi tingkat 1)

Berikut adalah daftar pemenang Mas Mbak Gizi 2021 :

Juara I

Muhammad Rizqi Nugraha (STr Gizi tingkat 1)

Puji Tri Widyarti (STr Gizi tingkat 1)

Juara II

Prayudya Budi Santoso (STr Gizi tingkat 2)

Aulia Zahra Dewanti (D3 Gizi tingkat 1)

Juara III

Hanif Nizar Syafi’i (D3 Gizi tingkat 2) Aizia Lyas Prasetianingrum (D3 Gizi tingkat 1)

Yang menjadi Mas Mbak Gizi 2021 akan mewakili Jurusan Gizi di acara Mas Mbak Polkesmar 2021. Dan yang terpilih untuk mewakili Jurusan Gizi yaitu Muhammad Rizqi Nugraha dari program studi Sarjana Terapan Gizi dan Puji Tri Widyarti dari program studi Sarjana Terapan Gizi. Pemilihan Mas dan Mbak merupakan salah satu upaya untuk menampilkan sosok dari mahasiswa jurusan gizi. Yang sekarang tugas itu dipegang oleh Mas Rizqi Nugraha dan Mbak Puji Tri Widyarti, untuk bisa memberikan sebuah kesan yang baik tentang bagaimana sebenarnya jurusan gizi.

Seluruh peserta Mas Mbak Gizi 2021 memiliki kelebihan mereka masing-masing. Mereka sudah pasti memiliki bakat dan potensi yang luar biasa, hal ini yang diharapkan bisa menjadi sebuah contoh yang baik di lingkungan kampus maupun dalam masyarakat.

Mungkin Anda juga menyukai