Nutrition Creative Competition (NEON 2.0) 2021

NEON atau Nutrition Creative Competition merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Tahun ini adalah tahun kedua diadakannya NEON, sehingga disebut sebagai NEON 2.0. NEON 2.0 ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Pangan Nasional yang ke – 41. Hari Pangan Nasional diperingati sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas pangan lokal, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk lebih banyak mengonsumsi berbagai macam bahan pangan lokal yang kaya akan zat gizi. Berdasarkan tujuan diperingatinya Hari Pangan Nasional, NEON 2.0 juga mengangkat tema yang berhubungan dengan pangan lokal, yaitu “Creating Healthy Millenial Generation by Utilizing Local Food and Sustainable Diet in Preventing Non-Communicable Disease”. Tema tersebut memiliki tujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pencegahan PTM (Penyakit Tidak Menular) di usia remaja dengan keragaman pangan lokal. Harapannya remaja Indonesia bisa memperbaiki gaya hidupnya dengan banyak mengonsumsi pangan lokal agar terhindar dari PTM (Penyakit Tidak Menular) di masa yang akan datang.

Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang mengadakan NEON 2.0 yang rangkaian acaranya terdiri dari berbagai lomba dan seminar nasional berupa Neon Talk. Lomba tersebut diantaranya lomba podcast, food fotografi, essay, modifikasi resep dan speech contest yang pemenangnya diumumkan di akhir acara Neon Talk. Untuk cabang lomba food fotografi, speech contest dibuka untuk pelajar tingkat SMA sederajat dan mahasiswa umum. Sedangkan untuk cabang lomba modifikasi resep, podcast dan essay hanya dibuka untuk mahasiswa gizi dengan jenjang D3/D4/S1. Karena perlombaan ini merupakan perlombaan tingkat nasional, peserta yang mengikuti cabang lomba NEON 2.0 berasal dari pelajar dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

1. Lomba NEON 2.0

Pendaftaran seluruh cabang lomba NEON 2.0 dibuka dengan gelombang pertama dan gelombang kedua. Gelombang pertama dibuka pada tanggal 2 Agustus 2021 hingga 13 Agustus 2021. Sedangkan gelombang kedua dibuka pada tanggal 14 Agustus 2021 hingga 4 September 2021. Lalu untuk penjurian lomba food fotografi, podcast, essay dan penjurian tahap 1 lomba modifikasi resep dan speech contest dimulai pada tanggal 6 September 2021 hingga 11 September 2021. Pada tanggal 12 September 2021 ada pengumuman peserta speech contest dan modifikasi resep yang masuk tahap seleksi 5 besar dan akan melakukan presentasi karya dihadapan para juri pada tanggal 18 September 2021. Pengumuman pemenang seluruh cabang lomba dilaksanakan diakhir acara Neon Talk 2021 pada tanggal 25 September 2021.

Presentasi karya untuk cabang lomba modifikasi resep dan speech contest yang diadakan pada tanggal 18 September 2021 mengundang juri – juri yang berpengalaman, diantaranya Ibu Sri Ekayanti, AMG, RD dari RSUP Dr. Kariadi Semarang, Ibu Atiq Yunita, S.Gz, RD dari Asosisasi Dietisien Indonesia, dan Ibu Ani Prasetyaningsih, DCN, MPH, RD dari DPP Persatuan Ahli Gizi untuk juri cabang lomba modifikasi resep. Lalu untuk juri speech contest, diantaranya Bapak Tony Arjuna, M.NutDiet, PhD, AN, APD dari Universitas Gajah Mada, Ibu Anny Sulistyo Rini, S.Pd dari Politeknik Semarang, dan Ibu Wilda Shofaa Rahmawati, S.Pd, M.A dari lembaga LIA Semarang. Ada pula 5 finalis dari masing – masing cabang lomba modifikasi resep dan speech contest yang telah berhasil melewati penjurian tahap 1, diantaranya ada Tim 1 yang diketuai oleh I Gusti Agung Priyanti dengan produk Anes Roll, Tim 2 yang diketuai oleh Indana Eka Putri dengan produk Muffin, Tim 3 yang diketuai oleh Nuraqilah Awal dengan produk Garlic Bread, Tim 4 yang diketuai oleh Rahma Fitriandra S dengan produk Sempol Yam Yam, dan Tim 5 yang diketuai oleh Anggraheni Tri Wulandari dengan produk Polami dari cabang lomba modifikasi resep. Lalu untuk 5 finalis cabang lomba speech contest ada Habiebie Fauzan Ardiansyah, Gilang Fani Bayvi, Puji Tri Widyarti, Grecezeaulia Maharani Olivia Widodo, dan Aulia Zahra Dewanti

2. Neon Talk 2021

Neon Talk pada tanggal 25 September 2021 dimulai dengan pembukaan pada pukul 08.00 WIB. Acara dipandu oleh Rizqi Nugraha dan Nurul Fallah yang bertindak sebagai MC Neon Talk 2021. Kemudian acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Poltekkes dan Mars Gizi. Selanjutnya yaitu pembacaan doa yang dibacakan dan dipimpin oleh Raihan Syauqi Hamdi. Sambutan yang pertama berasal dari Zulfa Cholifatul Izzati selaku Ketua Panitia NEON 2.0. dilanjut Sambutan dari Bapak Wakil Direktur 3 Poltekkes Kemenkes Semarang dan foto bersama.

Selanjutnya ada presentasi sponsorship dari Inez cosmetic. Kemudian acara diserahkan kepada moderator yaitu Kak Hafizhatunnisa, S.Gz. untuk memandu acara Neontalk 2.0 panel 1 dengan pembicara pertama adalah Ibu Khairizka Citra Palupi, S.Gz, M.Sc dengan topik pembahasan “Optimalisasi Gaya Hidup Sehat Berbasis Pangan Lokal” dan pembicara kedua adalah Ibu Pafitri, SKM,RD dengan topik pembahasan “Strategi Pendekatan Konselor Gizi dalam Upaya Pencegahan PTM dengan Menggunakan Pangan Lokal” dan dilanjut diskusi. Lalu pada Neontalk 2.0 panel 2 dipandu oleh Ibu Meirina Dwi Larassati, SST, M.Gizi. sebagai moderator, dan Ibu Dr. Muflihah Isnawati, DCN. M.Sc. sebagai pembicara ketiga dengan topik pembahasan “Pola Makan Sehat dengan Pangan Lokal Ala Generasi Milenial” dan pembicara keempat adalah Bapak Dr. Ir. Rokhani Hasbullah, M.Si. dengan topik pembahasan “Inovasi Produk Pangan Lokal untuk Generasi Milenial di Masa Pandemi” dan dilanjut diskusi.

Setelah diskusi panel 2 selesai dilanjut foto bersama, penyerahan penghargaan secara simbolis berupa sertifikat kepada pembicara dan moderator, dilanjut pengumuman pemenang lomba Neon 2.0. sebagai berikut :

Pemenang Lomba Podcast :

1. Az-Zahra R.F Rosyadi

2. Alda Kusuma Dianingrum

3. Rahma Shafira Ariefianty

4. Syafa Amina 5. Ana Marsuti

Pemenang Lomba Speech Contest :

1. Habibie Fauzan H

2. Aulia Zahra Dewanti

3. Puji Tri Widyarti

4. Gracezeaulia M O

5. Gilang Fani Bayvi

Pemenang Lomba Essay :

1. Alfina Putri R

2. Remaydhina M A

3. Vita Sari Mardiastuti

4. Renata Happy Kamila

5. May Shinta Natalia S

Pemenang Lomba Food Photography :

1. Triexie Wikantri K

2. Dea Hanifah Ristanto

3. Nyoman Putri Ari A

4. Andina Tyas Arum 5. Zaskia Rissa Xenasti

Pemenang Modifikasi Resep :

1. Nuraqilah Awal dan Indra Rukmana

2. I Gusti Agung P.A.K.K dan Krisentia Juvelin

3. Indana Eka Putri dan Indah Fitria Rismala

4. Anggraheni Tri W. dan Julia Salma Agustina

5. Rahma Fitriandra S. dan Thaneza Nur Ramadhani

Setelah pembacaan pemenang Lomba Neon 2.0. dilanjut mengisi presensi kedua, postest, dan evaluasi kegiatan. Saat pengisian tersebut, para peserta disuguhi penampilan dari GSH kembali. Setelah penampilan dari GSH, kegiatan Neon 2.0 ditutup oleh MC dan dinyatakan berakhir.

Mungkin Anda juga menyukai