Pengabdian Kepada Masyarakat –Program Kemitraan Masyarakat

Edukasi Penyusunan Menu Seimbang Berbasis Pangan Lokal Dengan Media WhatsApp dan Pemberian Makanan Tinggi Fe Pada Ibu Hamil Untuk Mendukung Kekebalan Tubuh di Wilayah Kerja Puskesmas Tlogosari Wetan

Ibu hamil merupakan salah satu kelompok rawan kekurangan gizi. Pola makan yang salah pada ibu hamil membawa dampak terhadap gangguan gizi selama masa kehamilan. Anemia merupakan permasalahan gizi yang banyak terjadi pada ibu hamil. Di Indonesia prevalensi anemia pada ibu hamil mencapai 37,1% atau 1 di antara 3 ibu hamil menderita anemia. Hal ini terjadi karena ibu hamil mengalami peningkatan kebutuhan zat besi 2x lipat untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin. Ironisnya, 50% ibu hamil tidak mempunyai cadangan zat besi yang cukup selama kehamilan, untuk itu perlu adanya peningkatan konsumsi zat besi juga penerapan menu seimbang untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil dan meningkatkan kekebalan tubuh selama masa Pandemi COVID-19.

Menu seimbang adalah menu yang terdiri dari beranekaragam makanan dalam jumlah dan proporsi dengan prinsip sesuai kebutuhan gizi, proporsi zat gizi, ketersediaan bahan makanan dan biaya. Berdasarkan PMK No. .41 tentang pedoman gizi seimbang, bahan pangan lokal yang ada di lingkungan sekitar dapat digunakan dalam penyusunan menu simbang . Jenis pangan lokal yang ada di sekitar yaitu singkong, pisang kapok, jagung, tempe, dan ubi jalar. Akan tetapi pengolahan menu seimbang berbasis pangan lokal masih terbatas. Oleh karena itu perlu dilakukan pengabdian kepada masyarakat terkait pemberian makanan tinggi Fe dan penyusunan menu seimbang berbasis pangan lokal. Kegiatan pengabdian ini berupa kegiatan edukasi dan pemberian makanan tambahan di wilayah kerja Puskesmas Tlogosari Wetan. Kegiatan diawali dengan mendata ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Tlogosari Wetan bersama para kader, persiapan pembuatan modul dan perlengkapan yang lain serta belanja Bahan Makanan Tinggi Fe untuk pemberian PMT.

Dosen Pengabdi pada kegiatan ini adalah Yuniarti S.Gz, MPH selaku ketua pengabdi, dan anggota Setyo Prihatin DCN, M.Sc, dan Dr. dra. Estuasih Dyah Pertiwi, S.Kom, M.Kes dibantu oleh 5 mahasiswa pengabdi dari Prodi D3 Gizi. Kegiatan edukasi dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Pedurungan Tengah  pada tanggal 30 September 2021 yang dihadiri oleh ibu hamil dan ibu kader sejumlah 22 peserta.  Kegiatan dimulai dari pengisian daftar hadir oleh tamu undangan, pemberian surat pernyataan, pretest, modul, alat tulis dan snack. Susunan acara kegiatan dimulai dengan sambutan kepala kelurahan (yang diwakilkan), pemberian sambutan oleh Yuniarti S.Gz, MPH, pemberian materi oleh Sumarti, AMG selaku ahli gizi Puskesmas Tlogosari Wetan, Sesi Tanya Jawab, post test,  Pemberian tugas menyusun menu berbasis pangan lokal kepada bumil dan kader, Penutupan dan sesi foto bersama.

Pengisian Daftar Hadir dan Sambutan Ketua Pengabmas
Pengisian Materi dan Sesi Diskusi

Tindak lanjut untuk memonitor kegiatan edukasi dengan membuat grup WhatsApp untuk melakukan kegiatan edukasi  dan sesi  diskusi lanjutan melalui WhatsApp pada tanggal 5, 7, dan 11 Oktober 2021. Pada tanggal 11 Oktober 2021 diumumkan 3 peserta terbaik yang penilaiannya diambil dari hasil pretest-posttest dan penyusunan menu berbasis pangan lokal.  Pada tanggal 12 Oktober 2021 dilakukan penyerahan doorprize kepada 3 peserta terbaik dan pemberian makanan Tinggi Fe. Secara umum, kegiatan berlangsung dengan baik dan peserta antusias dengan kegiatan yang dilakukan terlihat dari respon saat edukasi dan sesi diskusi melalui WhatsApp ataupun tatap muka langsung. Adanya peningkatan pengetahuan setelah kegiatan berlangsung dan dapat melakukan penyusunan menu juga pengolahan menu berbasis pangan lokal.

Pemberian PMT Tinggi Fe dan Pemberian Doorprize kepada 3 peserta terbaik

Luaran dari kegiatan pengabdian  masyarakat  ini adalah   modul tentang Penyusunan menu seimbang berbasis pangan lokal untuk mendukung kekebalan tubuh ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tlogosari Wetan Kelurahan  Pedurunga, telah terdaftar ISBN dengan nomor ISBN 978-623-6730-96-6.

Mungkin Anda juga menyukai