Pemilihan Raya (PEMIRA) Jurusan Gizi 2021

“Serukan Aspirasi, Satukan Jari, Untuk Gizi yang Bersinergi”

“Seorang pemimpin adalah pemberi sebuah harapan bagi para pengikutnya” merupakan salah satu quotes leadership dari Napoleon Bonaparte, seorang kaisar Prancis yang terkenal karena perang revolusioner. Seperti halnya perang yang membutuhkan seorang pemimpin, organisasi juga memerlukan sosok seorang pemimpin didalamnya untuk memberikan harapan bagi organisasi dan para anggota yang dipimpinnya. Pemilihan raya (Pemira) hadir untuk menjadi wadah aktualisasi diri untuk mewujudkan pemimpin mahasiswa harapan masyarakat Indonesia.

Pemilihan Raya (Pemira) merupakan sebuah pesta demokrasi terbesar yang diselenggarakan di jurusan gizi Poltekkes Kemenkes Semarang oleh dewan mahasiswa jurusan gizi. Pemira Gizi 2021 mengusung tema yaitu “Serukan Aspirasi, Satukan Jari, Untuk Gizi Yang Lebih Bersinergi”. Adapun arti dari tema tersebut adalah Serukan aspirasi artinya, seluruh mahasiswa menyatakan pendapat, argumen serta saran yang membangun untuk kemajuan jurusan, Satukan jari yang artinya, kita sebagai mahasiswa jurusan gizi bersama-sama menyatukan suara dalam pemilihan raya dengan tujuan mendapatkan pemimpin terbaik yang akan memimpin di jurusan gizi kelak, Untuk gizi yanglebih bersinergi artinya pemimpin yang terpilih diharapkan kelak dapat membangun kerja sama yang baik. Dengan diadakannya kegiatan Pemira Gizi 2021, diharapkan mahasiswa Jurusan Gizi dapat menunjukan sikap kompak dan solid dengan cara menggunakan hak pilih mereka untuk menyatakan pendapat, argumen serta saran yang membangun demi kemajuan jurusan dan menciptakan pemimpin yang adil dalam menjalankan segala program kerjanya demi terciptanya mahasiswa yang kompeten.

Maskot Pemira 2021

Maskot pemira 2021 kami beri nama “Gazi” yang mempunyai makna filosofi Seorang pemimpin diharapkan mampu menggunakan akal cerdas dalam menghadapi suatu masalah, memiliki inovasi/ide baru, selalu fokus terhadap tujuan yang ingin dicapai, menjadi pendengar yang baik dan menjadi sumber kekuatan bagi organisasi yang dipimpin. Diharapkan pemimpin yang terpilih nantinya akan dapat mewujudkan empat sifat utama kebutuhan masyarakat terkait pemimpin mahasiswa, yaitu berani berkata dan berbuat benar, menyampaikan setiap kebenaran, dapat dipercaya pada setiap janjinya dan cerdas dalam mengambil setiap langkah.

Kandidat Gubernur HIMA Periode 2022

Pemira gizi dilaksanakan mulai tanggal 29 Oktober – 9 Desember 2021. Adapun tahapan Pemilihan Raya Jurusan Gizi meliputi pengumpulan persyaratan dan berkas kandidat Gubernur Hima dan Ketua Dema, kampanye kandidat Gubernur Hima, debat dan orasi, hari tenang, pemungutan suara Gubernur Hima, dan perhitungan suara. Kemudian dilanjutkan dengan pemilihan Ketua Dema melalui Musyawarah Pemilihan Ketua Dema.

Dari verifikasi persyaratan dan berkas ditetapkan kandidat Gubernur Hima periode 2022 dari Program Studi Gizi Program Diploma III antara lain Muhammad Hafidh Murtadlo, Niken Fitri Larasati, dan Hanifah Alsa Safira. Untuk kandidat Gubernur Hima 2022 dari Program Studi Gizi dan Dietetika Program SarjanaTerapan antara lain Nurul Fallah Kautsar, Putri Asriana Kusumastuti, dan Febila Dian Prasetya. Setelah terpilihnya kandidat, dilanjutkan dengan kampanye selama 8 hari yaitu tanggal 27 November – 2 Desember 2021. Kampanye dilakukan oleh kandidat secara daring dengan tetap mematuhi peraturan kampanye yang telah dibuat. Selain itu, dilakukan juga sesi QnA yang diadakan melalui instagram story @demagizi dan jawaban dari pertanyaannya disebarkan pula pada akun istagram yang sama.

Debat dan Orasi Kandidat

Debat dan orasi dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2021 melalui Zoom Meeting dan Live Streaming YouTube. Kegiatan ini diawali sambutan oleh Ketua Jurusan Gizi, Ibu Susi Tursilowati SKM, MSc.Ph. yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Sekretaris Jurusan Gizi Bapak Setyo Prihatin, DCN. M.Sc. Beliau menyampaikan bahwasanya kegiatan Dema dan Hima harus tetap berjalan walaupun sedang dilanda pandemi. “Semoga nantinya pemimpin yang terpilih akan membawa nama baik organisasi dan jurusan gizi untuk lebih maju” ujar beliau. Acara debat dan orasi dimulai dengan sesi orasi yang dimulai dengan pemaparan visi dan misi kandidat, sesi tanya jawab, dan diakhiri dengan hadirnya tim sukses dari masing-masing kandidat untuk memberikan dukungan. Kemudian dilanjutkan sesi debat, dimana kandidat dari prodi yang sama disatukan dalam 1 ronde debat dan membahas sebuah mosi yang dipilih acak menggunakan random picker. Dalam debat, kandidat juga dibagi menjadi 2 kubu yaitu pro dan kontra. Kandidat pun berdebat sesuai dengan kubu dan mosi yang mereka dapatkan. Debat ini berlangsung selama 15 menit untuk masing-masing ronde.

Pemungutan Suara

Pemungutan suara Gubernur Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi 2021 dilakukan oleh seluruh mahasiswa, dosen dan staffkaryawan Jurusan Gizi. Diperoleh total 625 Civitas akademika Jurusan Gizi yang berpartisipasi dalam pemugutan suara Pemira 2021. Kegiatan berlanjut dengan perhitungan suara melalui Zoom Meetingdan Live Streaming YouTube.

Perhitungan Suara Kandidat Gubernur HIMA

Perhitungan suara ini dihadiri oleh Gubernur Hima dan Ketua Dema 2021, Seluruh kandidat Gubernur Hima dan Ketua Dema 2022, anggota Dema dan Hima 2021, Calon Organisator 2022, dan Seluruh Mahasiswa. Berdasarkan hasil perhitungan suara yang telah dihitung dan disaksikan bersama, diperoleh Gubernur Hima periode 2022 terpilih dari Program Studi Gizi Program Diploma III yaitu Muhammad Hafidh Murtadlo dengan total 197 suara dari 295 suara yang masuk serta dari Program Studi Gizi dan Dietetika Program Sarjana Terapan yaitu Nurul Fallah Kautsar dengan total 165 suara dari 330 suara yang masuk.

Musyawarah Pemilihan Ketua DEMA

Kemudian rangkaian Pemilihan Raya yang terakhir adalah pemilihan Ketua Dema. Pemilihan Ketua Dema dilaksanakan secara musyawarah oleh seluruh anggota Dema 2021 dan 2022 sesuai dengan Pedoman Peraturan Mahasiswa Program Studi Dewan Mahasiswa Pasal 9 Ayat 1. Pemilihan Ketua Dema ini turut mengundang perwakilan mahasiswa dan Gubernur Himpunan Mahasiswa 2022. Dari musyawarah ini terpilih Ketua Dema periode 2022 atas nama Essa Bima Ardiansyah dari Program Studi Gizi Program Diploma III dan Julia Salma Agustina dari Program Studi Gizi dan Dietetika Program Sarjana Terapan.

Demikian serangkaian kegiatan Pemilihan Raya (Pemira) 2021. Dengan dilaksanakannya Pemira ini diharapkan mampu menjadi salah satu bentuk pengalaman berdemokrasi di lingkungan mahasiswa. Selamat dan sukses kepada Gubernur Himpunan Mahasiswa dan Ketua Dewan Mahasiswa periode 2022 yang telah terpilih. Semoga amanah dan bertanggung jawab dalam mengemban tugas, serta dapat membawa Jurusan Gizi menjadi lebih baik.

Mungkin Anda juga menyukai