Musyawarah Nasional IKAMAGI KE-XII

“Satukan Aspirasi Bersama IKAMAGI Untuk Mewujudkan Calon Ahli Gizi Yang Bersinergi Dalam Era Society 5.0”.

IKAMAGI (Ikatan Keluarga Mahasiswa Diploma Gizi Indonesia) adalah organisasi Nasional pada bidang gizi yang berperan aktif dalam proses pembangunan kesehatan, khususnya dalam perbaikan dan peningkatan status gizi masyarakat yang marak terjadi dalam dekade ini. Oraganisasi ini sebagai wadah untuk Mahasiswa Diploma Gizi berkumpul dalam sebuah kegiatan yang dapat membuat mahasiswa mampu berpikir kritis dan menuangkan gagasannya dalam proses peningkatan status gizi masyarakat serta menyebar luaskan informasi seputar gizi.

Oleh karena itu, pada setiap periode kepengurusan, IKAMAGI menggelar Musyawarah Nasional yang diisi oleh berbagai agenda seperti, pembahasan AD/ART, GBHO, pembentukan Program Kerja, pemilihan Sekretaris Jendral, Wakil Sekretaris Jendral, Kepala Departemen, Koordinator Wilayah dan pembentukan staf kepengurusan IKAMAGI selanjutnya.  Selain itu, pada Musyawarah Nasional ini juga dimaksudnkan untuk menjalin silaturahim antar kepengurusan baik yang lama maupun yang baru.

Tujuan dari IKAMAGI adalah sebagai forum untuk memperkuat hubungan antar institusi Diploma Gizi dari Sabang sampai Merauke yang kompeten dan berintegritas serta mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional. Kemudian IKAMAGI diharapkan membentuk dinamika Lembaga Mahasiswa Diploma Gizi Indonesia sebagai alat komunikasi dan penampung aspirasi.

Musyawarah Nasional IKAMAGI – XII ini diadakan pada tanggal 2-5 Desember 2021 bertempat di GTC Poltekkes Kemenkes Bengkulu, dilaksanakan secara hybrid. Diikuti oleh segenap institusi bidang diploma gizi dari mulai Poltekkes Kemenkes se- Indonesia dan berbagai universitas seperti Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas TNI-AU Yogyakarta dll.

Rangakain acara Musyawarah Nasional IKAMAGI – XII yaitu seperti Sidang Pleno, I (Pembacaan Tata Tertib Munas dan Tata Tertib Pemilihan Sekjend dan Wasekjend), Sidang Pleno II (LPJ Sekjend IKAMAGI Periode 2020 – 2021), SidangPleno III ( Pembahasan dan Penetapan AD/ART), Sidang Pleno IV (Sidang Komisi dan Presentasi), Sidang Pleno V (Pemilihan Sekjend, Wasekjend, Kadept, dan Koorwil), Sidang Pleno VI (Pemilihan Tuan Rumah Munas dan Musywil).

Dalam pelaksanaan Munas kali ini, dua delegasi dari Poltekkes Kemenkes Semarang berhasil meraih jabatan sebagai Wakil Sekretaris Jenderal I yang menaungi Departement Kesekretariatan dan Keuangan oleh Muhammad Rizqi Nugraha, dan Arini Kinanti Syayidina berhasil menjabat sebagai Kepala Departemen POK (Pengembangan Oeganisasi dan Kaderisasi) yang bertugas untuk menjaga hubungan bai kantar internal maupun eksternal IKAMAGI serta pengkaderisasi. Delegeasi juga meraih Juara II Nasional pada lomba edukasi dengan tema “Pangan Lokal Fungsional untuk Meningkatkan Imunitas di masa Pasca Pandemi Covid – 19”

Harapan kedepannya semoga Poltekkes Kemenkes Semarang dapat terus eksis dan mengambil peran dalam kepengurusan IKAMAGI serta dapat menyabet berbagai juara dalam perlombaan. Serta dapat berperan aktif untuk pembangunan bidang Kesehatan terutama dalam gizi.

Mungkin Anda juga menyukai