Pelatihan Sidang Dewan Mahasiswa Jurusan Gizi 2022

“Menciptakan Kualitas Organisator yang Kompeten dan Profesional dalam Tata Laksana Sidang”

Sidang merupakan forum formal suatu organisasi guna membahas masalah tertentu dalam upaya menghasilkan keputusan, yang akan menjadi sebuah ketetapan dan aturan-aturan yang jelas. Sebagai organisasi legislatif yang berada di lingkup Jurusan Gizi, Dewan Mahasiswa berwenang mengadakan persidangan guna membahas masalah tertentu dalam mencapai sebuah ketetapan. Sebelum mengadakan persidangan, alangkah baiknya untuk memahami dan menguasai tata laksana sidang denagn baik. Maka dari itu, Dewan Mahasiswa Jurusan Gizi mengadakan kegiatan “Pelatihan Sidang” dengan tujuan untuk menambah wawasan organisator dalam tata laksana sidang, dan dapat menjadi patokan dalam aturan persidangan untuk diterapkan pada kegiatan persidangan.

Pemutaran Mars dan Hymne Polkesmar

Pelatihan sidang dilaksanakan pada Sabtu, 22 Januari 2022 ini mengusung tema “Menciptakan Kualitas Organisator yang Kompeten dan Profesional dalam Tata Laksana Sidang” dengan harapan peserta dapat menciptakan sikap kecakapan, kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan dalam tata laksana sidang sekaligus menjadikan organisasi yang berkualitas. Kegiatan pelatihan sidang ini diikuti oleh 63 peserta yang merupakan anggota organisator Dewan Mahasiswa (Dema) dan Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurusan Gizi tahun 2022.

Sambutan Ketua Jurusan Gizi

Adapun rangkaian acara pelatihan sidang tahun 2022 ini diawali dengan pemutaran video jingle Polkesmar, kemudian pembukaan, dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya, Mars Polkesmar, Hymne Polkesmar, dan doa yang dipimpin oleh perwakilan panitia. Setelah itu, sambutan oleh Ketua Panitia dan sambutan kedua oleh Ketua Jurusan Gizi yaitu Ibu Susi Tursilowati, SKM., M.Sc. Ph.

Acara selanjutnya adalah inti dari diadakannya pelatihan sidang yaitu pemaparan materi oleh saudari Septiani Wijayanti, Ketua Umum Dewan Permusyawaratan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang tahun 2021. Pada pelatihan sidang tahun ini karena masih di era pandemi, maka materi pelatihan sidang yang disampaikan adalah persidangan yang  diadakan secara virtual. Setelah seluruh materi disampaikan, diadakan simulasi tata laksana sidang sebagai penerapan materi yang dibimbing pula oleh Kak Septiani. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dimana para peserta menanyakan hal-hal terkait persidangan.

Selesai sesi tanya jawab, acara dilanjutkan dengan memberikan sertifikat kepada pembicara oleh Ketua Jurusan Gizi yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Ketua Panitia pelatihan sidang, dan dilanjutkan dengan foto bersama seluruh peserta.

Setelah rangkaian acara selesai, Pelatihan Sidang tahun 2022 ini pun ditutup oleh MC. Kami harap, kegiatan pelatihan sidang dapat menambah wawasan dan memberikan manfaat bagi peserta serta dapat diterapkan pada kegiatan persidangan mendatang.

Mungkin Anda juga menyukai