Capacity Building Mahasiswa Jurusan Gizi 2022

“Bangun Kualitas Diri untuk Generasi Emas Mahasiswa Gizi”

Capacity Building merupakan program kerja inovasi yang dijalankan oleh Dewan Mahasiswa Jurusan Gizi. Kegiatan ini berisi pemberian motivasi dan peningkatan kapasitas diri bagi mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Pada tahun ini kegiatan Capacity Building dilaksanakan pada hari Minggu, 16 Januari 2022 secara daring melalui Zoom Meeting. Tema yang diusung dalam kegiatan ini yakni “Bangun Kualitas Diri untuk Generasi Emas Mahasiswa Gizi”. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang beserta tamu undangan. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan motivasi pada tiap individu mahasiswa Jurusan Gizi untuk mempersiapkan semester baru guna memacu mahasiswa agar lebih berprestasi.

Kegiatan Capacity Building diawali dengan penampilan video teaser organisator dan jingle Poltekkes Kemenkes Semarang kemudian dibuka oleh MC untuk membacakan susunan acara. Kegiatan dilanjutkan dengan memutarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mars, dan hymne Poltekkes Kemenkes Semarang kemudian dilanjutkan pembacaan doa. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia dan Ketua Jurusan Gizi, Ibu Susi Tursilowati, SKM., M.Sc.Ph., kemudian dilanjutkan sesi foto bersama panitia dan seluruh peserta.

Kegiatan selanjutnya ialah sharing session yang diisi oleh tiga mahasiswi berprestasi Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang yakni kak Kurnia Desy Ambar Wati yang merupakan salah satu penerima beasiswa Aktivis Salman ITB, kak  Dhian Indah Pratiwi yang merupakan peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Poltekkes Kemenkes I, dan kak Ardita Tri Rahmasari yang merupakan peraih Juara 1 National Health Vocational Student Competition 2021. Ketiga narasumber menyampaikan materi dan melakukan sesi tanya jawab seputar pengalaman mereka ketika berhasil mendapatkan beasiswa dan juga mengikuti lomba berprestasi lainnya. Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat sebagai kenang-kenangan dan sesi foto bersama dengan seluruh peserta kemudian dilanjutkan sesi istirahat.

Setelah sesi istirahat, acara dibuka kembali dengan video penampilan Gita Svasta Harena dan video pra acara lainnya. Memasuki acara utama yakni penyampaian materi oleh dr. Gamal Albinsaid, M.Biomed., sebagai keynote speaker pada kegiatan Capacity Building tahun ini. Beliau adalah seorang dokter lulusan Universitas Brawijaya, inovator kesehatan, wirausaha sosial, serta inspirator kebanggaan Indonesia. Beliau juga termasuk dalam “50 Most Impactful Sosial Innovator in The World (Global Listing)”. Untuk sesi acara ini juga dipandu oleh seorang moderator yaitu Arini Kinanti Syayidina dari anggota Dewan Mahasiswa Jurusan Gizi.

Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa pertanyaan diajukan oleh peserta melalui kolom pigeon hole yang kemudian dijawab langsung oleh dr. Gamal. Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat sebagai kenang-kenangan. Setelah itu acara ditutup dengan sesi foto bersama panitia dan seluruh peserta.

Keseluruhan acara berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir. Kegiatan Capacity Building Tahun 2022 ini sangat berkesan karena dapat menambah pengetahuan, meningkatkan karakter diri, keterampilan dalam menyelesaikan masalah, kemampuan dalam kepemimpinan dan pemberdayaan sehingga dapat menjadi agen perubahan yang efektif dan efisien di lingkungan kampus khususnya bagi Jurusan Gizi. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dikembangkan dan diteruskan pada tahun-tahun berikutnya.

Mungkin Anda juga menyukai