Pelatihan Press Release Dema-Hima Jurusan Gizi 2022 dengan Pembicara Wartawan Suara Merdeka

“Membangun Organisator yang Cakap, Profesional, dan Berkualitas dalam Pelatihan Press Release”

Pelatihan Press Release merupakan sebuah pelatihan formal oleh organisasi guna membahas pembuatan  press release yang baik dan benar, bagi anggota organisasi khususnya Dewan Mahasiswa (Dema)  dan Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Pada tahun ini kegiatan Pelatihan Press Release dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Februari 2022 secara daring melalui Zoom Meeting. Tema yang diusung dalam kegiatan ini yakni “Membangun Organisator yang Cakap, Profesional, dan Berkualitas dalam Pelatihan Press Release”. Kegiatan ini diikuti oleh 63 peserta yang terdiri dari 26 peserta dari anggota organisasi Dewan Mahasiswa (Dema) dan 37 peserta dari anggota Himpunan Mahasiswa  (Hima). Adanya kegiatan ini diharapkan peserta pelatihan mampu memahami, memperluas wawasan, dan pengetahuan pembuatan press release yang benar, meningkatkan efektivitas kerja organisator, dan meningkatkan organisator dalam hal berpikir kreatif dan inovatif demi tujuan organisasi.

Kegiatan press release diawali dengan penampilan video jingle Poltekkes Kemenkes Semarang kemudian dibuka oleh MC untuk membacakan susunan acara. Kegiatan dilanjutkan dengan memutarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mars, dan hymne Poltekkes Kemenkes Semarang kemudian dilanjutkan pembacaan doa yang dipimpin oleh salah satu panitia. Acara dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh ketua panitia, Zahwa Dwi Rahma Aliya “dengan harapan bisa mampu profesional dan berkualitas dalam pelatihan Press Realease dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan organisator dalam hal jurnalistik”. harapnya diakhir penyampaian laporan kegiatan, dan dilanjutkan oleh Ketua Jurusan Gizi, Ibu Susi Tursilowati, SKM., M.Sc.PH.,”menulis itu adalah hal yang benar-benar susah”ucap beliau”menulis itu adalah tentang menyampaikan apa yang ingin disampaikan kepada audience dan mengenal lebih jauh apa yang ingin kita sampaikan”. Setelah sambutan dari Ketua Jurusan berakhir dan dilanjutkan sesi foto bersama panitia dan seluruh peserta.

Kegiatan selanjutnya ialah pemaparan materi yang diisi oleh bapak Rony Yuwono, S.Sos. yang merupakan wartawan suara merdeka. Pemaparan materi berisi tentang cara membuat berita acara atau press release yang baik dan benar,”Dalam hal menulis orang butuh praktik langsung seperti halnya berenang. Tidak cukup mengandalkan teori. Harus terus dilatih menulis dan banyak membaca referensi” ucap beliau di tengah-tengah pemaparan materi, pemamparan materi diakhiri dengan tanya jawab melalui kolom pigeon hole, dan dilanjutkan dengan simulasi pembuatan press release oleh peserta anggota organisator dengan dibagi topik yang berbeda, dipilih dengan hasil karangan press release topik yang menarik dan dipaparkan, kemudian dikoreksi secara langsung,oleh bapak Rony Yuwono sehingga anggota organisator baik Dewan Mahasiswa (Dema) maupun Himpunan Mahasiswa (Hima) dapat memahami kesalahan dalam praktik penulisan press release.

Dari beberapa topik yang dipaparkan, dipilih topik yang terbaik yaitu topik Hari Gizi Nasional, kemudian penyerahan sertifikat sebagai reward kepada kelompok terbaik oleh panitia dan diakhiri dengan penyerahan sertifikat sebagai kenang-kenangan oleh panitia didampingi oleh Ibu Nurul Ummah, S.Gz. sebagai Pelaksana Kemahasiswaan.

Keseluruhan acara berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Kegiatan Pelatihan Press Release tahun 2022 ini berkesan karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang jurnalistik. Diharapkan ilmu yang didapatkan dari Pelatihan Press Release ini dapat berguna khususnya untuk anggota organisator Dewan Mahasiswa (Dema) dan Himpunan Mahasiswa (Hima), sehingga dapat membuat press release yang baik dan benar.

Mungkin Anda juga menyukai