Bakti Sosial Jurusan Gizi 2022

“Mengabdi dengan Aksi, Bergerak dengan Hati, Bersama Jurusan Gizi”

Bakti sosial adalah kegiatan pengabdian yang merupakan perwujudan dari rasa kemanusiaan terhadap sesama. Kegiatan bakti sosial dilaksanakan rutin setiap tahunnya dan merupakan program kerja dari Dewan Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Pada tahun ini kegiatan bakti sosial dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Maret 2022 yang bertempat di Panti Asuhan Riyaadlul Jannah Baiturrahman, Jl. Jaten 1, Pedurungan Tengah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang. Pada tahun ini kegiatan bakti sosial dilaksanakan secara semi daring yakni melalui platform zoom meeting. Kegiatan bakti sosial ini mengusung tema “Mengabdi dengan Aksi, Bergerak dengan Hati, Bersama Jurusan Gizi.” Adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa simpati dan empati serta kepedulian sosial dalam masyarakat dan membantu sesama yang membutuhkan, terlebih di era pandemik ini. 

Kegiatan bakti sosial diawali dengan pembukaan dan pembacaan susunan acara oleh pembawa acara, Balqis Diva Hantariqsyah serta penampilan video edukasi tentang gizi. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh ketua panitia Ferra Ayu Harjanti, perwakilan panti oleh Bapak Rofiq Hasyim Asyari, serta sambutan ketua jurusan yang diwakilkan oleh Bapak Setyo Prihatin, DCN., MSc, PH. Beliau menyampaikan agar pendidikan ini dapat mengkristal dan menjadi bagian dari kebiasaan untuk selalu peduli terdahap sesama.

Kemudian acara selanjutnya yakni sosialisasi terkait penyuluhan gizi mengenai isi piringku oleh moderator, Arini Kinanthi Syayidina dan Fadelia Fahrunisa. Kemudian di tengah-tengah acara penyuluhan gizi, dilakukan makan buah bersama. Penyuluhan mengenai cuci tangan yang benar juga disampaikan kepada anak-anak panti asuhan dan harapannya anak-anak dapat menerapkan tentang apa yang telah disampaikan. Kemudian sebelum sosialisasi ditutup oleh moderator, dilakukan sesi tanya jawab kepada anak-anak panti asuhan dan anak-anak sangat antusias untuk bertanya.

Acara selanjutnya yakni penyerahan sumbangan secara simbolis dan kenang-kenangan berupa buku resep dan poster yang berisi mengenai isi piringku. Kemudian acara ditutup oleh pembawa acara. Keseluruhan acara berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir dan disambut baik oleh anak-anak panti asuhan. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme anak-anak selama acara berlangsung. Kegiatan bakti sosial ini sangat berkesan karena dapat menumbuhkan rasa simpati dan empati serta kepedulian sosial antar mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang terutama Jurusan Gizi dengan masyarakat sekitar. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dikembangkan dan diteruskan pada tahun-tahun berikutnya.

Mungkin Anda juga menyukai