Perluas Pikiran Keorganisasian Melalui Forum Silaturahmi dengan Dewan Mahasiswa Gizi – Analis Kesehatan

“Make A Connection, Bring Attention, For Big Action”

16 April 2022 tepat dengan hari jadi Poltekkes Kemenkes Semarang ke – 21, bersamaan dengan diadakannya Forum Silaturahmi (Fosil) yang merupakan program kerja agenda tahunan gabungan dari Dewan Mahasiswa Gizi dan Dewan Mahasiswa Analis Kesehatan sebagai wadah saling bertukar pikiran antar sesama organisasi legislatif tingkat jurusan di Poltekkes Kemenkes Semarang. Forum Silaturahmi tahun ini mengusung tema “Make A Connection, Bring Attention, For Big Action” dan di selenggarakan secara full online yang diikuti oleh sebanyak 73 orang yang terdiri dari 25 Dewan Mahasiswa pada masing-masing jurusan kampus Poltekkes Kemenkes Semarang.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan peningkatan kapasitas kinerja dari Dewan Mahasiswa semua jurusan di Poltekkes Kemenkes Semarang.  Kegiatan ini turut mengundang Ketua Dewan Mahasiswa dari berbagai jurusan di Poltekkes Kemenkes Semarang. Selain peningkatan kapasitas kinerja, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar Dewan Mahasiswa tiap jurusan untuk, bertukar pikiran dan pengalaman menjalankan program kerja, pembahasan mengenai IOM, pembahasan tugas dari masing-masing komisi, evaluasi kinerja Dewan Mahasiswa, dan pelaksanaan proker-proker Dewan Mahasiswa kampus 1 sampai 9 Poltekkes Kemenkes Semarang. Selain itu, dapat juga bertukar informasi dan ilmu perihal pengalaman berorganisasi khususnya sebagai anggota Dewan Mahasiswa, sehingga dapat menambah pengetahuan, bahan pertimbangan dan evaluasi dalam menyusun program kerja di masa yang akan datang.

Kegiatan Forum Silaturahmi diawali dengan pembukaan oleh MC, pembacaan doa, pembacaan susunan acara, kemudian dilanjutkan dengan laporan oleh Ketua Panitia Forum Silaturahmi 2022, yaitu Nissa Aullya dari Jurusan Analis Kesehatan, lalu dilanjutkan dengan sambutan Sekretaris Jurusan Analis Kesehatan, Bapak Djoko Priyatno, SP.,M.Sc dan Ibu Susi Tursilowati SKM. M.Sc PH selaku Ketua Jurusan Gizi . Pak Joko menuturkan harapanya untuk Dewan Mahasiswa Se – Poltekkes Kemenkes Semarang “Agenda ini In syaa Allah akan bisa membantu suatu hubungan atau koneksi,ya, mungkin memang kita semua sudah terkoneksi, apalagi hari ini adalah Dies Natalis Poltekkes Kemenkes Semarang. Harapan saya semoga dengan kegiatan ini menjadi pukulan potensi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dari kampus 1 -9 Poltekkes Kemenkes Semarang, seperti apa yang pada di hymne kita, yaitu kebersamaan di antara jurusan” , begitu pula dengan Ibu Susi yang juga berharap demikian “Semoga kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai disini, kita bisa berkolaborasi, forum silaturahmi ini bisa di perluas lagi misalkan dengan Dewan Mahasiswa di kampus  lain, agar kita dapat menambah informasi terkait kegiatan mahasiswa” sambungnya.

Memasuki acara inti yaitu Pembahasan pembagian dana IOM (Iuran Organisasi Mahasiswa) per program kerja, Ketua Dewan Mahasiwa Jurusan Gizi dan Analis Kesehatan secara bergantian memaparkan pembagian IOM pada setiap program kerja yang telah rencanakan di awal masa kepengurusan. Kemudian dilanjutkan dengan bedah komisi, yang disampaikan oleh Ketua Dewan Mahasiswa Jurusan Gizi dan Analis Kesehatan, mereka menyampaikan dengan sangat rinci dan detail terkait tugas per komisi Dewan Mahasiswa. Dan Pembahasan terakhir adalah bedah proker, Ketua Dewa Mahasiswa masing-masing jurusan memaparkan seluruh program kerja yang dilaksanakan selama 3 periode. 1 tahun kedepannya dan bagaimana proses program kerja tersebut dilaksanakan.

Sembari menantikan acara selanjutnya, panitia memberikan fasilitas peregangan berupa video ice breaking yang dipandu oleh moderator. Peserta tampak antusias mengikutinya, mulai dari video yang di tampilkan serta power point berupa contoh kasus soal yang juga menarik para peserta untuk menyimak dan menjawab pertanyaannya.

Setelah pemaparan materi dan ice breaking, selanjutnya adalah sesi tanya jawab, peserta diberi kesempatan untuk bertanya secara langsung maupun lewat link pigeon hole, juga diperbolehkan untuk menanggapi dan berbagi informasi terkait pembagian IOM, tugas dan tanggungjawab tiap komisi serta mengenai program kerja masing-masing Dewan Mahasiswa di jurusan lain, tanya jawab kali ini sangat membuka pikiran para peserta terkait organisasi, dari sini peserta dapat berdiskusi terkait tupoksi masing – masing bagian kepengurusan dari Dewan Mahasiswa.

Akhirnya, sampai di penghujung kegiatan Forum Silaturahmi. Moderator menutup jalannya dikusi dan tanya jawab, kemudian menyerahkan lanjutan acara kepada MC. Dari kegiatan ini di maksudkan agar para peserta dapat menyerap segala hal positif, sehingga diharapkan kedepannya pengalaman, ilmu, dan informasi yang sudah didiskusikan bersama dapat diterapkan dan diadopsi dengan baik oleh Dewan Mahasiswa jurusan lain.

Mungkin Anda juga menyukai