Pendidikan dan Pelatihan Gizi Tahun 2022

“PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEAMANAN PANGAN DAN HIGIENE SANITASI PENJAMAH MAKANAN PADA JASA BOGA KECAMATAN PEDURUNGAN TENGAH”

Diklat adalah suatu kegiatan penyelenggaraan pembelajaran dengan pelatihan guna meningkatkan kompetensi pegawai. Sasaran pada kegiatan ini yaitu pegawai dan pemilik catering di Kecamatan Pedurungan Tengah. Pada hari Jum’at 23 Juli 2022, Mahasiswa Semester 6 Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang mengadakan kegiatan Diklat Gizi dengan judul Pendidikan dan Pelatihan Keamanan Pangan dan Higiene Sanitasi Penjamah Makanan pada Jasa Boga Kecamatan Pedurungan Tengah yang dihadiri oleh 129 partisipan, yaitu terdiri dari 97 Mahasiswa Semester 6 Jurusan Gizi Polkesmar, 2 Mahasiswa Alih Jenjang Jurusan Gizi Polkesmar, 5 Dosen disertai Asisten Dosen Polkesmar, 25 partisipan dari Catering Kecamatan Pedurungan Tengah. Diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan keterampilan dan kompetensi pegawai Catering Kecamatan Pedurungan Tengah, Semarang.

Acara Diklat Gizi diadakan di Ruang G Gedung Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang, yang dimulai dengan pembukaan oleh Dewi Iswati dan Dhian Indah selaku MC, selanjutnya pembacaan doa oleh Prayudya Budi serta menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, laporan oleh Difa Aulia selaku Ketua Panitia Diklat Gizi dan dilanjutkan sambutan oleh Bapak M. Jaelani, DCn., M.Kes sebagai Kepala Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetik dan dilakukan Pembukaan Diklat secara simbolik.

Acara berikutnya, yaitu dilakukan Pre-Test kepada pegawai selama 10 menit menggunakan form yang telah tersedia dan dilakukan BLC, “Building Learning Commitment”. Selanjutnya pemaparan materi pertama mengenai Peraturan Perundang-Undangan Bidang Pangan dan Kebijakan Nasional tentang Keamanan Pangan dan Hygiene Sanitasi. Pemaparan materi kedua dilaksanakan setelah ice breaking, dengan materi Tahapan Proses Hygiene Sanitasi dalam Penyelenggaraan Makanan Jasa Boga dan dilanjutkan ishoma. Materi berikutnya adalah Praktek Penggunaan APD, Personal Hygiene, serta Food Test yang dilanjutkan dengan materi ketiga yaitu Prosedur Pengajuan Sertifikat Kelayakan Hygiene Sanitasi dan Persyaratan Hygiene Sanitasi sesuai Permenkes 1096/2011 dengan setiap materinya dilakukan sesi tanya jawab.

Selanjutnya, terdapat RTL (Rencana Tindak Lanjut), Post-Test, serta evaluasi dengan form yang sudah disediakan panitia lalu acara ditutup dengan pembagian doorprize kepada peserta aktif.

Keseluruhan acara berlangsung dengan baik dan lancar hingga usai. Kegiatan Diklat Gizi mengenai Penanganan Anemia dengan Pendidikan dan Pelatihan Keamanan Pangan dan Higiene Sanitasi Penjamah Makanan pada Jasa Boga Kecamatan Pedurungan Tengah tahun 2022 berkesan karena peserta memperoleh ilmu dan keterampilan yang mampu untuk ditingkatkan. Diharapkan ilmu yang didapatkan dari kegiatan ini dapat berguna untuk seluruh khalayak terkait.

Mungkin Anda juga menyukai