Nutripreneurship 2022

“Build Creativity and Innovation of Young Entrepreneurs in the Healthy Catering Sector”

Nutripreneurship merupakan kegiatan yang dilaksanakan atas dasar program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang oleh Divisi Kewirausahaan yang telah disusun dalam rapat kerja pada bulan November 2022. Program kerja tersebut ditujukan kepada para mahasiswa terutama dari Jurusan Gizi, baik mahasiswa Jurusan Gizi Polkesmar maupun eksternal dengantujuan memberikan manfaat dan ilmu kepada para peserta Nutripreneurship.

Serangkaian acara Nutripreneurship ini diselenggarakan pada tanggal 12 November 2022 pukul 08.00-11.50 WIB secara daring melalui platform zoom meeting. Jumlah peserta yang berpartisipasi yaitu kurang lebih sebanyak 149 orang yang berasal dari mahasiswa internal gizi, eksternal gizi, dan dosen. Acara dimulai dengan registrasi pukul 08.03WIB, lalu dilanjutkan pembukaan MC dan presensi pada pukul 08.15 WIB. Acara ini dibuka oleh MC yang bernama Kafka Nafisya Putri Setelah itu dilanjutkan pembacaan doa oleh Emfa Fallah Isyqie. Selanjutnya seluruh peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Polkesmar, dan Mars Gizi. Setelah itu sambutan dari ketua panitia yaitu Suci Rahmawati membacakan laporan mengenai acara Nutripreneurship dilanjut sambutan Ketua Jurusan Gizi oleh Ibu Susi Tursilowati SKM, M.Sc.PH. Setelah sambutan oleh Ketua Jurusan Gizi, moderator bernama Tila Farah Hamidah mengambil alih acara ini dan memandu jalannya acara.

Selanjutnya penampilan video teaser Nutripreneurship tentang perjalanan dua mahasiswi Jurusan Gizi Polkesmar yang sudah memiliki jiwa kewirausahaan dibuktikan dengan telah memiliki usaha dibidang food and beverage. Mahasiswi bernama Arini telah menjalankan catering sejak tahun 2017 dengan nama Dapur Arima yang melayani catering seperti snack box, rice box, nasi tumpeng, dan lain-lain sedangkan mahasiswi bernama Zahra telah membuka bisnis sejak 2018 bernama My Baking  Story yang fokus melayani pemesanancake, dessert, dan cookies. Selanjutnya dilanjut pembacaan CV pembicara juga latar belakang Dietindo. Setelah penayangan teaser dan pembacaan CV dilanjut ke inti acara yaitu pemaparan materi dari Kak Annisa Rizkitania, S.Gz selaku Dietindo yang membahas tema”Healthy Catering“.Rangkuman materi yang dibahas berupa Healthy Catering.Healthy Catering merupakan penerapan ilmu gizi dan makanan dalam upaya pemenuhan kebutuhan gizi berdasarkan kelompok umur, kondisi sosial ekonomi, dan budaya klien, dengan kegiatan meliputi perencanaan standar kebutuhan gizi, perencanaan menu, pengadaan bahan makanan, persiapan dan pengolahan bahan makanan, distribusi makanan, serta pengawasan mutu. Setelah selesai pemaparan materi seperti rangkuman di atas, memasuki sesi tanya jawab selama 13 menit. Tanya jawab selesai dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada pembicara sekaligus dokumentasi. MC mengambil alih untuk memandu jalannya acara dilanjut dengan presentasi duta jamu oleh Muhammad Rizqi Nugraha selama 8 menit yang menjelaskan tentang bisnis obat tradisional yang barbasis gizi atau pengetahuan tentang kesehatan. Setelah itu terdapat Kuis penutup menggunakan aplikasi Quizizz sebanyak 10 soal yang dimenangkan oleh 3 pemenang yaitu Angraeni, Imelda dan Ulin. Kemudian pengumuman penanya terbaik bernama Anisa Rara. Sebagai penutup acara diadakan dokumentasi kemudian acara ditutup dengan berkesan oleh MC pada pukul 10.09 WIB.

Mungkin Anda juga menyukai