Serah Terima Jabatan (SERTIJAB) Dema-Hima Periode 2022

“Bersama Satukan Tekad, Menjadi Organisasi yang Hebat”

Serah terima jabatan atau yang disingkat dengan Sertijab adalah penyerahan dan penerimaan terkait jabatan, tanggung jawab, dan wewenang dari organisator lama kepada organisator baru. Sertijab juga merupakan salah satu program kerja tahunan yang dibawahi oleh Komisi III Dewan Mahasiswa. Proses ini bukanlah proses yang instan, tapi telah terpilih melalui tahap yang panjang. Mulai dari kegiatan Open Recruitment kepengurusan baru untuk mengisi formasi jabatan, dilanjut dengan kegiatan Pemilihan Raya atau Pemira yang melalui beberapa tahapan seperti masa kampanye, debat dan orasi, proses pemungutan suara, dan musyawarah pemilihan Ketua Dewan Mahasiswa.

Tema yang diambil dalam pelaksanaan program kerja ini yaitu “Bersama Satukan Tekad, Menjadi Organisasi yang Hebat” dengan harapan organisator baru yang telah disumpah menjadi seorang organisator dapat memperkuat sikap solidaritas, meningkatkan kinerja Dewan Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa, serta mampu membangun pondasi persaudaraan yang kokoh guna menjadikan organisasi hebat dan unggul.

Serangkaian acara serah terima jabatan Dema-Hima Tahun 2022 ini dilaksanakan secara hybrid. Kegiatan luring dilaksanakan di Auditorium Jurusan Analis Kesehatan dan kegiatan daring dilaksanakan melalui platform Zoom Meeting. Untuk kepengurusan lama periode 2022, jumlah organisator Dewan Mahasiswa sebanyak 26 orang dan Himpunan Mahasiswa sebanyak 37 orang. Untuk kepengurusan baru periode 2023 jumlah organisator Dewan Mahasiswa sebanyak 26 orang dan Himpunan Mahasiswa sebanyak 35 orang.

Acara ini dibuka dengan sambutan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars Polkesmar, Hymne Polkesmar, dan Mars Gizi. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Jurusan Gizi, yang pada kesempatan ini beliau berhalangan hadir secara luring dan digantikan dengan Bapak Mohamad Jaelani, DCN, M. Kes. selaku Ketua Program Studi Gizi dan Dietetika Program Sarjana Terapan dan Pendidikan Profesi Diestisien yang juga memberikan pesan bahwa mahasiswa perlu belajar ilmu politik, tetapi tidak ilmu politik murni, tetapi bagaimana mendalami terkait politik itu sendiri, beliau berharap melalui organisasi ini dapat mengajarkan mahasiswa untuk menjadi generasi penerus bangsa yang melek akan politik. Selanjutnya, acara diteruskan dengan laporan oleh Ketua Panitia Sertijab 2022, yaitu Sukma Nur Hasanah.

Masuk pada acara inti, organisator baru melafalkan sumpah organisator yang di pandu oleh Bapak Mohamad Jaelani, DCN, M. Kes. Suasana haru sekaligus senang sangat terasa pada kesempatan ini, para peserta dengan lantang menegaskan sumpah dan tanggung jawabnya dalam mengemban amanah yang akan dijalaninya salama satu tahun kepengurusan kedepan. Saat inilah menjadi saksi bahwa mereka benar – benar siap dan mampu meneruskan perjuangan demisioner dan membawa perubahan Dema – Hima lebih baik lagi.

Setelah seluruh peserta berikrar sumpah organisasi, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh Ketua Jurusan Gizi yang dalam hal ini diwakilkan oleh Bapak Mohamad Jaelani, DCN, M. Kes dengan pihak 1 yaitu Gubernur Himpunan Mahasiswa dan Ketua Dewan Mahasiswa Program Studi Diploma III dan Sarjana Terapan periode 2022, dengan pihak 2 yaitu para kandidat yang terpilih yaitu Alda Kusuma Diannungrum dan Dhea Audiyatus Salma sebagai Gubernur Himpunan Mahasiswa periode 2023, serta Elisa Konitaturromza dan Rachma Putri Khinanti sebagai Ketua Dewan Mahasiswa periode 2023. Kemudian sebagai saksi, yaitu perwakilan dari Dewan Permusyawaratan Mahasiswa (DPM)  dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Selanjutnya masuk ke sesi penyerahan penghargaan kepada Ketua Dewan Mahasiswa dan Gubernur Himpunan Mahasiswa periode 2022 dan pengumuman serta pemberian reward oleh komisi I Dewan Mahasiswa kepada organisator terbaik dari Dewan Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa, para peraih penghargaan tersebut yaitu Deselva Winita Putri sebagai organisator Dema terbaik Prodi D III, Dwi Nanda Mutiarani sebagai organisator Dema terbaik Prodi Sarjana Terapan, Alda Kusuma Dianningrum sebagai organisator Hima terbaik Prodi D III, Zaskia Rissa Xenasti sebagai organisator Hima terbaik Prodi Sarjana Terapan dan Nutrition Creative Competition 3.0 sebagai Program Kerja Hima terbaik di periode 2022.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pemaparan struktur organisasi dan program kerja Dewan Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa periode 2023 oleh Ketua Dema dan Gubernur Hima terpilih.

Berlanjut ke penghujung acara, yaitu penampilan video dokumenter yang dikemas apik oleh tim kreatif Dema dan Hima Gizi, para peserta menyaksikan penampilan video kebersamaan mereka selama setahun belakangan ini dengan penuh haru, hal ini mengingatkan tentang perjuangan dan kebersamaan yang mereka lalui demi memajukan organisasi.

Sesi tersebut mengakhiri kegiatan Serah Terima Jabatan Dema – Hima 2022. Harapan kami kedepannya, semoga para penerus kami atau organisator baru dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya, memajukan organisasi, serta mau bahu-membahu memajukan Jurusan Gizi.

Mungkin Anda juga menyukai