Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Prodi D IV Gizi

Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Produktifitas penelitian dosen selama 3 tahun terakhir.

Slide1Pelaksanaan penelitian dosen Program Studi Diploma IV Gizi mengacu pada Rencana Induk Penelitian yang telah disusun. Model-model karya inovatif produk dari penelitian dosen Program Studi Diploma IV Gizi berupa produk olahan formula makanan berbasis pangan lokal yang digunakan dalam mengintervensi permasalahan gizi di masyarakat.

Kegiatan Penelitian Mahasiswa juga dikompetisikan di tingkat Poltekkes Semarang dalam kegiatan Penelitian Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Tahun 2016 dari 5 usulan penelitian yang lolos seleksi ada 3 dan tahun 2017 dari 4 usulan penelitian lolos 2 penelitian. Sebagaian besar PKM merupakan penelitian pemanfaatan pangan lokal untuk mengatasi permasalahan Penyakit Tidak Menular (PTM).

Hasil penelitian sebagian besar telah dipublikasikan pada jurnal kesehatan milik Jurusan Gizi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang dan Jurnal Internasional. Selama tahun 2013 hingga 2016 terdapat 22 penelitian yang mendapatkan dana penelitian yang bersumber dari Dana DIPA Poltekkes Kemenkes Semarang.

Publikasi yang dilakukan dosen Program Studi Sarjana Terapan Gizi selama 3 tahun terakhir

Slide2

Seluruh dosen Program Studi Sarjana Terapan Gizi telah terdaftar sebagai anggota SINTA (Science and Technology Index) yang merupakan portal kerjasama dari KEMENRISTEK DIKTI dan LIPI yang memberikan informasi tentang pengukuran kinerja peneliti dan institusi serta jurnal yang ada di Indonesia.

Slide3Produktifitas pengabdian masyarakat oleh dosen selama 3 tahun terakhir.

Kegiatan-kegiatan pengabdian pada masyarakat berdasarkan tindak lanjut hasil penelitian baik yang dilakukan dosen maupun mahasiswa.