Kurikulum Prodi Profesi Dietisien Gizi

Kurikulum mengacu kepada kurikulum yang disepakati secara nasional antara Asosiasi Institusi Penyelenggara Pendidikan Gizi (AIPGI) dengan Organisasi Profesi Gizi (PERSAGI/AsDI) yang didasarkan pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Profesi Gizi Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012 pada peringkat 7. Acuan kompetensi untuk profesi gizi (RD) berdasarkan penyesuaian dari Standar Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia 2007 (SKKNI), Eligibility and Accreditation Standards (ERAS 2008), Commision on Accreditation for Dietetics Education 2002 (CADE 2002) dan The Accreditation Council for Education in Nutrition and Dietetics 2013 (ACEND 2013). Profil Lulusan  Pendidikan Profesi Dietisien :

  1. Pemberi Asuhan Gizi Mandiri
  2. Konselor Gizi Mandiri
  3. Penyelia Penyelenggara Makanan
  4. Pengembang Produk Alternatif Gizi
  5. Pengelola Program Gizi
  6. Advokator dan Komunikator Program Gizi
  7. Penyelia Pendidikan dan Pelatihan Gizi
  8. Penyelia Penelitian

Penyusunan Capaian Pembelajaran Pendidikan Profesi Dietisien  dimulai dengan pertemuan Tim  Inti Pendidikan Profesi Dietisien yang terdiri dari  Ketua Jurusan Gizi Poltekkes  Kemenkes Semarang, Sekertaris Jurusan Gizi, Ketua Prodi DIII Gizi, Ketua Prodi DIV Gizi  dan Ketua Bidang Ilmu Gizi Klinik, Ketua Bidang Ilmu Gizi Masyarakat da Ketua Bidang Ilmu Gizi Institus diJurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Dasar Penyusunan Capaian Pembelajaran berdasarkan Naskah Akademik yang disusun oleh Tim Penyusunan Naskah Akademik yang  terdiri dari KIGI, PERSAGI, AIPVOGI dan AIPGI.  Pada tanggal 28-29 Desember 2016 dilakukan Study Banding ke Pendidikan Profesi Dietesien  di Universitas Brawijaya untuk mendapatkan informasi  yang berkaitan dengan penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Dietisien.

Struktur dan isi kurikulum pada tahap pendidikan akademik berdasarkan urutan mata kuliah (MK)/ modul/ blok semester demi semester;

Semester Kode MK/ Modul/ Blok Nama Mata Kuliah/ Modul/ Blok Bobot (sks)
(1) (2) (3) (4)
I GZP. 201 Orientasi dan Pemantapan Materi 2 SKS
GZP .202 Suplemen Diet dan Makanan Fungsional 2 SKS
GZP.103 Asuhan Gizi Masyarakat  6 SKS
II GZP.101 Asuhan Gizi Klinik pada pasien dengan komplikasi (1) 6 SKS
GZP.102 Asuhan Gizi Klinik pada pasien dengan komplikasi (2) 6 SKS
GZP.104 Manajemen Penyelenggaraan Makanan 6 SKS
GZP. 204 Seminar  2 SKS
Total sks 30 SKS