Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Profesi Dietisien

Kebijakan tentang pengabdian masyarakat bagi dosen sudah ditetapkan berdasarkan buku panduan yang ditetapkan oleh UPPM Direktorat bahwa dalam setiap semester seorang dosen harus terlibat dalam pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk perwujudan dari salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi. UPPM Direktorat sudah menganggarkan dana untuk pengabdian masyarakat di tiap program studi. Sedangkan jenis pengabdian masyarakat yang ditetapkan salah satunya adalah untuk menerapkan hasil penelitian. Selain Pengabmas yang secara rutin dilakukan oleh prodi juga dilakukan pengabmas secara insidentil misalnya pengabmas peduli banjir, tanggap bencana gempa, pengabmas gunung meletus dan lain-lain.

Kegiatan pengabdian masyarakat (Pengabmas) program studi pendidikan profesi Gizi menetapkan kebijaksanaan yang dijabarkan dalam road map. Sasaran kegiatan Pengbmas adalah seluruh dosen yang ada di lingkungan jurusan Gizi baik yang sudah mempunyai fungsional maupun yang masih dalam jabatan instruktur. Pelaksanaan semua kegiatan Pengabmas melibatkan mahasiswa untuk membantu dosen sebagai anggota.

Tujuan pengabdian masyarakat pada Program Studi Pendidikan Profesi Dietetion tidak terlepas dari tujuan pengabdian masyarakat pada Politeknik Kesehatan Semarang adalah :

  1. Terlaksananya pengabmas di bidang Gizi yang dapat memberikan solusi berdasarkan kajian akademik atas kebutuhan, tantangan atau persoalan yang dihadapi masyarakat di bidang Gizi dan Kesehatan
  2. Terlaksanya pengabmas Gizi yang mendukung peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan khususnya Gizi masyarakat baik yang berada dalam suatu institusi maupun di masyarakat umum.
  3. Menerapkan IPTEK di bidang Gizi kepada masyarakat untuk mengembangkan martabat manusia dan keutuhan alam
  4. Menggerakkan dan mendayagunakan potensi hasil penelitian yang dimiliki dosen untuk kepentingan pemebelajaran dan pelayanan kesehatan kepada masayarat.

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian masyarakat berdasarkan standar pengabmas di lingkungan Poltekkes Kemenkes Semarang yang disusun berdasarkan visi misi Poltekkes dan Jurusan Gizi.  Kegiatan direncanakan, dilaksanakan sesuai dengan sistem penjaminan mutu Pengabmas yang berkelanjutan dan standar kompetensi Dietetion. Sedangkan hasilnya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat tersisih (preferential option for the poor)  pada semua strata, dan berdampat positif pada pembangunan masyarakat.

Bentuk Pengabdian masyarakat yang dikembangkan sesuai dengan budaya akademik, kompetensi serta kondisi sosial budaya masyarakat meliputi:

  1. Program pendidikan masyarakat, berupa kegiatan pelatihan, penyuluhan dan pendampingan berbagai aspek kesehatan di masyarakat
  2. Pelayanan Gizi kepada masyarakat, berupa pendampingan keahlian, fasilitasi dan konsultasi serta kerja sama.
  3. Bantuan aplikasi teknologi tepat guna di bidang kesehatan
  4. Penerapan hasil penelitian
  5. Pengembangan kewirausahaan.

Kegiatan pengebmas ini dapat berupa kegiatan yang direncanakan oleh institusi (Jurusan/Program Studi Gizi) maupun atas dasar permintaan dari luar institusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang dilaksanakan secara individu/perorangan maupun kelompok atas nama institusi.