UKM Kesenian dan Minat Khusus

UKM TARI

IMGP3389

Untuk melestarikan kebudayaan Indonesia yang memiliki berbagai tari adat daerah masing-masing, Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Semarang mendirikan UKM yang khusus melatih skill mahasiswa agar tetap melestarikan berbagai tarian adat daerah terutama tarian jawa. UKM ini tidak hanya diikuti oleh perempuan saja namun juga laki-laki. Berbagai latihan ditujukan untuk membuat para penari lebih luwes dalam hal menari. Karena setiap tarian mempunyai kesulitan sendiri-sendiri penari harus lebih terampil dalam setiap gerakan yang sudah diajarkan. UKM ini melaksanakan latihan rutinnya pada malam hari setelah jam kuliah usai. Biasanya dimulai pada pukul 18.30- selesai dan diadakan setiap hari rabu dalam setiap minggunya.

UKM ENGLISH CLUB

IMG_6602

Untuk meningkatkan dan mengembangkan skill mahasiswa dalam bidang bahasa asing terutama bahasa inggris, Kampus 3 Poltekkes Semarang. mendirikan UKM bernama English Club yang menjadi wadah mahasiswa mengeksplore skil mereka. UKM ini mendalami berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa asing, misalnya dengan mengisi kalimat rumpang yang harus diisi dengan kata kerja yang sesuai, mengisi missing lyric pada lagu asing, telling story dan lain sebagainya. Berbagai latihan berbicara di depan umum untuk meningkatkan mental saat bertatap muka langsung dengan orang lain juga sering dilakukan, dan tidak hanya berbicara namun juga dilatih dalam mengerjakan soal-soal bahasa inggris yang sesuai dengan tingkatnya. UKM ini dilaksanakan setiap hari rabu pada setiap minggu nya. Dimulai pada jam setelah kuliah usai, biasanya dimulai pukul 16.00 WIB –selesai.

PRAMUKA

1479112869625

Gerakan pramuka yang berada di tingkat Poltekkes Semarang bernama Ambalan dan Racana Suryaningrat – Sedyaningsih, Gugus Depan 06.083-06.084. Poltekkes Semarang mempunyai 7 kampus yang tersebar di 5 Kota, salah satunya yaitu kampus 3 yang berada di Pedurungan Tengah, Semarang. Dengan arahan Pudir III, yaitu Bp. Marsum, yang menghimbau kepada Ketua Dewan Ambalan dan Ketua Dewan Racana serta wakil ketua dari 7 kampus agar pramuka Poltekkes diaktifkan di setiap kampus masing-masing, maka dibuatlah kepengurusan di kampus 3 Poltekkes Semarang. Kegiatan Pramuka diwajibkan 1 semester bagi mahasiswa baru tingkat 1. Kegiatan Pramuka Kampus 3 telah terlaksana 4 kali latihan rutin, yaitu 1 minggu sekali tepatnya pada hari kamis yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Jurusan Gizi dan Analis Kesehatan.