PELATIHAN MANAJEMEN ORGANISASI GIZI 2020

“Membangun Karakter Mahasiswa yang Cerdas dan Kreatif demi Bangkitnya Organisasi di Masa Pandemi”

Sabtu s.d. Minggu, 8-9 Agustus 2020 | 07.00 WIB s.d. selesai

1

PMO merupakan salah satu program kerja yang dijalankan oleh DEMA Jurusan Gizi tiap tahunnya. Dalam kegiatan ini mahasiswa baru akan diajak untuk mengenal lebih dekat dengan beberapa lembaga legislatif dan dibekali ilmu sebagai calon organisator oleh pembicara yang berpengalaman. Pada tahun ini PMO mengangkat tema “Membangun Karakter Mahasiswa yang Cerdas dan Kreatif demi Bangkitnya Organisasi di Masa Pandemi”. Untuk pertama kalinya PMO dengan metode daring dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 Agustus 2020 melalui Zoom dan disiarkan langsung pada kanal Youtube Dewan Mahasiswa Jurusan Gizi dengan tautan https://youtu.be/-A8Ov2O4kBs dan https://youtu.be/He0uH0KbSTk.

Peserta yang ikut sebanyak 209 dari total 210 mahasiswa baru jurusan gizi yang terdiri dari 101 mahasiswa Prodi D III Gizi serta 108 mahasiswa Prodi Sarjana Terapan dan Dietetika. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Gizi, Ibu Susi Tursilowati, SKM., M.Sc.Ph., Pelaksana Kemahasiswaan, Ibu Nurul Ummah S.Gz., panitia DEMA, bekerja sama pula dengan alumni yaitu Setiadi Kusuma Pratama, A.Md.Gz. serta dua orang narasumber yaitu Muhammad Syaeful Mujab, S.IP. dan Yasyfi Ridhowati, S.IP.

2

Pada hari pertama, peserta PMO diarahkan untuk memasuki laman Zoom Meeting dan melakukan presensi melalui Google Forms. Selanjutnya, acara dibuka oleh Ibu Susi Tursilowati, SKM., M.Sc.Ph. selaku ketua jurusan. Beliau berharap dengan adanya kegiatan PMO ini mahasiswa baru dapat termotivasi untuk ikut berorganisasi. Agar mahasiswa dapat memeroleh banyak pengalaman dan tidak hanya menjadi mahasiswa “kupu-kupu” dengan tetap menyeimbangkan antara kuliah dan organisasi.

Untuk memperkenalkan lembaga legislatif yang ada di Polkesmar, pembicara yang hadir yakni dari DPM dan FL2MI yang diwakili oleh Muhammad Daffa dan Faisal Adhi Nugroho. Dijelaskan mulai dari pengertian, kepengurusan, hak, serta fungsi dan tugasnya. Kemudian dilanjut dengan penyampaian mengenai peraturan seragam jurusan oleh Komisi II Dewan Mahasiswa.

3

Pembicara berikutnya merupakan Ketua BEM Universitas Indonesia tahun 2017 yaitu Muhammad Syaeful Mujab, S.IP. membawakan materi mengenai organisasi mulai dari pengertian dari organisasi hingga manfaat berorganisasi. Mengutip dari perkataan beliau, “Kalian hanya mampu mendapat nilai 4 dari kuliah, untuk membuatnya sempurna 96 nilai sisanya bisa kalian dapatkan melalui organisasi.” Acara diselingi dengan istirahat selama 30 menit dengan menonaktifkan kamera serta penayangan video kreatif juara ketiga yang dibuat oleh peserta. Kegiatan hari pertama ditutup dengan perkenalan panitia dan penayangan video kreatif juara kedua. Selanjutnya peserta diarahkan untuk mengisi bukti kehadiran melalui Google Forms dengan menyertakan bukti yang telah ditentukan panitia.

4

Seperti pada hari pertama, untuk hari kedua peserta juga diarahkan untuk memasuki laman Zoom dan mengisi presensi pada Google Forms terlebih dahulu. Pembicara pertama pada hari kedua yaitu Yasyfi Ridhowati, S.IP. Sempat menjadi koordinator MC Humas & Protokoler UGM 2019, di sini beliau membawakan materi berjudul “100% Public Speaking” meliputi komunikasi efektif, creating story, delivery story, dan kunci public speaking.

56

7

Setelah materi public speaking, mahasiswa baru diajak untuk belajar memecahkan permasalahan dan berani menyampaikan pendapatnya melalui persoalan kasus berupa video animasi yang berhubungan dengan sifat seorang organisator. Terdapat 3 persoalan kasus, peserta yang hendak menjawab dipersilakan menekan fitur raise hand dan mengaktifkan mikrofonnya, peserta yang berhasil menjawab akan mendapat hadiah. Selanjutnya yaitu penayangan video kreatif juara pertama sebagai hiburan.

8

Pembicara yang terakhir sebagai sesi sharing alumni yaitu Setiadi Kusuma Pratama, A.Md.Gz. merupakan alumni prodi D III Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang Tahun 2015. Beliau membagikan pengalamannya mulai dari alasan memilih jurusan gizi, pengalaman beliau sebagai Ketua DPM 2013 dan Gubernur HIMA 2014, suka dukanya selama berkuliah di jurusan gizi, hingga perjalanan mencapai kariernya yang sekarang.

Setiap pembicara selesai memaparkan materinya selanjutnya mahasiswa baru diberi kesempatan untuk bertanya melalui laman Pigeonhole yang disediakan oleh panitia dengan tautan www.pigeonhole.at/PMOGIZI atau melakukan scan pada kode QR yang tersedia

9

10

Untuk mengakrabkan suasana dilakukan sesi perkenalan beberapa mahasiswa baru yang dipilih berdasarkan unggahan twibbon terunik dan dilanjut dengan penyampaian kesan pesan peserta terhadap kegiatan PMO 2020 yang dipilih secara acak oleh panitia. Sebelum menutup acara, mahasiswa baru diberi tahu bahwa akan dilaksanakan sharing pembimbing masing-masing.

11

12        13

Mungkin Anda juga menyukai