Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Jurusan Gizi 2020

1

 

Pada Selasa, 28 Juli 2020 Poltekkes Kemenkes Semarang Jurusan Gizi bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi mengadakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Jurusan Gizi melalui daring dengan mengangkat tema “Bring Our Unity To Be The Next Generation Of Nutrionist” Kebijakan daring ini dikarenakan tidak memungkinkan untuk mengadakan secara offline di lingkungan kampus, mengingat daerah Semarang masih terdampak zona merah virus corona. PKKMB adalah kegiatan menyambut mahasiswa baru untuk lebih mengenal kehidupan dan mengetahui kampus yang akan mereka tempati selama berkuliah. Kegiatan ini diikuti Mahasiswa Baru Jurusan Gizi 2020 yang meliputi mahasiswa jalur Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP), Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Bersama (SIMAMA), Penerimaan Bibit Unggul Berprestasi (PBUB), Mandiri Portofolio, dan Mandiri Bidik KAMU. Sebanyak 26 panitia dilibatkan dalam acara ini yaitu 10 panitia dalam Semarang dan 16 panitia luar Semarang.  Pembagian panitia ini bertujuan agar memudahkan panitia berkoordinasi dengan pihak Jurusan Gizi.

56

Kegiatan PKKMB 2020 menggunakan sistem registrasi online dengan cara panitia mengadmit peserta satu persatu ke dalam zoom meeting. Tata tertib peserta yaitu wajib mengaktifkan kamera, mute audio dan membuat resume acara PKKMB Jurusan Gizi 2020. Peserta disambut dengan suguhan video tentang Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang, seperti penampilan tari, menyanyi, Hari Gizi Nasional 2020, Mas Mba Gizi 2020, Diesnatalis 2019 dan lain sebagainya. Ini bertujuan untuk memberikan gambaran awal terhadap mahasiswa baru untuk jurusan gizi. Kegiatan PKKMB 2020 dibuka oleh saudari Alnestasya Dini Setyawan selaku pembawa acara PKKMB 2020 dan pembacaan doa oleh saudara Aqim Faiz. Selanjutnya, peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Poltekkes Semarang, Hymne Poltekkes Semarang, Darah Juang, Totalitas Perjuangan dan Mars Gizi. Kemudian, perkenalan Panitia PKKMB 2020 dan perwakilan mahasiswa baru agar kedepannya acara tidak kaku dan canggung. Acara ini difokuskan agar mahasiswa baru mengenal kehidupan kampus dari mulai organisasi, Komunitas Kegiatan Mahasiswa (KKM), sistem perkuliahan dan lain sebagainya.

78

910

Pertama adalah perkenalan organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yaitu organisasi tertinggi yang ada di Poltekkes Kemenkes Semarang dengan pembicaranya adalah saudara Haidar Hayyun Tafrihan selaku Presiden BEM 2020. Selanjutnya, perkenalan organisasi Himpunan Mahasiswa (HIMA) dengan pembicara saudara Aqim Faiz dan saudari Afinsa Kumalasari Azzahro selaku Gubernur HIMA Prodi D3 dan STr Gizi tahun 2020. Ditengah acara di suguhkan video menarik agar mahasiswa tidak bosan mengikuti serangkaian acara hingga selesai. Perkenalan selanjutnya adalah organisasi Dewan Mahasiswa (DEMA) dengan pembicaranya saudari Novita Rahmiatri Wardaningrum dan Ratri Dhyanna Sekar Kinasih Kesdu selaku ketua DEMA Prodi D3 dan STr tahun 2020. Materi yang dijelaskan dalam pengenalan organisasi baik BEM, HIMA dan DEMA meliputi pengenalan organisasi, program kerja, staf organisasi, cara mendaftar organisasi tersebut serta berbagi pengalaman.

1112

Pengenalan lingkungan kampus disuguhkan melalui video, berisi tentang kegiatan Mahasiswa Jurusan Gizi saat mata kuliah berupa praktikum di laboratorium maupun teori di dalam kelas, tata letak ruangan di dalam kampus seperti laboratorium, perpustakaan, ruangan dosen, auditorium dan lain lain serta pengenalan seragam mahasiswa untuk kuliah. Tidak lupa untuk memperkenalkan secara singkat tentang pengelola di dalam kampus mulai dari dosen dan staff di bawahnya. Adapun penjelasan tentang sistem perkuliahan di Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang dengan pembicaranya saudara Hanif Nizar Syafi’i. Menuju penghujung acara, mahasiswa baru dipersilahkan untuk beristirahat sejenak seperti solat, makan dan lain lain dengan tetap join pada zoom meeting, mematikan kamera dan mute audio. Acara dilanjutkan dengan pengenalan Komunitas Kegiatan Mahasiswa (KKM) seperti futsal, Ikatan Persaudaraan Mahasiswa Muslim (IKRAM), Gita Svasta Harena (GSH), voli, badminton, Nutrition English Club (NEC), pramuka, tari tradisional dan tari modern oleh masing masing ketua KKM. Setiap KKM menampilkan video yang menarik berisi kegiatan saat KKM dan ajakan agar mahasiswa baru tertarik bergabung sebagai penerus dan pengurus KKM kedepannya. KKM ini bertujuan untuk menggali dan mengembangkan bakat mahasiswa yang diharapkan dapat menoreh prestasi yang lebih banyak dan membanggakan nama Jurusan Gizi Poltekkes Semarang. Mahasiswa tidak diwajibkan untuk mengikuti KKM, tetapi lebih baik untuk mengikutinya karena KKM ini akan mengeluarkan Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM) yang nantinya berguna untuk syarat kelulusan.

13

14

PKKMB 2020 tidak berakhir sampai hari ini, namun masih ada serangkaian selanjutnya seperti Browniz Alumni Sharing Jurusan Gizi, Welcome Party dan Pelatihan Manajemen Organisasi (PMO). Berhubungan dengan PMO yang diselenggarakan oleh DEMA, perwakilannya yaitu saudari Febby Diah Cahyaningtyas dan Eka Indriyani selaku Wakil Ketua DEMA Prodi D3 dan STr menjelaskan tugas terkait PMO agar mahasiswa baru tidak tergesa-gesa untuk menyelesaikan tugasnya. Pada setiap sesi, panitia mempersilahkan mahasiswa baru untuk bertanya terkait materi yang sudah di jelaskan melalui pigeon hole. Sistemnya adalah pertanyaan yang di ajukan mahasiswa baru akan dipilih sesuai vote tertinggi. Selanjutnya, sesi tanya jawab kepada yang bersangkutan.

Dengan izin Tuhan Yang Maha Esa, acara PKKMB 2020 selesai tanpa ada kendala yang serius. Acara ini merupakan pengalaman sekaligus pembelajaran yang baru untuk Panitia PKKMB 2020 dan Mahasiswa Baru 2020. Diharapkan acara ini dapat mengakrabkan satu sama lain dan mahasiswa baru dapat mengenal kehidupan kampus Jurusan Gizi.

Mungkin Anda juga menyukai