Wisata Ilmi 2020

1

 

Pandemi covid 19 merupakan sebuah wabah yang tidak bisa kita tolak.  Pandemi covid mengharuskan kita untuk membatasi kegiatan – kegiatan yang berkerumun. Mulai dari perkumpulan rutin, olahraga, festival, bahkan kajian berbasis agama.  Namun hal tersebut tidak membatasi Himpunan Mahasiswa Prodi Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang untuk berinovasi dalam menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat, yaitu dengan menyelenggarakan Kegiatan Wisata Ilmi pada hari Minggu, 30 Agustus 2020 yang mengusung tema “Spirit Hijrah Generasi Millenial di Tengah Pandemi Covid 19” . Tema tersebut dimaksudkan agar  generasi milenial tetap memiliki semangat untuk berhijrah yaitu berpindah dari yang sebelumnya ke hal yang lebih baik. Pandemi bukan menjadi  penghalang  para generasi millennial untuk tetap taat pada ajaran agama islam.

Media yang digunakan dalam Kegiatan Wisata Ilmi ialah Zoom dan Youtube. Jumlah peserta yang hadir  sebanyak 370 orang, baik yang  hadir melalui zoom meeting maupun streaming melalui Youtube, yang terdiri dari mahasiswa jurusan gizi, dosen dan staf serta peserta umum,. Kegiatan Wisata Ilmi dibuka oleh saudari Multazam Sidiq selaku pembawa acara  dan dilanjutkan pembacaan Tilawah dan sari Tilawah oleh saudara Anis Fauzia sebagai juara 1 lomba Tilawah Campus 3 Cup tahun 2020.

2

Sebelum kajian dimulai, sambutan diawali oleh ketua panitia yaitu saudara Ana Nur Fatimah dan sambutan ketua Jurusan Gizi Ibu Susi Tursilowati, SKM, M.Sc. Memasuki acara inti yang dibuka oleh Ardita Tri Rahmasari yang merupakan Mahasiswa Berprestasi POLKESMAR 2020. Narasumber dalam acara ini yaitu Ustadz Enjang Burhanudin Y,SS.,M.Pd yang merupakan Dosen IAIN Purwokerto dan pengurus pondok pesantren Darusallam Purwokerto.

Kajian berlangsung dengan khidmat dan diskusi berjalan  secara interaktif, intisari dari kajian yang telah disampaikan pada acara wisata ilmi adalah, Hijrah hukumnya fardhu ain adalah menuju Allah SWT tidak hanya jasadnya melainkan juga hatinya. Hijrah kepada Allah SWT dan rasul-Nya adalah tuntutan secara eksplisit terhadap manusia untuk membulatkan hati semata – mata untuk Allah dan larangan secara implisit untuk memberikan hati untuk segala hal duniawi. Dan sejatinya dari hijrah adalah perpindahan dari sesuatu yang gelap menuju keterangan, dalam kondisi hati semata mata kepada Allah bukan selain – Nya.

3

Sebagai penutup acara  kegiatan Wisata Ilmi adalah Doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Enjang.  Dengan izin Allah Subhanahu Wa Ta’alla acara Wisata Ilmi berjalan sesuai harapan, tanpa kendala yang berarti. Acara ini merupakan pengalaman sekaligus pembelajaran yan

Sebagai penutup acara  kegiatan Wisata Ilmi adalah Doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Enjang.  Dengan izin Allah Subhanahu Wa Ta’alla acara Wisata Ilmi berjalan sesuai harapan, tanpa kendala yang berarti. Acara ini merupakan pengalaman sekaligus pembelajaran yang baru untuk Himpunan Mahasiswa Prodi Gizi selaku panitia peneyelenggara. Semoga ke depan HIMA dapat menyelengggarakan kegiatan yang lebih baik dan bermanfaat untuk semua.

g baru untuk Himpunan Mahasiswa Prodi Gizi selaku panitia peneyelenggara. Semoga ke depan HIMA dapat menyelengggarakan kegiatan yang lebih baik dan bermanfaat untuk semua.

Mungkin Anda juga menyukai