Forum Silaturahmi 2021

Forum Silaturahmi (Fosil) merupakan program kerja baru yang dijalankan oleh Dewan Mahasiswa (Dema) Jurusan Gizi. Kegiatan Fosil dilaksanakan oleh Dema Jurusan Gizi bersama Dema Jurusan Analis Kesehatan. Kegiatan ini, bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar Dewan Mahasiswa tiap jurusan, bertukar pikiran, pengalaman, pembahasan mengenai IOM, membahas tugas dari masing-masing komisi, evaluasi kinerja Dema, dan pelaksanaan proker-proker Dema kampus 1 sampai 9 Poltekkes Kemenkes Semarang. Selain itu, dapat juga bertukar informasi dan ilmu perihal pengalaman berorganisasi khususnya sebagai anggota Dewan Mahasiswa, sehingga dapat menambah pengetahuan, bahan pertimbangan dan evaluasi dalam menyusun program kerja yang akan datang.

Pada tahun ini, Fosil mengangkat tema “Suarakan Aspirasi, Saling Menginspirasi, Wujudkan Badan Legislatif Yang Bersinergi”. Untuk kesempatan kali ini, Fosil diadakan dengan metode daring yang dilaksanakan pada tanggal 17 April 2021 melalui Zoom Meeting.

Peserta yang ikut sebanyak 75 orang yang terdiri dari 25 Dema pada masing-masing jurusan kampus Poltekkes Kemenkes Semarang, dimana tiap jurusan mengirimkan 3 mahasiswa sebagai perwakilan. Kegiatan Fosil dihadiri oleh Ketua Jurusan Gizi, Ibu Susi Tursilowati SKM. M.Sc PH dan Ketua Jurusan Analis Kesehatan, Bapak Teguh Budiharjo, STP., M.Si, Kemahasiswaan Jurusan Gizi dan Pengurus Dema Kampus 3.

Kegiatan Forum Silaturahmi melalui media Zoom Meeting diawali dengan penampilan video jingle poltekkes semarang kemudian dibuak oleh MC dan  pembacaan susunan acara yang dilanjutkan sambutan oleh Ketua Panitia  Euis Novita Ratnasari dilanjutkan Ketua Jurusan Gizi Ibu Susi Tursilowati SKM. M.Sc PH dan Bapak Teguh Budiharjo, STP.,M.Si selaku Ketua Jurusan Analis Kesehatan. Kemudian dilanjutkan sesi foto bersama panitia dan seluruh peserta FOSIL 2021.

Memasuki acara inti yaitu Pembahasan pembagian dana IOM (Iuran Organisasi Mahasiswa) per program kerja, Ketua Dema Jurusan Gizi dan Analis Kesehatan secara bergantian memaparkan pembagian IOM pada setiap program kerja yang telah dilaksanakan maupun yang masih akan dilaksanakan. Kemudian acara dilanjutkan dengan Bedah Komisi, yang disampaikan oleh Ketua Dema Jurusan Gizi dan Analis Kesehatan secara bergantian memaparkan tugas dan tanggung jawab dari masing-masing komisi. Disela-sela acara seluruh peserta FOSIL 2021 melakukan ice breaking yang dipandu oleh moderator. Acara selanjutnya adalah Bedah Proker. Ketua Dema masing-masing jurusan memaparkan seluruh program kerja yang dilaksanakan selama 3 periode. Ketua Dema juga menjelaskan masing-masing program kerja dan bagaimana proses program kerja tersebut dilaksanakan.

Setiap Ketua Dema Jurusan Gizi dan Analis Kesehatan selesai memaparkan materinya, selanjutnya peserta diberi kesempatan untuk bertanya secara langsung maupun lewat link pigenhole, ataupun menanggapi dan berbagai informasi terkait pembagian IOM, tugas dan tanggungjawab tiap komisi serta mengenai program kerja masing-masing Dema di jurusan lain, sehingga bisa dimungkinkan untuk menerapkan atau mengadopsi hal-hal yang menarik yang dilakukan oleh Dema Jurusan lain.

Pada akhir acara Dema masing masing jurusan juga mendapatkan e-book yang berisi kumpulan pemaparan pembagian IOM, proker, dan komisi. Selama kegiatan berlangsung peserta melakukan presensi pada awal kegiatan dan mengisi evaluasi kegiatan di akhir kegiatan. Para peserta banyak yang memberikan feedback positif dan sangat mengapresiasi kegiatan Fosil dengan baik. Menurut beberapa peserta kegiatan ini dapat memberikan wadah bagi Dema seluruh jurusan untuk bertukar pendapat dan solusi dari setiap masalah yang dihadapi dengan pikiran terbuka serta tidak menimbulkan konflik yang berarti. Dengan adanya evaluasi ini dapat dijadikan sebagai referensi dan perbaikan untuk pelaksanaan Fosil di tahun kedepannya agar dapat berjalan lebih baik lagi.

Mungkin Anda juga menyukai