Nutrition Creative Competition (NEON) 3.0

NUTRITION CREATIVE COMPETITION 3.0 (NEON)

“Get a Better Life with Healthy Diet”

Nutrition Creative Competition (NEON) merupakan program kerja yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang dalam rangka memperingati Dies Natalis Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Tahun ini merupakann tahun ketiga diadakannya NEON, sehingga dinamakan dengan NEON 3.0. Pada tahun ini, NEON mengusung tema “Get a Better Life with Healthy Diet”. Diangkatnya tema tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam penerapan hidup sehat dengan mengubah kebiasaan makan. Selain itu, diharapkan masyarakat dapat mengetahui serta menerapkan diet sehat yang benar sebagai salah satu upaya pencegahan PTM (Penyakit Tidak Menular).

 Rangkaian acara NEON 3.0 dimulai dengan diadakannya berbagai lomba tingkat nasional dan diakhiri dengan seminar nasional berupa NEON Talk yang sekaligus menjadi acara puncak NEON 3.0. Perlombaan yang diadakan pada tahun ini diantaranya adalah lomba cipta resep, infografis, dan video tiktok competition. Seluruh kegiatan perlombaan tersebut dimulai pada tanggal 27 Oktober hingga 26 November 2022. Sasaran lomba cipta resep merupakan mahasiswa DIII/DIV/S1 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Sedangkan lomba infografis dan video tiktok competition ditujukan untuk siswa SMA dan mahasiswa DIII/DIV/S1 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang sebagai panitia dalam kegiatan ini, mengundang juri nasional yang ahli dalam bidangnya untuk menilai seluruh karya peserta hingga menentukan pemenang untuk setiap cabang lomba.

Tanggal 26 November 2022 merupakan acara puncak NEON 3.0 dengan diadakannya seminar nasional berupa NEON Talk. Kegiatan NEON Talk diselenggarakan pada pukul 08.00 WIB – 11.40 WIB dengan mengundang pembicara nasional, diantaranya yaitu Bapak Tony Arjuna MND, Ph.D, AN, APD,  yang merupakan seorang dosen Jurusan Gizi di Universitas Gadjah MadaKak Putri Miftahul Jannah, S.Gz, yang merupakan Influencer dan Health Care Professionals recomendation di Nestle Science Product, Ibu Esti Nurwanti, S.Gz, RD, MPH, pH.D yang berprofesi sebagai Nutritionist sekaligus Founder Gizi Nusantara, dan Ibu Ana Yuliah Rahmawati, S.Gz, M. Gizi selaku Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Kegiatan Neon Talk 3.0 diikuti oleh 1300 pendaftar dan dihadiri oleh 800 peserta yang bergabung melalui zoom meetings dan laman youtube Jurusan Gizi Polkesmar.

Kegiatan NEON 3.0 diawali dengan pembukaan pada pukul 08.00 yang dipandu oleh Kafka Nafisyah dan Dianita Nurjanah sebagai MC Neon Talk 3.0. Kemudian acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Hymne Poltekkes Kemenkes Semarang, serta Mars Gizi. Selanjutnya yaitu pembacaan doa yang dipimpin oleh Muhammad Hafidh Murtadlo. Selanjutnya dilaksanakan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Bapak Dr. Marsum, BE., S. Pd., MHP selaku direktur Poltekkes Kemenkes Semarang sekaligus membuka acara Neon Talk 3.0. Sambutan dilanjutkan oleh Putri Asriana selaku ketua panitia dan Ibu Susi Tursilowati, SKM., M.ScPH selaku ketua Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Acara dilanjutkan dengan prosesi pemotongan tumpeng dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-32 Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang, dan penayangan video persembahan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang, civitas akademika jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang, hingga Bapak Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah.

Setelah penayangan video persembahan, acara dilanjutkan pada kegiatan inti dari Neon Talk 3.0 yaitu penyampaian materi dan diskusi bersama dengan para narasumber. Acara inti terdiri dari 2 panel. Panel pertama dimulai pada pukul 08.30 WIB yang dipandu oleh moderator panel 1 yaitu Ibu Ria Ambarwati, SKM, M.Gizi,  dengan pembicara pertama Bapak Tony Arjuna MND, Ph.D, AN, APD, yang membawakan materi dengan tema “Pengenalan Diet Sehat“ . Kemudian pembicara kedua, Kak Putri Miftahul Jannah, S.Gz  yang membawakan materi dengan tema “Application of a healthy diet for teenagers to prevent health problem”. Materi yang diberikan oleh pemateri sangat menarik yang membahas mengenai diet sehat yaitu pada pembicara pertama memfokuskan pada pengenalan diet sehat, kemudian dilanjut oleh pembicara kedua membahas mengenai penerapan diet sehat untuk mencegah obesitas. Pada sesi berikutnya dilaksanakan diskusi dengan tanya jawab melalui pigeonhole.

Kegiatan dilanjutkan dengan memasuki panel 2 yang dipimpin oleh Ibu Natalia Desy Putriningtyas, S.Gz, M.Gizi selaku moderator ang dimulai pada pukul 10.00 WIB. Pembicara pada panel kedua yaitu Ibu Esti Nurwanti, S.Gz, RD, MPH, pH.D dengan materi yang dibawakan yaitu “Sorting Diet With Proper Nutrition For a Healthier Life”, kemudian dilanjutkan oleh pembicara kedua yaitu Ibu Ana Yuliah Rahmawati, S.Gz, M.Gizi  dengan materi yang dipaparkan yaitu “Penyajian Diet Sehat dalam Bentuk One Dish Meal”. Kedua pembicara pada panel 2 menyampaikan materi dengan luar biasa, kemudian dilanjutkan sesi diskusi melalui link pigeonhole dengan beberapa pertanyaan yang ditujukan kepada pembicara pada panel 2 yang dipandu oleh moderator. Pada akhir sesi masing-masing panel 1 dan 2 diberikan penyerahan sertifikat sebagai bentuk apresiasi yang disampaikan secara virtual oleh moderator kepada pembicara.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba Neon 3.0 sebagai berikut.

  • Lomba Infografis
  • Lomba Cipta Resep
  • Lomba Video Tiktok Competition

Setelah pembacaan pemenang lomba NEON 3.0, kegiatan dilakukan dengan kuis, dan kegiatan diakhiri dengan penutupan dan penayangan video persembahan Tari Gambyong oleh KKM Tari Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Siaran ulang kegiatan Neon Talk 3.0 dapat diakses melalui link youtube berikut https://youtu.be/2Padd4h__RQ.

Mungkin Anda juga menyukai