Wawancara oleh TVRI Jawa Tengah kepada Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang, dalam rangka Peringatan hari gizi nasional ke-63

Peringatan hari gizi nasional ke 63 pada tanggal 25 Januari 2023 bertema “Protein Hewani Cegah Stunting”; Slogan “Protein Hewani Setiap Makan” dan “Isi Piringku Kaya Protein Hewani.” Pada peringatan ini, Kemenkes RI menyampaikan hasil prevalensi stunting berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, dimana prevalensi stunting di Indonesia masih cukup tinggi, yaitu 20,8% menurun 0,1% dari tahun 2021 20,9%. Walaupun prevalensi stunting menurun, kondisi ini masih cukup memprihatinkan dan perlu mendapatkan perhatian penuh dari berbagai pihak.

Dosen Jurusan Gizi, Dr. Heni Hendriyani, SKM, MPH dalam kesempatan wawancara yang dilakukan oleh TVRI Jawa Tengah menyampaikan “Banyak faktor terjadinya stunting di Indonesia, masih belum terpenuhinya gizi seimbang di masyarakat karena kurangnya pengetahuan dan perilaku hidup yang tidak sehat. Gizi seimbang yang mencakup jumlah, jenis dan frekuensi yang benar. Selain itu anak usia 0 sd 23 bulan merupakan usia anak yang sangat penting dan rentan. Selain peran dari dinas Kesehatan, Puskesmas dan Posyandu yang memang bertugas memantau pertumbuhan balita, peran remaja putri dan Ibu Rumah Tangga juga sangat penting untuk kecukupan gizi”.

Beliau juga menyampaikan bahwa penanganan stunting tidak hanya dilakukan oleh Ahli Gizi, namun juga membutuhkan peran serta dari masyarakat. “Untuk masyarakat dalam membantu program pemerintah perlu menyertakan protein hewani dalam makanan sehari-hari, khususnya untuk balita dimasa pertumbuhan perlu menyertakan protein hewani seperti telur, ayam, daging dan sejenisnya”.

Asupan protein hewani memiliki peran penting dalam penurunan stunting, berdasarkan studi yang dilakukan oleh Headey et.al (2018) menyatakan bahwa ada keterkaitan antara asupan protein dengan kejadian stunting. Protein hewani yang dikonsumsi dapat berupa telur, daging/ikan dan susu atau produk olahannya (keju, yogurt, dll).

Tema pada peringatan Hari Gizi Nasional ke 63 ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konsumsi bahan makanan sumber protein hewani untuk membantu Pemerintah dalam program penanganan stunting di Indonesia. Kegiatan ini diperingati setiap tanggal 25 Januari dengan banyak harapan agar mampu menjadi salah satu momentum berharga bagi tenaga gizi di Indonesia untuk selalu meningkatkan kepedulian untuk menciptakan gaya hidup gizi seimbang sesuai isi piringku.

Mungkin Anda juga menyukai