Studi Banding Dema Gizi 2023

 “Building Better Relationship and Exchanging Ideas to Improve Institutional Quality

Studi Banding (Stuba) merupakan program kerja Dewan Mahasiswa Jurusan Gizi yang bertujuan sebagai sarana pertukaran pikiran, informasi, dan kreativitas anggota organisasi Dewan Mahasiswa yang diharapkan bermanfaat untuk seluruh anggota organisasi yang terlibat. Serangkaian acara Studi Banding ini dilaksanakan secara online/daring pada hari Sabtu, 10 Juni 2023 menggunakan platform Zoom Meeting. Kami mengadakan Studi Banding yang bekerja sama dengan Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Jurusan Gizi dari Poltekkes Kemenkes Bandung.Kegiatan ini mengusung tema Building Better Relationship and Exchanging Ideas to Improve Institutional Quality yang memiliki makna menjalin sebuah tali silaturahmi, bertukar pikiran, dan saling berbagi pengalaman yang diharapkan dapat diterapkan dalam etika Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang yang juga bermaksud untuk meningkatkan inovasi serta wawasan baik dari anggota organisasi Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang maupun Poltekkes Kemenkes Bandung.

Pelaksanaan kegiatan diawali dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Gizi, pembukaan dan sambutan dari ketua panitia, lalu dilanjutkan sambutan dari ketua umum BPM Poktekkes Bandung, saudari Azahra Mutiarany. Selanjutnya, sambutan dari Ibu Yenny Moviana, MND.,RD., selaku Ketua Jurusan Gizi Poltekkes Bandung, serta sambutan dari Ibu Susi Tursilowati, SKM., MSc.PH, selaku ketua Jurusan Gizi Poltekkes Semarang. Kemudian dilanjutkan penyerahan secara simbolis kenang-kenangan berupa plakat. Dilanjutkan dengan foto bersama.

Acara selanjutnya yakni pemutaran video program kerja Dema Jurusan Gizi Polkesmar, dilanjutkan penyampaian materi program kerja dari Dema Gizi Poltekkes Semarang. Kegiatan selanjutnya yaitu pemutaran video proker Dema Gizi Poltekkes Bandung dilanjutkan pemaparan materi. Materi yang dipaparkan berupa struktur kepengurusan hingga program kerja yang dijalankan. Terdapat perbedaan penamaan struktur kepengurusan antara BPMJ Gizi Poltekkes Bandung dengan Dema Gizi Poltekkes Semarang, namun pada dasarnya memiliki tugas pokok dan kewenangan yang hampir sama. Dari segi program kerja, terdapat perbedaan dalam kegiatan penyampaian aspirasi, yang mana pada BPM Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Bandung penyampaian aspirasi dilakukan oleh mahasiswa, dosen, dan tenaga penunjang serta sudah dilaksanakan secara offine. Saat berlangsungnya acara, para peserta memperhatikan dengan saksama materi yang disampaikan. Setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab ini, peserta studi banding sangat bersemangat untuk mendapatkan informasi lebih dalam mengenai program kerja yang dilakukan, seperti pertanyaan tentang bagaimana pelaksanaan sarasehan dan pertanyaan terkait pelaksanaan sidang LPj. Setelah kegiatan tanya jawab dilakukan ice breaking agar tercipta suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan. Pada akhir acara, Dema Gizi Poltekkes Semarang mengucapkan terima kasih sebanyak banyaknya kepada BPM Poltekkes Bandung karena telah bersedia untuk mengikuti acara Studi Banding kali ini.

Serangkaian acara studi banding berjalan dengan lancar. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme kedua belah pihak dalam memperhatikan penyampaian materi, mengajukan pertanyaan, dan melibatkan diri dalam berdiskusi. Kegiatan Studi Banding ini sangat berkesan karena dapat memberikan kesempatan untuk belajar dari praktik terbaik dan pengalaman antar organisasi dalam bidang yang serupa, sepertihalnya dengan mengetahui bagaimana BPM Jurusan Gizi menjalankan setiap kegiatan yang diadakan, dapat mengidentifikasi peluang perbaikan dan mengadopsi ide-ide inovatif untuk meningkatkan kinerja organisasi. Dengan diadakannya studi banding, dapat membantu dalam memecahkan masalah atau tantangan, seperti halnya BPM Jurusan Gizi Poltekkes Bandung yang belajar bagaimana melaksanakan kegiatan studi banding kepada Dema Gizi Poltekkes Semarang karena akan melaksanakan program kerja studi banding untuk pertama kalinya. Dapat membangun rasa solidaritas di mana anggota saling mendukung dan mendorong satu sama lain untuk mencapai tujuan yang sama. Dengan demikian studi banding ini dapat mempererat tali persaudaraan antar organisasi Dewan Mahasiswa jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang dengan BPM Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Bandung. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dikembangkan dan diteruskan pada tahun-tahun berikutnya.

Mungkin Anda juga menyukai