Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru 2023

“Start Action, Create a Highly Integrated Young Generation”

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi dalam rangka menyambut dan memperkenalkan mahasiswa baru mengenai keadaan Kampus Poltekkes Kemenkes Semarang khususnya di lingkungan Jurusan dan Prodi Gizi. Tujuan diadakan PKKMB untuk mahasiswa baru adalah sebagai masa orientasi dan kegiatan awal sebelum proses belajar dan perkuliahan berlangsung bagi mahasiswa baru. Acara PKKMB Jurusan Gizi dilaksanakan di setiap awal semester ganjil.

Pada kesempatan kali ini, Himpunan Mahasiswa mengadakan PKKMB Jurusan Gizi secara hybrid dengan kegiatan Welcome Party selama dua hari. Acara Welcome Party hari pertama yaitu penyampaian materi oleh beberapa dosen jurusan gizi dan sharing session yang diisi oleh alumni mahasiswa jurusan gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Materi pertama adalah pengenalan staff dan dosen jurusan gizi yang disampaikan oleh Bapak Setyo Prihatin, DCN, M.Sc selaku Ketua Jurusan Gizi. Pengenalan program studi Gizi Program Diploma Tiga disampaikan oleh Bapak Yuwono Setiadi, SST, M.Gz selaku Ketua Program Studi, sedangkan pengenalan program studi Gizi dan Dietetika Program Sarjana Terapan disampaikan oleh Ibu Dr. Heni Hendriani, SKM, MPH selaku Ketua Program Studi. Penjelasan mengenai layanan akademik seperti Simadu, HELTI, dan SSO disampaikan oleh Ibu Meirina Dwi Larasati, SST, M.Gz dan Ibu Yuniarti, S.Gz, MPH. Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan layanan akademik serta penjelasan laboratorium. Pada PKKMB kali ini diadakan pula simulasi bimbingan bersama Dosen Pembimbing Akademik dan Campus Tour agar mahasiswa baru semakin memahami proses pembelajaran di Jurusan Gizi. Welcome Party hari pertama, ditutup dengan Sharing Session bersama alumni mahasiswa gizi yaitu pada DIII kak Hemas Asyifa Dewanti, A.Md. Gz sebagai owner Idea Catering, pada str ada kak Mitha Diana Puspitarini S.Tr. Gz yang bekerja di Puskesmas Krobokan Semarang  Dan pada profesi dietisien kak Hayati, S.Gz., Dietisien yang bekerja di RS Azizah Metro

Sebagian besar kegiatan PKKMB pada hari kedua merupakan pengenalan organisasi – organisasi yang ada di Jurusan Gizi dan Poltekkes Kemenkes Semarang. Namun, sebelum masuk pada acara inti, mahasiswa baru juga mendapat materi mengenai layanan perpustakaan Kampus 3 dan layanan klinik pratama yang bertempat di Kampus 1 Poltekkes Kemenkes Semarang yang dipaparkan oleh Bapak Joko Budhi Santoso, A.Md. Pengenalan organisasi diawali dengan organisasi Persatuan Ahli Gizi Indonesia yang dihadiri oleh Bapak Bambang Supangkat, SKM, M.Si, kemudian dilanjutkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa, Dewan Mahasiswa, Ikatan Keluarga Mahasiswa Diploma Gizi Indonesia, dan Himpunan Mahasiswa. Sebagai penutup kegiatan PKKMB Jurusan Gizi, diadakan pembagian reward kepada beberapa mahasiswa baru. Selain itu, diadakan pula pemilihan duta PKKMB 2023.

Mungkin Anda juga menyukai