International Online Nutrition Seminar (IONS) 2023

“Prenatal Intervention In Stunting With Balance Nutrition As A Quality Generation Investment”

International Online Nutrition Seminar 2023 (IONS) merupakan program kerja yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang dari Divisi Penelitian dan pengembangan adalah seminar internasional yang diselenggarakan secara online yang dilaksanakan pada Sabtu , 16 September 2023 yang membahas mengenai stunting dengan tema “Prenatal Intervention In Stunting With Balance Nutrition As A Quality Generation Investment’’. Kegiatan ini adalah suatu upaya untuk mengembangkan pengetahuan, menambah wawasan bagi mahasiswa dan dihadiri oleh dosen, tenaga kependidikan, dan masyarakat umum, serta menyebar relasi antar beberapa negara. International Online Nutrition Seminar 2023 (IONS) diselenggarakan pada pukul 07.00 WIB – 11.45 WIB dengan mengundang pembicara dari 4 negara yaitu :

  • Anuraj H. Shankar, Dsc dari USA
  • Mildred Ocampo Guirindola, M.Sc dari Filipina
  • Yasmin Ooi Beng Houi dari Malaysia
  • Dr. Kun Aristiati, SKM.,M.Kes dari Indonesia

Pada event IONS 2023 terdapat 2 panel dengan panel l pertama yang dimulai pada pukul 07.45 WIB yang dipandu oleh moderator panel 1 yaitu Elsa Maulina Sofria, Amd. Gz, memimpin jalannya panel 1 dengan pembicara pertama Dr. Anuraj H. Shankar, Dsc dari USA yang membawakan materi dengan tema “Do Effects of Early Life Interventions on Linear Growth Correspond to Effects on Neurobehavioural Development?” Kemudian dilanjutkan dengan pembicara kedua Dr. Mildred Ocampo Guirindola, M.Sc dari Filipina yang membawakan materi dengan tema “Childhood stunting: mother’s knowledge, determinants and drivers of decline”. Materi yang diberikan oleh pemateri sangat menarik yaitu pada pembicara pertama memfokuskan pada efek intervensi kehidupan awal pada pertumbuhan, kemudian dilanjut oleh pembicara kedua membahas mengenai pengaruh pengetahuan ibu terhadap stunting. Pada sesi berikutnya yaitu dilaksanakan diskusi dengan tanya jawab yang dibacakan moderator melalui link pigeon hole dan tanya jawab langsung melalui zoom meeting. Sebelum beralih ke panel 2 terdapat ice breaking berupa kuis dan juga penayangan video persembahan dari GITA SVASTHA HARENA yang dipersilahkan oleh MC. Dalam ice breaking terdapat pemenang quiz yang diperoleh oleh 3 orang yaitu Fifi, Fitria, dan Nabila. Ketiga pemenang tersebut nantinya akan mendapatkan reward pada akhir acara yang akan diumumkan oleh MC.

Panel 2 yang dipimpin oleh moderator kedua yaitu Arvina Dian Wahyu P, S.Tr.Gz yang dimulai pada pukul 10.23 WIB dengan pembicara ketiga yaitu Dr. Yasmin Ooi Beng Houi dari Malaysia yang membawakan materi dengan tema ”The Importance of Multiple Micronutrient Supplementation During Pregnancy to Prevent Stunting”, kemudian dilanjutkan oleh pembicara keempat yaitu Dr. Kun Aristiati, SKM.,M.Kes dari Indonesia dengan materi yang dipaparkan yaitu “The Importance of Nutritional Counselling and Education among Women of Reproductive Age and Pregnancy women.” Kedua pembicara pada panel 2 menyampaikan materi dengan luar biasa yaitu pada pembicara pertama memfokuskan pada pentingnya suplementasi dari berbagai mikronutrien, dan dilanjut pembicara kedua yang membahas mengenai pentingnya konseling gizi pada wanita hamil dan juga wanita usia subur. Kemudian dilanjutkan sesi diskusi melalui link pigeon hole dan tanya jawab langsung melalui zoom meeting dengan beberapa pertanyaan yang ditujukan kepada pembicara pada panel 2 yang dipandu oleh moderator. Pada akhir sesi masing- masing panel 1 dan 2 diberikan penyerahan sertifikat sebagai bentuk apresiasi yang disampaikan secara virtual oleh moderator kepada pembicara. Acara diakhiri dengan ucapan terimakasih kepada para pembicara dan partisipasi.

Mungkin Anda juga menyukai