Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendampingan Kader Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM)

Di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang

Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang (Polkesmar) melakukan kegiatan Pendampingan Kader Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) di Wilayah Kecamatan Pedurungan Kota Semarang

Kegiatan pendampingan ini merupakan bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat skema Program Kemitraan Wilayah (PKW) Poltekkes Kemenkes Semarang.

Kegiatan pendampingan dan pelatihan ini melibatkan kader kelurahan palebon, kelurahan tlogosari wetan dan kelurahan pedurungan Tengah dan tenaga medis Puskesmas Tlogosari Wetan. Tim pendamping dosen Jurusan Gizi Polkesmar terdiri dari Susi Tursilowati SKM, M.Sc.PH; Sri Noor Mintarsih, SKM, M.kes ; Dr. Kun Aristiati Susiloretni, SKM, M.Kes ;  Ria Ambarwati, SKM, M.Gizi ; Suharto, S.Pd, MN dan dibantu oleh mahasiswa sedangkan tim dari Puskesmas Tlogosari Wetan yaitu dr. Veronika Melita Kurniawati, Hilyatus Sofnaah dan Martini

Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) merupakan wadah peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor resiko PTM yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodik.

“Diharapkan dengan terbentuknya Posbindu di kelurahan palebon, kelurahan tlogosari wetan dan kelurahan pedurungan Tengah bisa membantu dalam pemantauan deteksi dini factor resiko PTM di masing-asing wilayah”, jelas Ketua Tim Pelaksana Susi Tursilowati (23/09/2023)

Ia menambahkan, salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan penyakit tidak menular adalah dengan memberikan pendampingan dan pelatihan kepada kader mengenai Posbindu PTM.

Sasaran utama kegiatan Posbindu PTM adalah penerima langsung manfaat pelayanan yang diberikan yaitu masyarakat sehat, masyarakat berisiko dan masyarakat penyandang PTM, berusia mulai dari 15 tahun keatas.

“Kami berterimakasih atas terbentuknya Posbindu diwilayah Puskesmas Tlogosari Wetan sangat membantu fasilitas Kesehatan Masyarakat, semoga dapat terus berkembang di kelurahan lainnya” Ujar kepala Puskesms Tlogosari Wetan dr. Veronika Melita Kurniawati.

Kegitan Pengabdian kepada Masyarakat ini dimulai dari pertanyaan pre test dilanjut dengan pemberian edukasi mengenai penyakit tidak menular, program posbindu (kegiatan, simulasi & praktik pemeriksaan kesehatan), dan pengukuran antropometri & konseling gizi serta ditutup dengan post test.

Hasil dari pertanyaan pretest dan post test menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan kader sebesar  8,92% setelah diberikan edukasi. Diharapkan setelah diberikan edukasi kader dapat melaksanakan Posbindu PTM dimasing-masing lokasi.

Pelaksaan Pendampingan Posbindu PTM di Kelurahan Palebon Rw 2 dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2023

Pelaksaan Pendampingan Posbindu PTM Kelurahan Tlogosari wetan Rw 2 pada tanggal 13 oktober 2023

Pelaksaan Pendampingan Posbindu PTM Kelurahan Pedurungan Tengah Rw 10 pada tanggal 4 November 2023

Mungkin Anda juga menyukai