Nutrition Creative Competition 4.0 (NEON)

“A Quality Improvement to Optimizing Treatment for Diabetes Mellitus”

Nutrition Creative Competition (NEON) merupakan program kerja yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang dalam rangka memperingati Dies Natalis Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Tahun ini merupakan tahun keempat diadakannya NEON, sehingga dinamakan dengan NEON 4.0. Pada tahun ini, NEON mengusung tema “A Quality Improvement to Optimizing Treatment for Diabetes Mellitus”. Diangkatnya tema tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai diabetes mellitus serta salah satu bentuk usaha untuk meningkatkan kualitas perawatan dalam rangka mengoptimalkan pengobatan diabetes mellitus.

Rangkaian acara NEON 4.0 dimulai dengan diadakannya berbagai lomba tingkat nasional dan diakhiri dengan seminar nasional berupa NEON Talk yang sekaligus menjadi acara puncak NEON 4.0. Perlombaan yang diadakan pada tahun ini diantaranya adalah lomba Cipta Resep, Infografis, dan Dietetic Contest. Seluruh kegiatan perlombaan tersebut dimulai pada tanggal 22 Oktober hingga 26 November 2023. Sasaran lomba cipta resep merupakan mahasiswa DIII/DIV/S1 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Lomba infografis ditujukan untuk siswa SMA/SMK/sederajat dan mahasiswa DIII/DIV/S1 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Sedangkan Dietetic Contest diperuntukkan Mahasiswa aktif DIII/DIV/S1 Jurusan/Program Studi Gizi Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di Indonesia. Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang sebagai panitia dalam kegiatan ini, mengundang juri nasional yang ahli dalam bidangnya untuk menilai seluruh karya peserta hingga menentukan pemenang untuk setiap cabang lomba.

Tanggal 26 November 2023 merupakan acara puncak NEON 4.0 dengan diadakannya seminar nasional berupa NEON Talk. Kegiatan NEON Talk diselenggarakan pada pukul 07.00 WIB – 12.00 WIB dengan mengundang pembicara nasional, diantaranya yaitu  Ibu Yuniarti, S.Gz.,MPH selaku Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang, Kak Audy Aprillia, S. Gz yang merupakan seorang Influencer dan Clinical Nutritionist Siloam Hospital, Bapak Galeh Septiar Pontang, S.Gz.,M.Gizi yang berprofesi sebagai Dosen Prodi S1 Gizi Fakultas Kesehatan Universitas Ngudi Waluyo, dan Ibu Eni Lutfiyanti, S.Gz.,RD yang merupakan seorang Dietisien RSUP Dr Kariadi Semarang. Kegiatan Neon Talk 4.0 diikuti oleh 532 pendaftar seminar dan 53 peserta lomba.

Kegiatan NEON 4.0 diawali dengan pembukaan pada pukul 07.00 WIB yang dipandu oleh Eka Intan dan Rapunzel sebagai MC NEON Talk 4.0. Kemudian acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Hymne Poltekkes Kemenkes Semarang, serta Mars Gizi.

Selanjutnya yaitu pembacaan doa yang dipimpin oleh Emfa Falah Isyqie. Selanjutnya dilaksanakan sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama disampaikan oleh Bapak Setyo Prihatin, DCN, M. Sc selaku Ketua Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang sekaligus membuka acara NEON Talk 4.0.

Sambutan dilanjutkan oleh Roudhotul Aisiyyah selaku ketua panitia.

Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjutkan pada kegiatan inti dari NEON Talk 4.0 yaitu penyampaian materi dan diskusi bersama dengan para narasumber. Acara inti terdiri dari 2 panel.

Panel pertama dimulai pada pukul 08.30 WIB yang dipandu oleh moderator panel 1 yaitu Ibu Ana Yuliah Rahmawati, S.Gz.,M.Gizi dengan pembicara pertama Ibu Yuniarti, S. Gz.,MPH yang membawakan materi dengan tema “Pendampingan Gizi dengan Studi 4 Pilar Mengendalikan Kadar Glukosa Darah Pasien Diabetes Melitus Tipe 2”. Kemudian pembicara kedua, Kak Audy Aprillia, S.Gz  yang membawakan materi dengan tema “Contribution of Lifestyle Modifications in the Management of DM”.

Materi yang diberikan oleh pemateri sangat menarik yang membahas mengenai diabetes mellitus yaitu pada pembicara pertama memfokuskan pada pendampingan gizi dengan studi 4 pilar pada pasien DM tipe 2, kemudian dilanjut oleh pembicara kedua membahas mengenai kontribusi modifikasi gaya hidup terhadap DM. Pada sesi berikutnya dilaksanakan diskusi dengan tanya jawab melalui pigeonhole.

Sebelum memasuki Neon Talk panel 2, kegiatan dilanjutkan dengan kuis yang dipandu oleh MC NEON Talk 4.0. Terdapat tiga pertanyaan yang disiapkan oleh pihak panitia untuk kuis. Peserta dipersilakan untuk mengaktifkan fitur rise hand bila hendak menjawab pertanyaan kuis.

Kegiatan dilanjutkan dengan memasuki panel 2 yang dipimpin oleh Ibu Neldawati Ningrum, S. Tr. Gz, M. Gizi selaku moderator yang dimulai pada pukul 08.30 WIB. Pembicara pada panel kedua yaitu Bapak Galeh Septiar Pontang, S.Gz.,M.Gizi dengan materi yang dibawakan yaitu “Tips Olahraga untuk Pasien Diabetes Mellitus”, kemudian dilanjutkan oleh pembicara kedua yaitu Ibu Eni Lutfiyanti S.Gz., RD dengan materi yang dipaparkan yaitu “Pengelolaan Diet dan Pengaturan Makan pada Penderita DM”.

Kedua pembicara pada panel 2 menyampaikan materi dengan luar biasa, kemudian dilanjutkan sesi diskusi melalui link pigeonhole dengan beberapa pertanyaan yang ditujukan kepada pembicara pada panel 2 yang dipandu oleh moderator. Pada akhir sesi masing-masing moderator dan pembicara panel 1 dan 2 diberikan penyerahan sertifikat sebagai bentuk apresiasi yang disampaikan secara virtual oleh moderator kepada pembicara.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba NEON 4.0, pemenang kuis dan penanya terbaik, kegiatan diakhiri dengan penutup. Pemenang Lomba diantaranya sebagai berikut.

  1. Lomba Cipta Resep
  • Juara 1 : Anak Agung Istri Purnamasari dan I Gusti Made Ari Kartinia (Poltekkes Kemenkes Denpasar)
  • Juara 2 : Andi Aulya Az-Zahra dan Sahfitri S. (Poltekkes Kemenkes Makassar)
  • Juara 3 : Sry Ratu Segina dan Bulqis Fahira Arifin (Poltekkes Kemenkes Makassar)
  • Harapan 1 : Arfina Khoirunnisa dan Anggraheni Tri Wulandari (Poltekkes Kemenkes Semarang)
  • Harapan 2 : Tyara Trynola dan Nur Aisyah Indi (Poltekkes Kemenkes Makassar)
  1. Lomba Infografis
  • Juara 1 : Dewani Saila Putri (Universitas Negeri Semarang)
  • Juara 2 : Savira Saraswati (Universitas Diponegoro)
  • Juara 3 : Danica Athaya Fayi (Poltekkes Kemenkes Bandung)
  • Harapan 1 : Alifiya Ningsih (Poltekkes Kemenkes Semarang)
  • Harapan 2 : Elis Srikandi (Universitas Muhammadiyah Semarang)
  1. Lomba Dietetic Contest
  • Juara 1 : Tim Optimis (Poltekkes Kemenkes Semarang)
  • Juara 2 : Tim Polkesyo (Poltekkes Kemenkes Yogyakarta)
  • Juara 3 : Tim Arindama (Poltekkes Kemenkes Semarang)
  • Harapan 1 : Tim Nayola (Poltekkes Kemenkes Semarang)
  • Harapan 2 : Tim Betakaroten (Poltekkes Kemenkes Semarang)

       4. Penanya Terbaik dan Pemenang Kuis diantaranya yaitu Syafa, Aryati Sulis, Kharirotun, Fauzanah Indri dan Yelmira Theresia

Lomba Cipta Resep

Lomba Infografis

Lomba Dietetic Contest

Mungkin Anda juga menyukai