Capacity Building Mahasiswa Jurusan Gizi 2024

“Empowering Potential: Unlocking Capacity for Growth and Excellence”

Capacity Building adalah program kerja Dewan Mahasiswa Jurusan Gizi yang berisi kegiatan pemberian motivasi dan peningkatan kapasitas diri bagi mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Pengembangan diri pada setiap individu penting dilakukan, terlebih pada mahasiswa yang akan menjalani semester baru di awal tahun. Pada tahun ini, Capacity Building dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Januari 2024 secara daring melalui media Zoom Meetings, diikuti sebanyak kurang lebih 300 peserta dan beberapa bergabung dalam live streaming YouTube. Tema yang diangkat pada acara Capacity Building kali ini, yaitu “Empowering Potential: Unlocking Capacity for Growth and Excellence”. Tema tersebut bermakna mahasiswa harus meningkatkan kualitas dan mempersiapkan diri dalam menghadapi dinamika proses belajar mengajar baik berupa tantangan, hambatan, serta kompetisi. Diharapkan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dewan Mahasiswa Jurusan Gizi ini akan meningkatkan semangat belajar mahasiswa sehingga dapat meraih prestasi di semester baru dan memiliki dorongan rasa ingin berkembang dalam meningkatkan kualitas diri serta mengembangkan jiwa berwirausaha.

Sebelum kegiatan dibuka oleh MC, terlebih dahulu ditampilkan video jingle dan Gita Svastha Harena. Pembacaan doa tak lupa untuk dilakukan dan dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya, Hymne dan Mars Poltekkes Kemenkes Semarang, serta Mars Gizi. Selanjutnya pembacaan laporan ketua panitia yaitu Suciyana Rizki Rahmawati, kemudian sambutan dari Ketua Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang, yaitu Bapak Setyo Prihatin, DCN, M.Sc, dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Acara Capacity Building memasuki sesi sharing session dengan dua pembicara. Namun, sebelum kedua pembicara mulai memaparkan materi, ditampilkan terlebih dahulu video teaser prestasi mahasiswa dan organisator. Setelah video selesai, pembicara pada sesi sharing session mulai memaparkan materinya. Pembicara pertama, yaitu Kak Yemima Rusmawati Kusuma, alumni Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang sekaligus founder Roruku.id. Kak Yemima menyampaikan materi yang berkaitan dengan pintu kesuksesan yang bisa diraih sebagai generasi muda dengan cara apapun dan memberi tips-tips menarik lainnya.

Pembicara kedua, yaitu Kak Syafa Amina Yustin, mahasiswa berprestasi Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang yang berhasil meraih Juara I Cipta Resep Munas IKAMAGI XIII 2022, Juara I PIMNAKESMAR KTKM-T 2022 dan 2023, serta masih banyak lagi. Kak Syafa memaparkan tentang berbagai tips agar dapat meraih mimpi yang kita miliki dan berbagai cara mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik. Setelah kedua pembicara selesai menyampaikan materinya, diadakan sesi tanya jawab untuk menjawab rasa penasaran beberapa mahasiswa.

Sharing session diakhiri dengan pembagian sertifikat kepada Kak Yemima dan Kak Syafa, lalu dilanjutkan dengan pemutaran video Gita Svastha Harena dan teaser Capacity Building Tahun 2024. Usai menampilkan dua video, saatnya memasuki sesi bersama keynote speaker yang ditunggu-tunggu, yakni Dr. Hendi Pratama, coach transformasi pendidikan sekaligus dosen Universitas Negeri Semarang. Materi yang disampaikan oleh Dr. Hendi Pratama sangat menarik dan memotivasi. Quotes yang tak terlupakan dari Dr. Hendi, yaitu “Kuatkan skill dan personal branding untuk masa depan yang lebih baik”. Selain menyampaikan materi, Dr. Hendi Pratama juga menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa.

Serangkaian acara Capacity Building berjalan dengan lancar dan sangat banyak manfaat yang bisa diambil oleh para mahasiswa. Harapan kami, dengan adanya Capacity Building Tahun 2024 di awal semester ini dapat menjadi motivasi untuk mahasiswa agar siap melewati semester baru dan meraih banyak prestasi yang membanggakan. Informasi selengkapnya tentang Capacity Building Tahun 2024 bisa diakses di https://www.youtube.com/live/arj-bb0zs5I?si=Z7TTzBazBYe4aP2H

Mungkin Anda juga menyukai