Pengabdian Kepada Masyarakat

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN KADER POSYANDU INTEGRASI

DI WILAYAH PUSKESMAS TLOGOSARI WETAN

 

Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan dan Pendampingan Kader Posyandu Integrasi di Wilayah Puskesmas Tlogosari Wetan (23/7/2024).

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini melibatkan Setyo Prihatin, DCN, M.Kes, Sunarto SKM MKes, J Supadi SKM MKes, Dyah Nur Subandriyani selaku dosen gizi, Sri Wahyuni SKM M.Kes selaku dosen Kebidanan, dan Mohamad Reza Assidhiq S.Tr.Gz, selaku admin gizi, bersama dan 3 mahasiswa.

Pelatihan ini dilaksanakan di Aula Kecamatan Pedurungan pada tanggal 23-26 Juli 2024. Peserta terdiri dari 50 kader Posyandu yang mewakili lima kelurahan di wilayah Puskesmas Tlogoasri Wetan.

Narasumber pelatihan terdiri dari Kepala Puskesmas Tlogosari Wetan dr Veronika Melita Kurniawati, Ahli Gizi Tlogosari Wetan Herlina Vega Rustanti STr Gz dan Tri Winarni AMG dan Poltekkes Kemenkes Semarang Setyo Prihatin, DCN MSc, Sunarto SKM MKes, dan Mohamad Reza Assidhiq S.Tr.Gz.

Kegiatan pelatihan dimulai oleh Sunarto, SKM, M.Kes selaku Ketua Sub Peneltian dan Pengabmas Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Pengabdi yang juga menjabat sebagai Ketua Jurusan Gizi Setyo Prihatin, DCN, M.Sc, serta sambutan dari Kepala Puskesmas Tlogosari Wetan Veronika Melita Kurniawati dan pretest kepada peserta.

Pelatihan dilakukan selama empat hari efektif menggunakan durasi 30 Jam Pelajaran (JPL). Materi yang disampaikan mencakup materi dasar yaitu Integrasi Layanan Posyandu (ILP), materi inti yakni: Layanan Dasar Posyandu bagi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui, Layanan Dasar Posyandu bagi Bayi dan Balita, Layanan Dasar Posyandu bagi Anak Usia Sekolah dan Remaja, Layanan Dasar Posyandu bagi Masyarakat Usia Produktif dan Lanjut Usia, Komunikasi Efektif, Pencatatan dan pelaporan Posyandu (Sistem Informasi Posyandu); dan materi penunjang yakni Building Learning Commitment (BLC) dan Dinamika Kelompok, hingga Rencana Tindak Lanjut.

Kegiatan pelatihan ditutup dengan penyusunan rencana tindak lanjut dan post test. Setelah pelatihan, 50 kader tersebut akan dilakukan pendampingan dalam melaksanakan tugasnya di Posyandu oleh mahasiswa pada pelaksanaan posyandu bulan Agustus dan September 2024.

Penyelenggaraan pengabdian ini didanai oleh DIPA Poltekkes Kemenkes Semarang tahun 2024. Luaran pengabmas ini meliputi Artikel jurnal sinta 3, Sertifikat HaKI SAP, Meningkatnya motivasi dan kemampuan penyuluhan kader di Posyandu, dan Hasil monitoring keberlanjutan program pengabdian kepada Masyarakat.

Mungkin Anda juga menyukai