International Study Visit to Universiti Kebangsaan Malaysia

SEMARANG – Dosen dan Mahasiswa Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang melakukan kegiatan International Study Visit. Kegiatan ini dilaksanakan melalui kerja kolaborasi antara Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) pada tanggal 1 – 6 Desember 2019 yang diikuti oleh 2 (dua) dosen dan 5 (lima) mahasiswa Jurusan Gizi yang merupakan representatif dari setiap program studi yang terdiri dari 1 mahasiswa Program Diploma III, 2 mahasiswa Program Sarjana Terapan Gizi dan Dietetik, dan 2 mahasiswa Profesi Dietisien. Kegiatan International Study Visit ini di rancang dan dilaksanakan dalam rangka mendukung visi dan misi Poltekkes Kemenkes Semarang khususnya untuk memenuhi  sasaran mutu dari Jurusan Gizi.

Picture1

Picture2

Tujuan dari kegiatan ini selain untuk menjalin kerjasama dengan UKM, mahasiswa diharapkan dapat belajar serta berbagi informasi dan pengalaman mengenai pendidikan gizi dan bagaimana profesi Dietisien dalam pelayanan di rumah sakit, mengingat bahwa UKM adalah universitas pertama yang menyelenggarakan program Dietetik di Malaysia. Selain itu, output dari kegiatan International Study Visit adalah mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa lain agar dapat mengambil pelajaran dan menularkan pengalamannya, memfasilitasi agar mahasiswa Gizi mempunyai wawasan internasional untuk mempersiapkan akreditasi internasional, dan membantu mahasiswa dalam mendapatkan kompetensi dalam mempelajari Program Dietetik.

Kegiatan International Study Visit meliputi Meeting and Sharing with Dietetics dan Nutrition Lecturers Fakultas Sains dan Kesihatan UKM, Serah Terima MOU, Clinical and Hospital Observation di Rumah Sakit Canselor Tuanku Muhriz Universitas Kebangsaan Malaysia, Campus Tour Universiti Kebangsaan Malaysia Kampus Kuala Lumpur dan Kampus Bangi, dan Culture exchange. Selain itu mahasiswa juga berpartisipasi dalam kegiatan food fiesta yang diselenggarakan oleh mahasiswa dietetik dan Sains Pemakanan tahun kedua. Di luar kegiatan resmi tersebut, untuk lebih menjalin keakraban mahasiswa jurusan Gizi juga melakukan dinner dan berkeliling melihat semua tempat di Kolej Tun Syed Nasir (KTSN) bersama mahasiswa dietetik dan di hari selanjutnya mengunjungi beberapa tourist attraction di Kuala Lumpur dengan public transportation yang dipandu oleh mahasiswa dietetik.

Picture4

Dari kegiatan Internasional Study Visit ini diharapkan mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang dapat termotivasi dan melakukan inovasi baru yang berhubungan dengan pendidikan gizi terutama dalam pelayanan gizi di rumah sakit serta dapat meningkatkan kerjasama Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang dengan Universiti Kebangsaan Malaysia di masa mendatang.

Mungkin Anda juga menyukai