Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Jurusan Gizi 2021

WELCOME PARTY-BROWNIZ

Be Lifelong Learners Through Fostering and Empowering as Nutrisionist”

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) adalah program kerja yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa dalam rangka menyambut dan memperkenalkan mahasiswa baru mengenai keadaan Kampus Poltekkes Kemenkes Semarang baik di lingkungan pusat maupun lingkungan jurusan dan prodi. Tujuan diadakan PKKMB ini adalah sebagai masa orientasi dan kegiatan awal sebelum proses belajar berlangsung bagi mahasiswa baru. Acara PKKMB Jurusan Gizi dilaksanakan di setiap semester ganjil, kegiatan ini merupakan tahun kedua acara PKKMB dilaksanakan secara daring dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia. Acara PKKMB Jurusan Gizi terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, yaitu Welcome Party dan BROWNIZ.

Kegiatan PKKMB diawali dengan acara pertama yaitu BROWNIZ (Ngobrol With Alumni Gizi) dengan tema Personal Branding as the Existence of Millennial Nutritionistsyang dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2021 melalui Zoom Meeting yang diikuti oleh kurang lebih 200 mahasiswa dari Prodi D III, Sarjana Gizi dan Dietetika, Alih Jenjang, Dan Profesi Dietisien. Acara dipandu oleh Muhammad Rizqi Nugraha sebagai MC, dilanjutkan pembacaan doa dan penayangan video testimoni alumni gizi Polkesmar. Sebelum masuk acara inti, MC membacakan tata tertib dan menyerahkan acara kepada saudari Puji Tri Widyarti sebagai moderator. Pembicara BROWNIZ. Pemaparan materi dan sesi tanya jawab berlangsung selama kurang lebih 2 jam, jadi semua peserta BROWNIZ dapat bertanya dan berinteraksi dengan pembicara. Di akhir pemaparan materi dan tanya jawab pembicara untuk memberikan closing statement ”Cara Terbaik untuk Mencintai negeri ini adalah dengan Cara Mengenal Orang-Orangnya Secara Langsung”, kemudian penutupan dari Ketua Jurusan Gizi, Ibu Susi Tursilowati, SKM, M.Sc.PH.

Acara kedua yaitu PKKMB Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang yang dilaksanakan pada 17 Juli 2021 dengan mengangkat tema Be Lifelong Learners Through Fostering and Empowering as Nutrisionist”.Kegiatan ini meliputi : Pengenalan Kakak Panitia dan Perwakilan Mahasiswa Baru, Presentasi BEM, Presentasi Hima, Presentasi Dema, Presentasi IKAMAGI, Perkenalan Kampus, Perkenalan Pejabat Dosen dan Staff jurusan gizi, Sharing Kegiatan Perkuliahan, KKM (Komunitas Kegiatan Mahasiswa) Gizi Show, dan Penjelasan Penugasan   PMO oleh perwakilan dari Dewan Mahasiswa.

Akhir dari kegiatan PKKMB adalah Welcome Party. Welcome Party merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Jurusan Gizi dan Himpunan Mahasiswa Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang dalam menyambut Mahasiswa Baru Jurusan Gizi tahun 2021. Kegiatan inidiselenggarakan pada hari Minggu, 18 Juli 2021 secara daring melalui Zoom Meeting. Acara diawali dengan pembacaan doa oleh saudara Muhammad Amanat Abdullah, kemudian sambutan dari Ketua Panitia PKKMB Tahun 2021 oleh saudara Harits Taufiqurrahman, sambutan yang kedua disampaikan oleh Ibu Susi Tursilowati, SKM, M.Sc. PH. selaku Ketua Jurusan Gizi. Pada kesempatan ini Ibu Ketua Jurusan Memperkenalkan Pejabat Dosen dan Staf Jurusan Gizi. Sesi selanjutnya yaitu Pengenalan Program Studi Diploma III, Sarjana Terapan dan Dietetik, dan Pengenalan Program Studi Pendidikan Profesi Dietesien oleh masing masing Kaprodi (Ketua Program Studi).

Pada Pengenalan Program Studi, seluruh Mahasiswa Baru memasuki breakout room sesuai dengan Prodi mereka masing-masing. Materi berupa Pengenalan Program Studi Sarjana Terapan dan Pendidikan Profesi Dietesien disampaikan oleh Bapak Mohammad Jaelani, DCN, M.Kes dan untuk Program Studi Diploma III disampaikan oleh Ibu Arintina Rahayuni, STP, M.Pd pada hari senin, 19 Juli 2021.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Penjelasan Layanan Akademik (SIMADU) oleh Ibu Meirina Dwi Larasati, SST, M.Gizi yang dimulai dari cara akses, login akun, dan pembagian username tiap mahasiswa. Selain itu, dijelaskan juga mengenai Helti E-Learning berupa kegunaannya untuk mengakses presensi kehadiran, materi perkuliahan dan penugasan, quiz, maupun ujian dan try out. Setelah itu, dilanjutkan dengan Penjelasan Pedoman dan Layanan Kemahasiswaan oleh Ibu Nurul Ummah, S.Gz. . Materi yang disampaikan terdiri dari Minat Bakat, Layanan Kesehatan, Beasiswa, Keprofesian Gizi, Bimbingan Konseling Akademik, Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM) serta Pedoman Norma Etika. Materi tersebut diharapkan dapat membekali mahasiswa baru dalam menapaki kehidupan kampus dan aktualisasi Minat dan Bakat Mahasiswa baik akademik maupun non akademik.

Lalu, dilanjut dengan acara Kegiatan Keprofesian Gizi berupa Orientasi Organisasi Profesi Gizi oleh PERSAGI (Persatuan Ahli Gizi Indonesia) dan acara diisi oleh Bapak Bambang Supangkat, SKM, M.Si selaku Ketua DPD PERSAGI Jawa Tangah dari Organisasi PERSAGI dimana PERSAGI (Persatuan Ahli Gizi Indonesia) merupakan organisasi yang menghimpun para ahli gizi di Indonesia. Tujuan dari organisasi ini yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui perbaikan gizi dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Berdasarkan tujuan ini maka pada logo PERSAGI tercantum motto “Svastha Harena”, yang artinya perbaikan kesehatan melalui makanan/gizi. Dengan adanya pengenalan keprofesian gizi, mahasiswa baru dapat mengetahui peran dan fungsi organisasi gizi, sehingga nantinya mahasiswa dapat berlaku secara professional. Acara diakhiri dengan penampilan Mahasiswa Baru, yaitu pemutaran video kelompok PKKMB Jurusan Gizi Tahun 2021. Meskipun rangkaian acara PKKMB tahun ini dilaksanakan secara daring, namun tidak menyurutkan semangat dari Mahasiswa Baru dan juga Panitia penyelenggara PKKMB Jurusan Gizi Tahun 2021. Semoga acara ini dapat memberi manfaat kepada Mahasiswa Baru nantinya untuk mengenal kampus tercinta.

Mungkin Anda juga menyukai