Strategi dan Metode Pembelajaran

Dalam menilai pembelajaran pada program studi menggunakan metode :

  • Pembimbingan praktek

Kegiatan bimbingan praktek dilaksanakan dibawah bimbingan seorang dosen/instruktur klinik yang dilakukan secara periodik.

  • Tutorial

Tutorial adalah suatu kegiatan pembelajaran berupa diskusi kelompok kecil yang difasilitasi oleh dosen/instruktur klinik dari bagian terkait, yang berorientasi pada masalah pasien, klien atau pelayanan. Tutorial ini ditujukan untuk pengembangan self directed learning dan reasoning.

  • Refleksi Kasus

Refleksi kasus adalah suatu kegiatan pembelajaran berupa analisis suatu kasus sehingga meningkatkan pemahaman terhadap kasus. Kasus bisa diperoleh pada konteks klinik, masyarakat, dan penyelenggaraan makanan. Refleksi yang dilakukan dapat berupa relevansi kasus dengan kompetensi, kebenaran pemahaman kasus (cek), relevansi bukti yang diajukan untuk memahami kasus (evidence), professional behavior (bertanggungjawab dan memenuhi target yang telah ditetapkan sendiri).

  • Mini CEX

Mini clinical evaluation exercise (mini-CEX) adalah suatu rating scale yang dikembangkan untuk menilai ketrampilan klinik dalam menilai performance peserta didik dengan menggunakan pasien/klien sesungguhnya. Hasil pengujian sekaligus dapat digunakan sebagai umpan balik (feedback) langsung terhadap penampilan (performance) peserta didik.

  • Kondite (Profesional behavior)

Peserta didik dituntut untuk mampu memperlihatkan kinerja professional yang baik. Agar mampu menunjukkan kinerja professional tersebut maka harus memiliki inisiatif, disiplin, kejujuran, tanggungjawab, dan kemampuan kerjasama dengan pasien, keluarga pasien, sejawat, profesi kesehatan lain dan profesi lain yang terkait. Penanaman sikap tersebut sejak menjadi mahasiswa gizi dan dilakukan secara terus menerus.

Standar penilaian yang digunakan

Komponen penilaian pada setiap mata kuliah meliputi sikap, pengetahuan, keterampilan. Penilaian sikap dilakukan secara terintegratif pada komponen penilaian tersebut. untuk mata kuliah Institusional standar penilaian menggunakan penilaian formatif dan sumatif. Sedangkan mata kuliah Inti penggunakan system penilaian secara komprehensif pada saat praktek di lapangan berlangsung.

Nilai akhir suatu mata kuliah yang diperoleh mahasiswa dituangkan dalam bentuk nilai absolut (NA), angka mutu (AM), dan huruf mutu.,Nilai absolut yaitu nilai rentang 0 – 100, huruf mutu dan angka mutu, dengan predikat sebagai berikut :

Nilai Absolut Huruf Mutu Angka Mutu (AM)
≥80 A 4
74-79 AB 3,5
69-73 B 3
64-68 BC 2,5
56-63 C 2
51-55 D 2
0-50 E 0

 

Program Matrikulasi

Program matrikulasi diberlakukan pada calon mahasiswa yang berasal dari program diploma IV Gizi (Sarjana Terapan Gizi). Program matrikulasi berlangsung selama 2 minggu sebelum perkuliahan dimulai, dengan pengayaan materi:

  1. Metode pembelajaran dengan Problem Base Learning (PBL).
  2. Materi Biomedis
  3. Pengenalan konsep Evidence Base Practice