Capacity Building Dema-Hima Jurusan Gizi 2021

CAPACITY BUILDING DEMA-HIMA 2021

“Bersama Membangun Organisator Berkarakter Unggul Demi Mewujudkan Visi Misi Organisasi DEMA-HIMA Jurusan Gizi Polkesmar di Era New Normal”

1

Capacity building merupakan kegiatan program kerja inovasi yang dipanitiai oleh Dewan Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi. Sebagai program kerja inovasi, kegiatan ini baru pertama kali dilakukan pada tahun ini dengan tujuan membangkitkan kembali semangat komitmen dan loyalitas para organisator di era new normal. Oleh karena itu, diangkatlah  tema “Bersama Membangun Organisator Berkarakter Unggul Demi Mewujudkan Visi Misi Organisasi DEMA-HIMA Jurusan Gizi Polkesmar di Era New Normal”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu, 16 Januari 2021 melalui media Zoom Meeting. Peserta sebelumnya melakukan registrasi terlebih dahulu melalui tautan http://bit.ly/CapacityBuilding2021 dan pada sesi akhir acara panitia akan memberikan tautan daftar hadir dan evaluasi kegiatan untuk mendapatkan E-Sertifikat.

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 263 peserta yang terdiri dari mahasiswa jurusan gizi program studi Diploma III Gizi, Sarjana Terapan Gizi dan Dietetik, serta Profesi Dietisien. Selain itu, dihadiri pula oleh Ketua Jurusan Gizi, Ibu Susi Tursilowati, SKM., M.Sc.Ph., Pelaksana Kemahasiswaan Jurusan Gizi, Ibu Nurul Ummah S.Gz., Pelaksana Kemahasiswaan Jurusan Analis Kesehatan, Roni  Afriansya, S.T, M.si., panitia Dema-Hima Jurusan Gizi, dan narasumber untuk acara ini yaitu dr. Arief Alamsyah Nasution, MARS.

2

Acara dimulai dengan pembukaan dari MC dan dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars Poltekkes Kemenkes Semarang, dan Hymne Poltekkes Semarang. Setelah mendengarkan lagu, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa dan disambung dengan sambutan dari Ketua Dewan Mahasiswa dan Ketua Jurusan Gizi.

Untuk memeriahkan acara, diputarkan pula video penampilan Gita Svastha Harena yang membawakan dua judul lagu dengan apiknya, yaitu Manusia Kuat milik penyanyi Tulus dan Something Just Like This milik grup musik Coldplay, The Chainsmokers. Selanjutnya ditampilkan video teaser organisator Dema-Hima Jurusan Gizi.

3

4

Setelah mendengarkan tampilan luar biasa dari Gita Svastha Harena dan video teaser organisator, masuklah kita ke dalam inti acara pada hari ini yaitu Keynote Speaker oleh narasumber dr. Arief Alamsyah Nasution, MARS. Beliau adalah seorang dosen dari Universitas Brawijaya sekaligus penulis buku “The Way to Happiness”Untuk sesi acara ini dipandu oleh seorang moderator, Rizqi Nugraha dari anggota Divisi Minat dan Bakat Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi.

5

Pada sesi ini dr. Arief Alamsyah Nasution, MARS membawakan tema “Growth Mindset”. Dikatakan bahwa mindset seseorang itu dibagi menjadi dua, yaitu fix mindset dan growth mindset. Orang dengan growth mindset memiliki ciri yang pertama yaitu jika dia mendapat suatu tantangan, maka ia akan menghadapinya, sedangkan orang dengan fix mindset akan memilih untuk menghindari tantangan tersebut. Ciri yang kedua yaitu orang tersebut memiliki persistensi yang tinggi, berusaha untuk terus mencoba, dan tidak mudah menyerah. Ciri berikutnya dari orang dengan growth mindset yaitu pekerja keras. Ia percaya bahwa kerja keras merupakan jalan menuju keahlian. Kemudian, ciri yang terakhir yaitu orang dengan growth mindset mau belajar dari kritikan. Kita diajarkan untuk membalas kritikan orang lain dengan ucapan terima kasih karena penilaian orang lain tidaklah selalu akurat.

6

Setelah selesai memaparkan materinya, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Beberapa pertanyaan diajukan oleh peserta dengan mengaktifkan mikrofonnya dan ada pula yang bertanya melalui kolom percakapan. Setiap pertanyaan yang diajukan kemudian dijawab oleh dr. Arief. Kemudian sesi ini pun diakhiri dengan kalimat penutup dari beliau, “Habiskan kegagalanmu sesegera mungkin agar kesuksesanmu datang lebih cepat”.

7

Sebelum acara ditutup, diadakan sesi foto bersama narasumber sebagai kenang-kenangan. Selanjutnya panitia memberikan tautan untuk pengisian daftar hadir, evaluasi kegiatan berupa kesan dan pesan, dan email peserta untuk mendapatkan E-sertifikat. Usai sudah kegiatan Capacity Building Dema-Hima Jurusan Gizi 2021 ini, semoga ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat dan semoga kita dapat dipertemukan kembali dalam acara ini di tahun berikutnya.

Mungkin Anda juga menyukai