Nutrition Creative Competition (NEON 1.0) 2020

NUTRITION CREATIVE COMPETITION (NEON 1.0)

1

 

Saat ini, generasi milenial  khususnya remaja menjadi bahan perbincangan dari segala kalangan. Kemudahan mengakses informasi melalui media sosial tentang gizi dan kesehatan merupakan modal bagi remaja dalam mempersiapkn masa depan yang lebih baik. Namun, tidak semua remaja generasi milenial memiliki kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat dengan asupan bergizi khususnya dalam mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM).

 Menurut World Health Organization (WHO), yang tergolong sebagai PTM seperti penyakit jantung, stroke, diabetes mellitus, dan lain lain , merupakan 63% penyebab kematian di seluruh dunia. Kejadian tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa hal salah satunya adalah makanan. Kita ketahui bahwa makanan memiliki peran langsung terhadap kondisi tubuh manusia. Dengan menjaga pola makan yang sehat dapat mencegah terserang adanya PTM tersebut.

 Kondisi tubuh yang prima perlu untuk terus ditingkatkan dan dijaga  bersamaan dengan  serangan virus saat ini yang dapat memperparah kejadian PTM yakni Corona Virus 19 (Covid 19).  Semua orang secara umum rentan terinfeksi termasuk orang yang mempunyai penyakit tidak menular (PTM). Agar sistem imun tubuh tetap berfungsi normal maka diperlukan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang Dalam hal in,i kita dapat memanfaatkan pangan lokal dalam pencegahan covid-19. Karena kita ketahui bahwa banyak potensi pangan lokal yang memiliki khasiat  sangat baik bagi imunitas  tubuh.

2

Dalam rangka memperingati  HUT Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang (Polkesmar) yang ke-30, pada hari Senin, 9 November 2020, kami selaku pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi Polkesmar mengadakan kegiatan Nutrition Creative Competition (NEON 1.0), yang merupakan program kerja baru HIMA GIZI 2020.Adapun tema kegiatan NEON 1.0 adalah “Upgrading Nutrition of The Millennial Generation by Creating a Healthy Lifestyle”.  Pada kegiatan tersebut diselenggarakan acara Neon Talk dan final lomba nasional.  Lomba yang diadakan yaitu speech contest, poster, short movie, food photography dan modifikasi resep dengan kategori SMA/SMK, Mahasiswa Umum dan Mahasiswa Jurusan Gizi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan generasi milenial memiliki kesadaran akan pentingnya asupan gizi yang cukup bagi kesehatan dan memperhatikan gaya hidupnya agar tetap sehat.

 Seminar dilaksanakan secara online/daring dengan media platform zoom dan youtube. Peserta yang hadir adalah Mahasiswa/Pelajar, Ahli Gizi, Akademisi, dan Masyarakat Umum yang telah mendaftar secara online melalui google form. Jumlah peserta yang tergabung sebanyak 300 partisipan melalui media zoom dan 300 partisipan tergabung dalam youtube.

 Acara dimulai dengan sambutan Ketua Panitia oleh Saudari Hilda Fuad Fadil Baraja . Kemudian, sambutan yang kedua oleh Ketua Jurusan Gizi, yaitu Ibu Susi Tursilowati, SKM, M.ScPH, diikuti dengan pemutaran video persembahan Dies Natalis Jurusan Gizi Polkesmar. Peresmian Kegiatan Neon 1.0 oleh  Bapak Dr. Marsum BE, S.Pd, MHP selaku Direktur Polkesmar. Dalam sambutannya, beliau berharap kegiatan ini mampu memberikan informasi intervensi gizi di Indonesia pada masa pandemi covid-19, meningkatkan pengetahuan peserta terkait asuhan gizi pasien pandemi covid-19, memberikan informasi pengembangan pangan lokal sebagai alternatif  peningkatan sistem imun tubuh di masa pandemi covid-19 dan jenjang Pendidikan Prodi Profesi Dietisien Polkesmar berperan dalam  penanggulangan penyakit tidak menular dengan berbasis kearifan lokal.

 Setelah sesi sambutan berakhir, dilanjutkan dengan pembacaan doa dan pemotongan tumpeng oleh Direktur Poltekkes Semarang  yang diserah terimakan kepada Pengelola Jurusan Gizi dan Panitia sebagai wujud penghargaan atas 30 tahun berdirinya Jurusan Gizi Polkesmar.

Serangkaian acara pembukaan telah berhasil dilaksanakan, acara selanjutnya adalah  seminar nasional dengan nama “Neon Talk”  yang dipandu oleh moderator, Bapak Setyo Prihatin ,DCN,M.Sc (Dosen Jurusan Gizi Polkesmar). Acara Seminar terdiri dari dua panel. Narasumber pada panel pertama dalam seminar ini adalah Bapak Dr.Irwan Budiono, S.Km,M.Kes, yang merupakan Alumni Gizi Polkesmar dan Lector Kepala FIK- Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang yang menyajikan materi “Perspektif Aktivitas Fisik/Olahraga bagi Generasi Milenial Ditengah Pandemi Untuk Pencegahan PTM”.

3

Narasumber Kedua adalah Dr. Etika Ratna Noer, S.Gz, M.Si yang merupakan Alumni Gizi Polkesmar dan Dosen Program Studi  Gizi Universitas Diponegoro yang menyajikan materi “Gaya Hidup Sehat Untuk Tangkal Obesitas Abnormal”. Setelah pemaparan panel satu berakhir dilanjutkan sesi diskusi melalui link pigeonhole. Peserta seminar Neon Talk sangat antusias dalam sesi diskusi, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang masuk pada laman pigeonhole.

 Pada panel kedua, kegiatan seminar diawali oleh narasumber ketiga yaitu Bapak Dr. Agus Prastowo, SST, M.Kes yang merupakan Alumni Jurusan Gizi Polkesmar dan Kepala Instalasi Gizi RSUD Margono Soekarjo Banyumas yang menyajikan materi “Diet Untuk Meningkatkan Imunitas Ditengah Pandemi”. Diakhir Sesi Panel 2, Ibu Setyaningrum Rahmawaty, DCN, M.Kes, PhD menjadi narasumber keempat yang merupakan Alumni Jurusan Gizi Polkesmar dan Dosen Program Studi Gizi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang menyajikan materi “Seimbangkan Metabolisme Guna Tercapai Kondisi Sehat Daya Tahan Tubuh Prima Ditengah Pandemi”.  Hal serupa terkait antusiasme peserta juga terlihat pada diskusi panel kedua, banyak pertanyaan yang panitia terima melalui laman pigeonhole. Dalam nuansa HUT Jurusan Gizi, masing – masing narasumber memberikan closing statement sebagai penutup. Salah satunya  dari  Dr. Etika Ratna Noer, S.Gz, M.Si, selaku narasumber kedua  NEON TALK

“ Banggalah, Bawa Gizi anda seantero  Nasional dan Internasional, banggalah dengan ilmu anda & mari menjadi contoh sederhana untuk masyarakat dengan gaya hidup sehat. Mari kita tingkatkan literasi masyarakat, untuk Gizi Indonesia yang tangguh. Jayalah Jurusan Gizi Poltekkes Semarang!! ”.

4

Setelah acara Neon Talk Selesai,  dilanjutkan  breakout room zoom menjadi dua panel untuk presentasi dan penjurian lomba Modifikasi Resep dan Speech Contest tahap ke-III. Pada tahap penjurian ini, seleksi dilakukan oleh para juri yang berasal dari  Asosiasi Pendidikan  Vokasi Gizi Indonesia  (AIPVOGI), Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi AIPGI),  Para Ahli di Bidang Profesi Fotografi dan Sinematografi, Para Ahli di Bidang Profesi Gizi dan Dietisien serta Lembaga Bimbingan Bahasa Inggris (LIA).

 Acara  (NEON 1.0) berjalan dengan lancar dan meriah. Pada kesempatan ini, Ikatan Alumni Jurusan Gizi Semarang (IKAGIS) memberikan bantuan (sponsorship) kepada HIMA Jurusan Gizi Polkesmar  untuk diberikan kepada peserta dengan kategori 10 penanya terbaik dan 10 pendaftar pertama yaitu berupa voucher pulsa sebesar Rp 50.000,00.

 Tayangan ulang acara Neon 1.0 dapat diakses Kembali melalui akun youtube Jurusan Gizi Polkesmar dengan tautan sebagai berikut https://www.youtube.com/watch?v=2s-F8E8572w

 Segenap panitia mengucapkan selamat kepada para juara dalam ajang perlombaan Neon 1.0. penghargaan sebesar-besarnya kami tujukan kepada seluruh peserta dan semua pihak yang turut serta membantu dalam terselenggaranya acara Nutrition Creative Competition (Neon 1.0),  semoga acara Neon mendatang dapat terlaksana dan dapat  menumbuhkan kreator muda yang cerdas, kreatif, inovatif dan dinamis sesuai dengan perkembangan zaman.

5

Mungkin Anda juga menyukai