Pelatihan Manajemen Organisasi (PMO) Jurusan Gizi 2021

“Develop to be Creative and Integrity with Good Leadership Management”

Pelatihan Manajemen Organisasi (PMO) merupakan suatu program kerja Dewan Mahasiswa Jurusan Gizi yang bertujuan sebagai sarana pelatihan manajemen organisasi yang dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dan menciptakan generasi yang berintegritas. Serangkaian acara Pelatihan Manajemen Organisasi ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 dan Minggu, 1 Agustus 2021 yang dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini mengusung tema “Develop to be Creative and Integrity with Good Leadership Management” yang bermakna bahwa dari adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan loyalitas dan meningkatkan kreativitas menuju generasi yang berintegritas. Acara tersebut dihadiri oleh kak Shereina Sarah Ayumi dari Presiden Perhumas Muda Bandung 2021, kak Shela Rizky Tarinda dari Alumni Polkesmar Jurusan Gizi angakatan tahun 2016, kak Nugroho Fihifdhillah dari Head of Digital Marketing, dan kak Ardhi Rasy Wardhana dari Presiden Mahasiswa BEM KM ITB 2018″.

Pelaksanaan kegiatan pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 diawali dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Hymne Poltekkes Kemenkes Semarang, dan Mars Gizi, sambutan ketua pelaksana, sambutan dari Ibu Susi Tursilowati, SKM., MSc.PH. selaku ketua Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Kemudian dilanjutkan sesi foto bersama ketua Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Kegiatan selanjutnya ialah penyampaian materi (presentasi) mengenai DPM dan FL2MI yang disampaikan oleh kak Septiani Wijayanti dan kak Yulian Nursaputra. Setelah presentasi dilakukan ada sesi tanya jawab bersama kedua pemateri tersebut, sesudah tanya jawab kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama seluruh peserta PMO Gizi 2021.

Sesudah foto bersama ada sesi istirahat yang dilakukan dengan kegiatan makan bersama seluruh mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Semarang 2021 sesuai dengan olahan yang dibuat oleh setiap individu berdasarkan jenis buah dari kelompok masing-masing. Setelah istirahat selesai maka dilanjutkan dengan kegiatan penyampaian materi organisasi yang disampaikan oleh kak Ardhi Rasy Wardhana, lalu ada tanya jawab dan foto bersama seluruh peserta PMO Gizi 2021. Setelah itu ada sesi penayangan video kreatif juara 3 yang dimenangkan oleh kelompok Phyrus. Kegiatan berikutnya ialah penyampaian peraturan berseragam Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang, perkenalan panitia dari Dewan Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang 2021, dan yang terakhir ada penayangan video kreatif juara 2 dan penutupan hari pertama.

Pada hari Minggu, 1 Agustus 2021 yang merupakan hari kedua dari acara PMO Gizi 2021 diawali dengan pembukaan, penyampaian materi public speaking yang disampaikan oleh kak Shereina Sarah Ayumi, lalu ada sesi tanya jawab dan foto bersama seluruh mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Semarang 2021, lalu presentasi kasus dengan penayangan melalui video animasi dan dipandu oleh moderator, selanjutnya adalah adanya kegiatan penyampaian materi, sesi tanya jawab, dan foto bersama dengan pemateri yaitu dari kak Nugroho Fihifdhillah. Kegiatan berikutnya ialah adanya penayangan juara 1 video kreatif yang dimenangkan oleh kelompok Persea, kemudian dilakukan sharing alumni bersama kak  Shela Rizky Tarinda, perkenalan dengan mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Semarang 2021 yang dipilih random oleh MC. Sesi selanjutnya adalah adanya ice breaking (permainan), lalu pengumuman kejuaraan lain seperti twibbon dan penyampaian kesan pesan, dan yang terakhir yaitu penutup.

Keseluruhan acara berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme kedua belah pihak dalam seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan Pelatihan Manjemen Organisasi (PMO) Gizi 2021 ini sangat berkesan karena dapat menambah pengetahuan, menumbuhkan loyalitas, meningkatkan kreativitas demi generasi yang berintegritas. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dikembangkan dan diteruskan pada tahun-tahun berikutnya.

Mungkin Anda juga menyukai