Penguatan Kerja Sama dan Sharing Progja Melalui Musyawarah Wilayah Jawa – Bali – Sumatra IKAMAGI KE – XII

“Optimalisasi Pergerakan Ikatan Mahasiswa Diploma Gizi Indonesia Demi Perubahan yang Aktif pada Ahli Gizi di Era Gen Z”

IKAMAGI (Ikatan Keluarga Mahasiswa Diploma Gizi Indonesia)  salah satu organisasi mahasiswa berskala Nasional yang terbentuk di Yogyakarta pada tahun 2010 yang bergerak pada bidang gizi yang berperan aktif dalam proses pembangunan kesehatan, khususnya dalam perbaikan dan peningkatan status gizi masyarakat yang marak terjadi dalam dekade ini. Organisasi ini sebagai wadah untuk Mahasiswa Diploma Gizi berkumpul dalam sebuah kegiatan yang dapat membuat mahasiswa mampu berpikir kritis dan menuangkan gagasannya dalam proses peningkatan status gizi masyarakat serta menyebar luaskan informasi seputar gizi.

Dalam masa kepengurusannya, IKAMAGI mengagendakan berbagai kegiatan untuk dapat menjadi forum musyawarah dan diskusi terkait program kerja nya, salah satunya adalah Musyawarah Wilayah. Musyawarah Wilayah dilaksanakan sebagai sarana evaluasi kinerja pengurus serta sebagai langkah proyeksi guna menggagas langkah organisasi ke depannya.

IKAMAGI terbagi atas 4 Wilayah program kerja, yaitu Wilayah Sumatera, Wilayah Jawa – Bali, Wilayah Kalimantan, dan Wilayah Sumapua. Sedangkan Poltekkes Kemenkes Semarang tergabung dalam Wilayah Jawa – Bali. Tiap Wilayah wajib untuk mengadakan Musyawarah Wilayah pada setiap sekali periode kepengurusan.

Musyawarah Wilayah Jawa – Bali – Sumatera  IKAMAGI – XII ini diadakan pada tanggal 29 – 31 Juli 2022 bertempat di Gedung BPPK Hang Jebat Poltekkes Kemenkes Jakarta II, serta dilaksanakan secara hybrid. Diikuti oleh berbagai institusi wilayah Jawa, Bali, dan Sumatera seperti Poltekkes Kemenkes Bandung, Poltekkes Kemenkes Malang, Poltekkes TNI – AU Adisutjipto, hingga Poltekkes Kemenkes Aceh.

Rangakain acara Musyawarah Wilayah IKAMAGI – XII yaitu seperti di awal kegiatan di adakan Malam Keakraban antar anggota atau delegasi IKAMAGI, kemudian pada hari kedua di agendakan untuk pemaparan program kerja antar institusi, pemaparan program kerja IKAMAGI, evaluasi kinerja IKAMAGI, serta pembahasan pra – Musyawarah Nasional IKAMAGI – XIII, hingga tour bersama ke Galeri Nasional Indonesia pada hari terakhir.

Dalam pelaksanaan Msywil kali ini, dua delegasi dari Poltekkes Kemenkes Semarang berhasil meraih Juara 1 Lomba Video Kreasi Hidangan Sehat Bahan Dasar Ikan, dengan membuat olahan  Cork Fish Roll, olahan itu merupakan inovasi dari olaha roll abon yang awalnya menggunakan abon sapi sebagai isian, dan di substitusi dengan menggunakan abon ikan gabus supaya lebih sehat dan rendah lemak, selain itu juga ikan gabus juga kaya akan albumin yang baik untuk penyembuhan.

Harapan kami kedepannya, semoga Poltekkes Kemenkes Semarang dapat terus eksis dan mengambil peran dalam kepengurusan IKAMAGI serta dapat menyabet berbagai juara dalam perlombaan. Serta dapat berperan aktif untuk pembangunan bidang Kesehatan terutama dalam gizi.

Mungkin Anda juga menyukai