Dies Natalis XXI Poltekkes Kemenkes Semarang

Dies natalis merupakan program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang Periode 2022 yang dilaksanakan oleh Panitia Peringatan Dies natalis Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang dan Himpunan Mahasiswa Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang yang merupakan program tahunan dari divisi minat bakat  berdasarkan musyawarah antara anggota baru Himpunan Mahasiswa (Hima) Poltekkes Kemenkes Semarang Periode 2022. Program kerja tersebut ditujukan kepada semua kalangan mahasiswa yang ada di Jurusan Gizi dengan tujuan untuk mempererat rasa kekeluargaan diantara mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang, menggali potensi mahasiswa baik di bidang akademik maupun non-akademik.

Serangkaian acara Dies Natalis ke XXI ini diisi dengan acara lomba yang   diselenggarakan secara Hybrid dimana terdapat kegiatan lomba yang diadakan secara daring dan perlombaan serta puncak acara yang diadakan secara luring bertempat di Kampus IV Polteltekkes Semarang Blora. Lomba yang akan diadakan yaitu Perlombaan Online Internal, Perlombaan Online Eksternal dan Perlombaan Offline. Perlombaan Online Internal terdiri dari Polkesmar Got Talent, Mawapres, Stand Up Comedy, English Debate, Pimnakesmar, Fotografi. Perlombaan Online Eksternal terdiri dari Pimnakesmar dan Fotografi. Sedangkan Perlombaan Offline terdiri dari Voli Putra dan Putri dan Bulu Tangkis Ganda Campuran.

Polkesmar Got Talent

Polkesmar Got Talent, memiliki tema “Show Your Talent, Be a Shining Youth” dengan jenis lomba ada 3 yaitu, seni tari, seni tarik suara, seni sastra. Lomba ini diikuti oleh mahasiswa aktif Poltekkes Kemenkes Semarang. Dalam cabang lomba ini dilakukan secara daring. Pada lomba seni tari mengambil kategori tari kreasi dengan tari yang berjudul Sekar Panggung. Kegiatan lomba ini diadakan via online yaitu degan mengirimkan video. Lomba seni tarik suara diikuti oleh 2 mahasiswa dengan membawakan lagu berjudul One Last Cry dari Brian McKnight dan Kisah Sempurna dari Mahalini. Seni Sastra yang diikuti merupakan kategori cipta baca puisi yang diikuti oleh 2 mahasiswi Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Namun, dalam kesempatan ini Jurusan Gizi belum mampu membawa gelar juara.

Mawapres

Ajang lomba mawapres diwakili oleh Aulia Azzahra yang didampingi oleh Ibu Yuniarti S.Gz. MPH dengan karyanya membahas Karya Tulis Ilmiah mengenai produk Tempe yang di kreasikan menjadi Mie, Dengan judul EFEKTIVITAS PRODUK TEMPE GOURMET DALAM MENINGKATKAN KADAR HB REMAJA PUTRI  (The Effectiveness of Gourmet Tempe to increase Hemoglobine Level in Adolescent Girls).  Namun, dalam kesempatan ini Jurusan Gizi belum mampu membawa gelar juara.

English Debate

Pada kegiatan ini tema yang diusung adalah “The Development of Technology and Health Service in The Present”. Dari jurusan gizi mengirimkan satu tim yang berisi 2 orang. Perwakilan dari gizi belum bisa lolos sampai ke babak final dan hanya bisa sampai di babak penyisihan saja.

Pimnakesmar

Jurusan Gizi mengirimkan 4 tim sebagai delegasi jurusan diantaranya tim KTKM Penelitian (KTKM-P), KTKM Pengabdian Masyarakat (KTKM-M), KTKM Kewirausahaan (KTKM-K), KTKM Perancangan Teknologi Kesehatan (KTKM-T) yang mana dari setiap tim terdiri dari 3 mahasiswa.
Hasil tidak pernah mengkhianati usaha, Jurusan Gizi berhasil meraih kejuaraan diantaranya :

  • Juara 1 Lomba  Pimnakesmar KTKM-T
  • Juara Harapan 1 Lomba Pimnakesmar KTKM-M
  • Juara Harapan 2 Lomba Pimnakesmar KTKM-K

Fotografi

Fotografi merupakan salah satu lomba pada Dies Natalis XXI. Pada lomba Fotografi tahun ini mengambil tema “Revitalizing of youth to strengthen the nation’s competitiveness”. Jurusan Gizi mengirimkan 2 orang perwakilan untuk mengikuti lomba ini, salah satu diantaranya memperoleh Juara 3 yaitu Zaskia Rissa Xenasti.

Voli

Pada cabang lomba Voli dari jurusan gizi mengirimkan 2 kontingen yaitu Tim Putra dan Tim Putri. Lomba voli dilaksanakan secara Offline Tim putra bertanding di GOR Mustika dan Tim putri bertanding di GOR Sarirejo. Namun sayangnya kontingen gizi belum mampu membawa gelar juara.

Bulutangkis

Ajang lomba bulu tangkis yang di ikuti oleh 2 perwakilan mahasiswa jurusan Gizi dan  dilaksanakan di GOR Kolonel Kampus Blora. Namun, pada babak pertandingan kedua ini Jurusan Gizi belum berkesempatan untuk melanjutkan pertandingan. Sehingga jurusan gizi belum dapat menjuarai Bulutangkis yang diselenggarakan pada acara Dies Natalis XXI kali ini.

Berikut adalah Perolehan Prestasi yang dapat Jurusan Gizi:

– Juara 1 Lomba Pimnakesmar KTKM-T

– Juara 3 Lomba Fotografi Internal

– Harapan 1 Lomba Pimnakesmar KTKM-M

– Harapan 2 Lomba Pimnakesmar KTKM-K

Mungkin Anda juga menyukai