Workshop Pembuatan PMT Berbasis Pangan Lokal pada Kader Posyandu di Wilayah Puskesmas Kedungmundu

Penyelenggaraan kegiatan Workshop ini merupakan salah satu tugas Mata Kuliah Pendidikan Dan Pelatihan Gizi (DIKLAT).  Pada penyelenggaraan Workshop kali ini mengangkat tema tentang “Pembuatan PMT Berbasis Pangan Lokal pada Kader Posyandu di Wilayah Puskesmas Kedungmundu”. Workshop dilaksanakan di Auditorium Kampus 3 Poltekkes Semarang pada 12 Juni 2019.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kader posyandu dalam pembuatan PMT balita bergizi berbasis pangan lokal. Peserta yang datang merupakan kader posyandu di wilayah Puskesmas Kedungmundu Semarang dengan jumlah peserta yang hadir sebanyak 30 peserta.

Berdasarkan tema yang telah dipilih panitia mengundang tiga pembicara dari Jurusan Gizi. Pembicara pertama yaitu Ibu Ana Yulia Rahmawati, S.Gz., M.Kes., yang memaparkan materi tentang “Tumbuh Kembang Anak”. Kemudian Bapak Astidio Noviardhi, SP, Mkes (Epid), yang memaparkan materi tentang “Deteksi Dini Permasalahan Gizi  Balita”. Pembicara ketiga yaitu Ibu Susi Tursilowati SKM, M.Sc.PH, yang memaparkan materi tentang Variasi Pembuatan PMT Berbasis Pangan Lokal Untuk Balita.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari ketua panitia, dilanjutkan oleh Ketua Prodi DIV Gizi Ibu Susi Tursilowati SKM, M.Sc.PH,  Kepala Puskesmas Kedungmundu Ibu Caturinta Nurcahyaningsih, serta dihadiri oleh Ahli Gizi Puskesmas Kedungmundu Ibu Catur Dewi Sugiyartini SKM. Penyematan pin dan penyerahan Workshop kit kepada salah satu peserta sebagai simbolis dibukanya kegiatan ini. Acara dilanjutkan dengan pemberian  materi oleh ketiga pembicara dan tanya jawab. Selain memberikan materi di ruangan peserta juga diajak untuk mempraktikan beberapa masakan, yaitu loaf tahu, potato roll, dan bola-bola tenpe isi rogout ayam.

Pada penutupan acara disampaikan evaluasi hasil workshop, yaitu berdasarkan hasil pretest dan posttest, peserta mendapatkan rata-rata nilai 69 untuk pretest dan posttest rata-rata nilainya 74. Dari hasil tersebut bahwa tujuan workshop dalam meningkatkan keterampilan kader posyandu dalam pembuatan PMT balita bergizi berbasis pangan lokal sudah tercapai pada kader sebesar 5%. Serta diakhir acara dibagikan hadiah dengan kategori peserta teraktif, penanya terbaik dan peserta terbaik. Diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta dan untuk pembelajaran kedepannya.

Bersama ibu kader dan kepala puskesmas

Foto 1

Pemaparan materi

Foto 3

Foto 4

Foto 5

Mungkin Anda juga menyukai