Semarak PMO Jurusan Gizi Polkesmar 2022

“Build Leadership Spirit, Hone Organizational Soft Skill for the Greatest Millenial Gen Z”

Pelatihan Manajemen Organisasi (PMO) merupakan program kerja Dewan Mahasiswa tahunan untuk mahasiswa baru yang bertujuan sebagai sarana pelatihan manajemen organisasi dengan harapan dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dan menciptakan generasi yang berintegritas. Serangkaian acara Pelatihan Manajemen Organisasi ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Agustus 2022 yang pelaksanaannya di Kampus 3 Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Kegiatan ini mengusung tema “Build Leadership Spirit, Hone Organizational Soft Skill for the Greatest Millenial Gen Z”  yang bermakna bahwa dari adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan loyalitas dan meningkatkan kemampuan soft skill dalam berorganisasi. Acara tersebut di hadiri oleh para narasumber hebat yang menyampaikan berbagai materi seperti materi organisasi oleh kak Ichwan Budjang yang merupakan Presiden BEM Universitas Diponegoro tahun 2022 , materi public speaking oleh kak Rafi Fauzi yang merupakan Presenter Kompas Jateng,  sharing alumni oleh kak Mega Sari, A. Md. Gz. dan penyampain materi tentang DPM dan FL2MI sebagai organisasi legislatif oleh kak Azzahra Ram Fadhila Rosyadi.

Pelaksanaan kegiatan diawali dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars, Hymne Poltekkes Kemenkes Semarang, dan Mars Gizi, kemudian di lanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana yaitu Fadelia Fahrunnisa dan sambutan dari Bapak Setyo Prihatin, DCN, M. Sc selaku Sekretaris Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Kemudian di teruskan untuk agenda penyampaian materi dari pembicara, penyampaian peraturan berseragam, sosialisasi SKKM, tak lupa juga panitia menyisipkan agenda untuk studi kasus, perkenalan perwakilan peserta, Ice Breaking dan peregangan bersama untuk mencairkan suasana.

Dalam agenda PMO kali ini, panitia Dewan Mahasiswa Jurusan Gizi juga memberikan berbagai reward kepada para peserta yang  berhasil memenangkan berbagai penugasan terbaik sebagai ajang untuk mengajarkan rasa tanggung jawab dan solidaritas bagi peserta PMO. Dua di antaranya adalah lomba yel – yel dan poster terbaik. Selain itu juga di berikan reward bagi peserta teraktif dan penanya terbaik.

Materi yang di sampaikan oleh para pembicara juga sangat menginspirasi, sedikit mengutip dari apa yang sudah di sampaikan oleh kak Ichwan Budjang, “dalam berorganisasi, jadilah mahasiswa yang tak lupa akan asal, tetap peduli pada sesama, mahasiswa dari rakyat dan untuk rakyat”. Hal itu mengajarkan kepada kita sebagai mahasiswa untuk senantiasa peduli akan lingkungan dan peka terhadap masalah sosial di sekitar, sedangkan dari apa yang di sampaikan oleh kak Rafi terkait materi public speaking, gunakan prinsip “berani, tenang, hadapi” sebagai kunci dari keberhasilan public speaking.

Di sisi lain apa yang di sampaikan oleh kak Mega sebagai alumni Gizi Polkesmar yang menginspirasi, yang sekarang ini sedang bertugas dalam Nusantara Sehat juga memberikan pesan kepada mahasiswa untuk selalu memperdalam semua hal yang di ajarkan ketika mengenyam bangku pendidikan, terus mengasah kemampuan diri dengan mengikuti berbagai event dan kegiatan, bisa melalui bergabung dengan organisasi baik lingkup internal maupun eksternal kampus, atau mengikuti perlombaan. Jadilah mahasiswa yang kompeten di bidangnya dan membawa nama baik kampus asal.            

Di akhir kegiatan PMO ini, panitia juga memfasilitasi peserta untuk dapat menanyakan hal – hal terkait organisasi lingkup kampus dan suka duka perkuliahan di Jurusan Gizi Polkesmar dengan agenda sharing dengan kakak pembimbing yang di laksanakan di akhir sesi, kemudian di lanjutkan dengan sesi foto bersama kakak pembimbing pada photoboth yang telah di sediakan oleh panitia.

Keseluruhan acara berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme para peserta dalam seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan Pelatihan Manjemen Organisasi (PMO) Gizi 2022 ini sangat berkesan karena dapat menambah pengetahuan, menumbuhkan loyalitas, meningkatkan kreativitas. Harapan kami dari panitia penyelenggara PMO Gizi tahun 2022 ini, semoga apa yang sudah di sampaikan oleh para pembicara dapat di serap dengan baik oleh para peserta. Dan kegiatan PMO pada tahun – tahun selanjutnya dapat terlaksana dengan lebih baik lagi.

Mungkin Anda juga menyukai