Sarasehan Dema Gizi 2021

“Wujudkan Aspirasi dengan Aksi Demi Kemajuan Jurusan Gizi”

Sarasehan merupakan salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh Dewan Mahasiswa Jurusan Gizi dengan tujuan untuk menyalurkan aspirasi civitas akademika Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang. Dengan adanya sarasehan ini, diharapkan dapat melatih mahasiswa gizi yang kritis, dinamis, berpikir logis dan rasional, serta tercipta lingkungan akademik yang kondusif, sehingga mahasiswa beserta civitas akademika mampu mewujudkan cita-cita dan tujuannya.

Pada tahun ini, Sarasehan mengangkat tema “Wujudkan Aspirasi dengan Aksi Demi Kemajuan Jurusan Gizi”. Dari tema yang dipilih memiliki arti bahwa kami mahasiswa melalui aspirasi sebagai sarana dan bertujuan untuk kemajuan Jurusan Gizi dan Civitas Akademika di dalamnya. Masih sama dengan tahun sebelumnya Sarasehan dilaksanakan secara daring pada hari Senin, 11 Oktober 2021 melalui Zoom Meeting. Sebelum dilaksanakannya acara Sarasehan, terdapat acara Pra-Sarasehan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 21 September 2021 melalui Zoom Meeting. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendiskusikan instrumen yang akan dicantumkan kedalam google form dan disebarluaskan kepada mahasiswa. Peserta yang ikut berpartisipasi pada acara ini yaitu perwakilan kelas sebanyak 5 mahasiswa pada masing-masing kelasnya, yang terdiri dari tingkat 1 s.d tingkat 3 untuk Prodi Diploma III, tingkat 1 s.d tingat 4 untuk Prodi Sarjana Terapan, Alih Jenjang dan Profesi Dietisien.

Sosialisasi Pra Sarasehan kepada Mahasiswa

Setelah dilaksanakan acara Pra-sarasehan, kemudian dilanjutkan dengan pengisian kuisioner oleh mahasiswa melalui link google form yang sudah disediakan. Pengisian kuisioner ini dibagikan kepada setiap kelas melalui komting masing-masing dengan waktu pengisian selama 3 hari yang dimulai pada tanggal 26 – 28 September 2021. Dengan jumlah partisipan sebanyak 538 mahasiswa. Instrumen penilaiannya terdiri dari aspek layanan dosen, layanan kemahasiswaan, layanan akademik, layanan perpustakaan, layanan bimbingan akademik, sarana prasarana dan pembiayaan.

Kuesioner Google Form Mahasiswa

Selama rentang waktu pengisian kuesioner oleh Mahasiswa Jurusan Gizi, panitia juga melakukan pemantauan setiap harinya untuk di rekap dan hasil rekapan tersebut diupdate pada Instagram Dewan Mahasiswa, agar mengetahui berapa jumlah partisipan yang telah mengisi kuesioner setiap kelasnya.

Penyebaran kuesioner dan grafik partisipasi

Kegiatan selanjutnya yaitu Sarasehan yang dilaksanakan pada hari Senin, 11 Oktober 2021  melalui Zoom Meeting. Acara diawali dengan sambutan oleh Ketua Panitia Olvali Ananda Viari dan sambutan oleh Ketua Jurusan Gizi Ibu Susi Tursilowati SKM. M.Sc PH.

Memasuki acara inti yaitu presentasi hasil audiensi mahasiswa oleh ketua panitia, dilanjutkan sesi tanya jawab dan diskusi. Mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya melalui laman pigeonhole dan dapat bertanya langsung. Pada sesi tanya jawab dibagi menjadi 2 termin dan disediakan untuk 2 penanya di setiap terminnya. Pertanyaan yang sudah diajukan oleh Mahasiswa langsung ditanggapi oleh pihak jurusan.

Acara ditutup oleh MC dan untuk pertanyaan-pertanyaan  mahasiwa yang belum terjawab pada saat berlangsungnya acara akan dikumpulkan oleh Dewan Mahasiswa yang selanjutnya akan disampaikan kepada Pihak Jurusan untuk ditanggapi. Tahap selanjutnya monitoring evaluasi yang bertujuan untuk menilai sejauh mana pencapaian target Jurusan Gizi dalam menindaklanjuti aspirasi yang telah disampaikan mahasiswa saat Sarasehan.

Mungkin Anda juga menyukai